-->

8 Tips Menjadi Professional Player dan Masuk Tim Esport


Banyak orang yang ingin menjadi atlet professional dan masuk tim Esport. Esport adalah bentuk olahraga yang menggunakan video game, ada yang berkelompok maupun individu. 

Di kalangan remaja sekarang banyak yang berminat untuk menekuni bidang ini. tentu banyak rintangan yang haru dihadapi. Tetapi tidak akan sulit jika dapat berusaha sebaik mungkin. 

Baca juga : Daftar Lengkap Juara MPL ID (Indonesia) dari Season 1 hingga 8

Berikut adalah beberapa tips agar dapat menjadi professional player dan direkrut tim Esport.

1. Tambah relasi dan informasi 

Tambah relasi dan informasi  melalui media sosial ataupun secara langsung itu penting. Kalian tidak boleh ragu ataupun malu untuk mendapatkan keduanya. 

Relasi akan membantu untuk memudahkan perjalanan kalian dalam mencapai tujuan yaitu menjadi professional player. Kalian juga akan mendapat informasi dari relasi yang kalian dapat. 

Informasi sangat penting karena kalian akan paham dengan berita dan perkembangan info terbaru untuk game yang kalian tekuni.

2. Memiliki tim

Kalian harus memiliki tim atau squad yang dapat diandalkan. Tidak harus mengikuti professional secara langsung, kalian dapat membuat tim itu sendiri. Yang kalian butuhkan hanya teman yang dipercaya dan bisa bekerja sama dengan baik 

3. Fokus menaikkan rank 

Perbaiki rank kalian karena jika rank rendah maka time sport pun juga enggan untuk merekrut. Bayangkan saja kalian memiliki rank yang masih dibawah player lain tentu saja kalian akan sulit terpilih karena rank juga menentukan skill dan relasi. 

Sekali lagi relasi itu penting karena kalian akan mendapat bantuan dari relasi atau teman kalian untuk membantu dalam memperbaiki rank.

4. Sering mengikuti turnamen

Dengan melihat berbagai informasi yang kalian dapat tentu kalian akan menemukan berbagai info turnamen yang diadakan secara lokal maupun nasional, selalu mengikuti turnamen dengan teman atau squad kalian untuk mengetahui seberapa kuat kemampuan kalian untuk bersaing dan bisa dibilang pantas untuk masuk tim Esport.

Jika beruntung jika kalian juara dari beberapa turnamen yang kalian ikuti. Bisa jadi ada time sport yang sedang mencari bakat dan kalian dapat direkrut ataupun di seleksi.

5. Melihat pertandingan professional player

Banyak platform yang bisa kalian gunakan untuk melihat video permainan para pro player ataupun pertandingan antar tim Esport di sosial media. 

Jika kalian memang benar-benar ingin mengambil ilmu yang ada, jangan sekedar melihat akan tetapi kalian harus juga menganalisis ataupun mencatat apa saja yang membuat permainan mereka bagus dan catat beberapa kesalahan yang ada. 

Pelajari lalu terapkan pada permainan kalian, dengan begitu kemampuan bermain kalian juga akan berkembang.

6. Belajar dari kesalahan

Ini sering terjadi kepada banyak player, jangan cepat puas dalam bermain. Pelajari permainan anda sendiri. Cari apa kesalahan yang dapat menjadikan anda kalah. 

Tetap berlatih dengan sunguh - sungguh dan upayakan untuk bermain lebih dari yang kemarin. Jangan mengulangi kesalahan yang sama.

7. Perlengkapan dan waktu yang memadai

Perlengkapan yang dimaksud adalah perangkat yang kalian gunakan. Gunakan perangkat yang memadai dan lancar saat bermain, bukan berarti kalian tidak boleh menggunakan perangkat yang seadanya dan biasa saja akan tetapi dengan perangkat yang memadai akan memudahkan kalian saat bermain agar mudah untuk meraih kemenangan. 

Waktu juga penting karena dengan tujuan kalian untuk menjadi professional player. Kalian harus pintar dalam mengatur waktu. Jangan gunakan waktu yang wajib seperti waktu sekolah, ibadah, tidur, belajar dan yang lain. 

Akan tetapi gunakan waktu kalian saat senggang atau istirahat untuk fokus bermain, tapi selalu ingat waktu yang utama.

8. Berdoa 

Setelah berusaha keras tentu kalian juga harus berdoa dengan sungguh-sungguh. Karena hanya dengan usaha saja kalian tidak akan mampu mencapai cita-cita kalian untuk menjadi seorang yang kalian inginkan. 

Asalkan niat dan tujuan kalian baik, dengan usaha dan doa semua yang kalian harapkan pasti akan di mudahkan oleh yang maha kuasa. 


Itulah beberapa tips yang dapat kalian coba, semoga membantu dan bermanfaat untuk kebaikan kalian. Apabila ada kritik dan saran kalian bisa komentar, dan apabila menarik kalian dapat membagikan artikel ini kepada teman kalian. 


Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

20 Komentar untuk " 8 Tips Menjadi Professional Player dan Masuk Tim Esport"

  1. Gaming oh gaming... Bermanfaat nih buat adek saya spa tau dia mau jadi atlet esport

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga bermanfaat, semoga jadi atlet Esport adeknya

      Hapus
  2. Suka gagal paham sama gaming, tapi tak share aja buat ponakan yang doyan gaming.. :-D

    BalasHapus
  3. Terima kasih untuk artikelnya. Meski saya ngga suka gaming, tapi dapat informasi bermanfaat dari tipsnya.

    BalasHapus
  4. gaming sekarang udah punya nama keren bernama esport, bahkan sudah banyak kompetisi internasionalnya. saya malah udah males gaming. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, semakin berkembangnya teknologi, industri dunia esport juga semakin berkembang

      Hapus
  5. Heri Joko Said: Sangat bermanfaat tips nya, bukan buat saya tapi buat adik saya yang sedang menggilai ML.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mas Heri, semoga bermanfaat bagi adik nya

      Hapus
  6. Sayang sekali mas, di teman sekumpulan saya nggak ada yang punya hoby main game, dan cuma saya satu-satunya yang punya hobi tersebut. jadi harus rela tidak bisa membuat tim esport

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe gapapa, buat have fun aja, bisa cari temen virtual kok, tapi selalu inget temen yang nyata ya wkwk

      Hapus
  7. delapan tips diatas, kalau dilanggengan bisa bermanfaat buat bidang manapun ya kak. terima kasih atas sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Mila, sama-sama, saya ambil contoh untuk game Mobile Legends

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. game sekarang sudah masuk ke dalam esport dan bisa menghasilkan ya, hummm saya sendiri termasuk yang enggak suka main game tapi, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya, gpp kak, semoga bermanfaat bagi para penikmat game agar bisa menghasilkan prestasi dan penghasilan

      Hapus
  10. Duluuuu banget sebelum menikah sempat kepikiran untuk pengen jadi games yg dibayar wkwk dulu mah belum ada istilah esport yah. Dlu aku jualan char aja bisa dapat jutaan, hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah berarti bukan takdir nya kak, semoga sukses selalu

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel