-->

10 Tips Bermain Offlaner di Mobile Legends dengan Baik dan Benar

Offlaner merupakan salah satu posisi yang ada di beberapa permainan game MOBA Salah satunya adalah Mobile Legends. 

Posisi ini berada di atas atau bawah lane yang biasanya diisi oleh hero-hero kuat dan memiliki kemampuan untuk satu lawan satu ataupun kuat saat 1 vs 5. 

Untuk menjadi offlaner yang baik kalian perlu mengetahui beberapa tips berikut :

1. Pakai hero yang meta

Sebisa mungkin kalian tahu hero apa saja yang sering dan sedang meta saat season berlangsung. 

Baca juga : Inilah 13 Hero Offlaner / Explaner Terkuat yang Wajib Kamu Gunakan

Karena dengan begitu akan menguntungkan sebab kalian harus tahu hero mana yang sedang di buff ataupun sedang di nerf. 

Kalian bisa mengetahui hero offlane apa saja yang sedang meta dengan menonton beberapa turnamen besar game Mobile Legends seperti MPL untuk atau permainan para pro player yang bisa kalian lihat di sosial media.

2. Pick counter hero

Setelah mengetahui hero apa saja yang sedang meta. Kalian harus pandai dalam mengetahui counter pick dari hero offlane yang kalian lawan. 

Contohnya jika musuh melakukan pick terhadap Esmeralda, seharusnya kalian jangan pick hero yang memiliki efek shield seperti Phoveus ataupun Lapu-lapu. Karena hal ini akan menguntungkan bagi lawan kalian. 

Tetapi hal ini juga tergantung kemampuan kalian, setidaknya dengan mengetahui counter hero kalian dapat meminimalisir kekalahan.

3. Ketahui hero power kalian

Kalian harus tahu kemampuan yang dimiliki oleh hero yang sedang kalian gunakan. Apakah hero tersebut unggul di early, mid game atau bahkan merupakan hero spesialis late game.

Jangan memaksakan pertarungan jika hero kalian bukan hero yang kuat di early. Sebisa mungkin kalian harus bersabar dan mengumpulkan gold ataupun exp agar level kalian cepat naik.

4. Cutting lane dan freeze lane

Jika kalian dapat melakukan cutting lane di early atau pun mid game dengan lancar. Kalian dapat berpindah atau rotasi untuk membantu lane lain yang kesusahan atau kalian juga dapat pergi untuk mengganggu jungler musuh yang sedang melakukan farm. 

Kalian juga dapat melakukan freeze lane yaitu dimana kalian menahan minion tim agar tidak diambil oleh musuh atau supaya hero lawan kalah level dan akan menguntungkan kalian. 

Kalian harus berhati- hati dan juga tidak sembarangan dalam melakukan freeze lane. Lakukan sekiranya memang bisa dan jangan dipaksa jika memang musuh masih dapat mengambil minion kalian.

5. Perhatikan mini map

Selalu perhatikan mini map untuk mengetahui posisi dan pergerakan yang sedang dilakukan oleh musuh kalian. 

Jangan sampai kalian kalah saat menerima serangan ganking dari musuh. Dengan melihat mini map kalian juga dapat mengetahui pergerakan rekan tim kalian.

6. Rotasi dan bantu mid lane

Jangan terlalu fokus pada lane kalian saja. Usahakan untuk rotasi dan membantu rekan kalian yang lain jika sedang membutuhkan bantuan atau ketika mereka sedang melakukan inisiasi untuk penyerangan. 

Dan perlu diingat jika kalian ingin melakukan rotasi setidaknya usahakan lane kalian aman atau clear minion terlebih dahulu. 

Tetapi jika rekan satu tim kalian lebih membutuhkan bantuan dengan segera, maka lebih baik tinggalkan lane dan segera bantu rekan tim kalian.

7. Incar core musuh saat team fight

Saat melakukan inisiasi untuk team fight sebisa mungkin kalian harus mengincar core tim musuh. Kalian bisa mengincar marksman, mage ataupun assassin mereka. 

Hal ini akan menguntungkan karena core musuh kalah, maka akan membutuhkan waktu untuk mengumpulkan gold dan exp. 

8. Jangan bermain terlalu pasif

Jangan terlalu takut untuk melakukan clear minion atau war. Kalian harus benar-benar bermain agresif tetapi juga perlu diingat untuk mengetahui hero power dan level yang ada. Maka dari itu sebisa mungkin mencari gold dan exp sebanyak-banyaknya.

9. Usahakan trading

Yang dimaksud adalah sebisa mungkin kalian harus mendapat keuntungan jika kalian kalah lane. 

Kalian bisa mendapat gold dari minion ataupun mendapat gold ketika telah mengalahkan hero lawan. Setidaknya kalian tidak rugi dalam pertarungan.

10. Tukar lane jika perlu

Kalian dapat bertukar lane dengan tujuan untuk menyeimbangkan lawan kalian atau supaya tidak bertemu counter dari hero lawan di lane yang sedang kalian hadapi. 

Tetapi sebelum itu kalian harus berkomunikasi dengan rekan tim di sisi lane yang lain untuk bertukar agar tidak terjadi salah paham. 

Itulah beberpa tips yang dapat saya berikan untuk menjadi seorang offlaner yang bermain dengan baik dan benar dalam permainan Mobile Legends. 

Semoga membantu, silahkan share jika bermanfaat dan silahkan berkomentar jika ada kritik ataupun saran.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "10 Tips Bermain Offlaner di Mobile Legends dengan Baik dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel