-->

7 Cara Mengatasi Kecanduan Game Online

Game online adalah permainan yang dapat kalian mainkan di smartphone, laptop maupun PC. Game online memiliki dampak positif maupun negatif. Salah satu dampak negatif yang sering dialami adalah kecanduan. hal ini sebenarnya dapat menyebabkan dampak buruk lainnya juga. Banyak sekali pengguna game online dari kalangan anak-anak, remaja bahkan orang dewasa sekalipun. 

Beberapa game yang populer seperti Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile merupakan beberapa game yang dapat dimainkan di perangkat mobile. Hal ini lebih memudahkan para pengguna untuk bermain karena dulunya game seperti MOBA dan battlegrounds merupakan game yang hanya dapat dimainkan di PC atau laptop saja seperti DOTA, League Of Legends, Fortnite dan yang lain.

Baca juga :

7 Dampak Buruk Bermain Mobile Legends yang Harus Kalian Ketahui

8 Manfaat Bermain Game Mobile Legends yang Harus Kalian Ketahui

Dengan kemudahan bermain di perangkat mobile maka akan banyak orang yang berkemungkinan kecanduan bermain game. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi kecanduan game online.

1. Mencari kesibukan

Cara pertama ini tentu dapat kalian lakukan dimana saja dan kapan saja. Kesibukan apa yang sekiranya dapat membuat kalian melupakan game yang sedang kalian ingin mainkan. Seperti belajar, bukankah belajar merupakan kewajiban untuk semua orang? Tetapi kalau yang kalian pelajari juga tentang game itu sih sama saja. 

Kalian dapat belajar untuk sekolah, kuliah atau rencana masa depan seperti pekerjaan apa yang kalian ingin nanti di masa yang akan datang. Jalan-jalan juga merupakan kesibukan yang bisa kalian lakukan. Kalian bisa pergi ke suatu tempat untuk menenangkan pikiran atau sekedar hiburan agar bisa melupakan game yang membuat anda kecanduan.

2. Membuat jadwal keseharian

Dengan membuat jadwal keseharian kalian dapat menentukan harus melakukan apa di waktu yang telah kalian tentukan sendiri dalam jadwal tersebut. Tentu jangan membuat jadwal yang malah menyibukkan kalian untuk bermain game. 

Buat jadwal untuk kegiatan seperti waktu makan, tidur, belajar, olahraga, istirahat dan lain sebagainya. Dengan begitu kalian akan menjadi disiplin dan membuat waktu bermain game kalian juga secukupnya saja. 

3. Temukan hobi lain

Banyak hobi yang bisa kalian lakukan selain bermain game. Kenapa kalian tidak mencobanya? Seperti olahraga contohnya sepak bola, basket, voli, berenang, bersepeda dan lain sebagainya. Atau membaca buku dan menulis juga menjadi hobi yang bagus. Coba temukan hal lain yang dapat membuat anda menjauh dari smartphone. 

4. Membatasi penggunaan smartphone

Jangan hanya terpaku pada layar smartphone kalian saja, hal ini juga akan berdampak pada kesehatan mata kalian. Batasi penggunaan smartphone hanya untuk hal penting saja. Atau bila perlu kalian memberi waktu untuk bermain game. 

Contohnya selama satu hari kalian hanya akan bermain selama 2 pertandingan saja atau memberi Batasan waktu seperti hanya 30 menit saja untuk bermain. Hal ini dapat rutin kalian lakukan jika memang ingin benar-benar lepas dari kecanduan bermain game online.

5. Menghindari ajakan teman untuk bermain game

Pasti banyak juga diantara kalian yang sebenarnya sudah melupakan game yang kalian mainkan. Akan tetapi kembali lagi bermain akibat diajak teman untuk bermain dan akhirnya kalian tetap bermain seperti biasa. 

Nah, sebisa mungkin tolak ajakan mereka untuk bermain. Jangan menolak dengan kasar ataupun bohong. Katakan saja kalian memang benar-benar ingin berhenti bermain untuk sementara. Boleh saja kok bermain jika batasan waktu bermain game kalian masih ada dan bilang selesai jika batasan waktu bermain kalian sudah habis.

6. Memperdalam ilmu agama

Nah, hal ini juga sangat penting. Dengan kalian memperdalam ilmu agama tentu akan sangat mudah jika kalian memang benar-benar ingin terlepas dari kecanduan game online tersebut. 

Kalian dapat belajar untuk tidak menyiakan waktu, kalian juga akan belajar untuk bagaimana ibadah yang benar dan tepat waktunya, mengisi kegiatan dengan hal-hal yang positif dan lain sebagainya.

Dengan memperdalam ilmu agama kalian akan lebih bijak dalam menentukan mana yang sebaiknya dilakukan dan mana yang seharusnya ditinggalkan.

7. Hapus game 

Langkah ini dapat menjadi solusi yang ampuh jika  masih kesulitan untuk keluar dari zona nyaman kalian untuk bermain game. Dengan menghapus game tersebut otomatis kalian tidak akan lagi bermain game itu di smartphone kalian. 

Coba tahan untuk tidak menginstall ulang atau meminjam smartphone teman kalian agar bisa terhindar dari efek kecanduan game online ini. 


Nah, itulah beberapa solusi atau cara yang dapat kalian lakukan agar tidak lagi kecanduan game online. Agar kalian lebih baik dalam menggunakan waktu dengan sebaik mungkin. 

Semoga bermanfaat, silahkan share apabila menarik dan silahkan juga berkomentar apabila ada tambahan, saran maupun kritik. 

Sekian, Terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

12 Komentar untuk " 7 Cara Mengatasi Kecanduan Game Online"

  1. adek ku banget ini kayknya
    dia masih sd dan demen banget ngegame di hp
    sampe waktu hpnya aku ambil dia marah-marah dan kadang nangis
    hiks. jadi sedih sama anak generasi ini lebih sering berkegiatan dengan gadget daripada interaksi langusng dengan manusia

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, banyak banget anak yang masih kecil udah main game, semoga dapat dicegah dan diberi arahan dengan baik ya kak, bisa lewat orang tua, guru dan bahkan kita juga harus mengingatkan.

      Hapus
  2. Artikel ini bagus banget. Bisa langsung dipraktikkan. Kadang kalau lagi keluar rumah gitu kak, lihat anak2 remaja itu pada nongkrong pegang HP. Ya main game. Melayani pembeli aja sambil mainkan game.

    BalasHapus
  3. Main game boleh tapi kalau kebablasan bisa sakit perut. Alasannya main game kan duduk terus bikin mager dan jadi sarang penyakit. Inspiratif.. 🤗

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Relate banget sih sama kehidupan remaja (re: anak-anak yang kecanduan game online), karena mungkin termanjakan sama fasilitas yang ada dan minimnya Literasi Digital ya. Padahal banyak hal produktif yg bisa dilakukan dari rumah selain main game online, termasuk menulis hehe.
    Bermanfaat sekali kak rijal informasinya, semoga banyak remaja yang terbantu dengan tulisan ini.

    BalasHapus
  6. Nah ini, jaman sekarang bocil tuh pada suka hp hp hp game game game.. Sampe jadi cita cita.

    BalasHapus
  7. Herijo Said: Solutif sekali, nanti saya coba nasihati adik saya biar waktunya produktif

    BalasHapus
  8. Bagus buat adik" spupuku nih tips.y mereka omegat game terus jadi sdikit kesal liat.y

    BalasHapus
  9. kalau saya biasanya menetapkan waktu sih, saat ini saya cuma main game antara jam 8 - 11 malam setelah anak tidur. kalau anak tidur jam 10, yowis bablas ikut tidur. hehehe...

    BalasHapus
  10. duuu emang ya game online ini jadi salah satu favorit anak anak juga untuk refreshing dimasa pandemi, dibolehin dengan sarat ketat kalau di rumah hihi

    BalasHapus
  11. Siip banget ini, solutif buat yang kecanduan game online. Saya sendiri termasuk yang enggak suka dunia per-game-an dan rasanya gereget lihat banyak yang sebegitunya sama game online, lebih banyak dampak negatifnya soalnya kalau sampai kecanduan ya.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel