-->

7 Dampak Buruk Bermain Mobile Legends yang Harus Kalian Ketahui

Sebenarnya semua game memiliki manfaat dan dampak buruk. Ada juga sih game yang memang hanya memiliki manfaat saja seperti game untuk pembelajaran atau game khusus untuk menenangkan diri. 

Tetapi yang saya bahas kali ini adalah game yang sekarang banyak disenangi anak muda, anak-anak bahkan ada juga bapak-bapak mungkin? ya, benar. tentu saja Mobile Legends. 

Sebelum itu jangan hanya berpikir kalau bermain game menimbulkan dampak buruk saja kalian juga dapat menemukan manfaatnya kok, seperti artikel saya yang satu ini yaitu 8 Manfaat Bermain Game Mobile Legends yang Harus Kalian Ketahui.

Nah sekarang apa saja sih dampak buruk bermain Mobile Legends ? berikut yang bisa saya sebutkan. 

1. Dapat merusak kesehatan mata

Mungkin dampak buruk satu ini termasuk dalam dampak ketika seseorang terlalu lama bermain hp. 

Nah, bermain Mobile Legends sebenarnya dapat menyebabkan kecanduan yang berlebihan yang menimbulkan rasa ingin bermain terus menerus, hal ini menjadikan kalian sangat sering menghabiskan waktu untuk bermain menghadap layar ponsel kalian dalam jangka waktu yang lama. 

Hal ini dapat menyebabkan mata kalian lelah dan mungkin lama kelamaan kesehatan mata kalian akan terganggu. Nah, kalian tidak ingin hal ini terjadi kan? Maka dari itu bermain secukupnya saja ya kawan. 

Bahkan di loading screen Mobile Legends sendiri sudah tertulis 

"Mainkan Mobile Legends : Bang Bang secukupnya dan jangan lupa untuk beristirahat!" 

Kurang lebih seperti itu. Moonton saja perhatian terhadap para pengguna game nya. Tentu saja kamu juga harus perhatian terhadap diri sendiri.

2. Depresi 

Depresi merupakan situasi dimana kalian akan merasa seperti tidak berhasil, mudah menyerah, merasa sedih dan suasana hati yang tidak tenang sekiranya seperti itu kawan. 

Hal ini dapat terjadi jika kalian terlalu banyak bermain game Mobile Legends dan sering menerima kekalahan karena tim yang tidak kompak, musuh yang terlalu jago dan lainnya. 

Nah, sebenarnya hal ini tergantung mental kalian masing-masing. Tetapi tentu tidak menyenangkan mengalami depresi bukan? Maka dari itu secukupnya saja kawan, jangan terlalu berlebihan.

3. Boros uang

Kenapa harus membuang-buang uang demi skin epic atau collector? Biar jago dan menambah rasa percaya diri? Padahal juga cuma permainan saja. 

Memang sih membeli skin dapat membuat kalian semangat dalam bermain. Tapi ingat penuhi dulu kebutuhan utama kalian seperti uang untuk sekolah, makan, membeli buku atau buat jalan-jalan kan bisa. 

Kenapa harus dibelikan kebutuhan yang sebenarnya tidak terlalu penting, kalian masih dapat bermain kan meski tanpa skin? Ada juga skin yang murah. 

Jadi intinya sih kalian boleh membuang uang kalian untuk bermain game tetapi secukupnya saja. Jadi bukan membuang namanya melainkan sebagai bentuk hiburan semata.

4. Menjadi pemarah dan egois

Menjadi pemarah merupakan hal yang sering terjadi ketika kita kecewa atau tak puas dalam bermain game, seperti saat kita kalah. 

Dan menjadi egois untuk tidak mendengar perkataan teman dan semaunya sendiri. Hal ini sering terjadi dan memang menjadi salah satu dampak buruk yang harus dihindari.

5. Timbul rasa malas

Banyak hal yang kalian tunda padahal seharusnya wajib kalian kerjakan seperti malas mengerjakan pekerjaan sekolah, malas saat disuruh orang tua, malas saat disuruh untuk bepergian dan yang lain. 

Bukankah membantah atau tidak mengerjakan apa yang orang tua suruh itu berdosa? Maka dari itu jangan malas kawan. Bermain Mobile Legends dapat menyebabkan rasa malas karena game ini cenderung memakan waktu bermain yang lama dan dapat membuat waktu kita terbuang sia-sia yang mengakibatkan kecanduan dan dapat berujung kemalasan. 

Tahu diri saat bermain game, atur waktu yang tepat yaitu saat memang benar-benar istirahat setelah mengerjakan tugas-tugas. 

6. Dapat merusak hubungan pertemanan

Kenapa dapat merusak pertemanan? Kalian bisa saja kok mendapat banyak teman di game ini. 

Tetapi jangan sampai karena hanya masalah sepele seperti contohnya jika teman kalian bermain buruk lalu kalian menyalahkan teman kalian tersebut dan terjadi pertengkaran bukankah ini bukan hal yang baik? 

Maka dari itu jangan sampai hal ini terjadi. Ada banyak contoh permasalahan sepele lainnya tetapi ini salah satu contoh nyata bukan? Jalin terus hubungan pertemanan kalian dengan baik.

7. Menjadikan kita lupa waktu

Hal ini sering dianggap sepele, tetapi kenyataannya menyepelekan waktu dapat menimbulkan masalah lain yang lebih besar seperti menyepelekan waktu yang seharusnya digunakan untuk beribadah atau menyepelekan waktu belajar. Selain membuat kita berdosa dan menjadikan tugas-tugas kita tidak selesai. 

Efek dari tidak belajar juga dapat menyebabkan kalian kesusahan dalam sekolah bukan? Apalagi berbuat dosa, bisa menyebabkan kalian kesusahan dalam menjalani hidup, hehe… maka dari itu kalian harus selalu ingat waktu! Jangan sibuk bermain game kecuali jika kalian memang seorang pemain professional.

Baca juga : 7 Cara Mengatasi Kecanduan Game Online

Itulah beberapa dampak buruk yang dapat kalian alami saat bermain Mobile Legends, sebenarnya game lain juga bisa berdampak buruk, tetapi kan tidak semuanya. Jadi untuk salah satunya saya ambil contoh game Mobile Legends. 

Silahkan share apabila bermanfaat dan silahkan juga berkomentar apabila ada kritik atau saran agar saya dapat menjadi lebih baik kedepannya. 

Sekian, Terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

31 Komentar untuk "7 Dampak Buruk Bermain Mobile Legends yang Harus Kalian Ketahui"

  1. Wah iya nih jadi inget temen kantor yang maen mobile legend pas jam kerja.. Tapi dulu sih, sekarang udah engga hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, bisa diingatkan, kalo maen secukupnya aja hehe, Alhamdulillah kalo ngga, yang penting ga berlebihan

      Hapus
  2. Saya pun membatasi anak dalam bermain game. Salah satu pertimbangannya adalah seperti poin satu, takutnya lama di depan monitor gawai dapat merusak kesehatan matanya

    BalasHapus
  3. Bener tuh sama kek yg saya alami dulu pas ketika kuliah online matanya mengarah ke monitor tapi bukan fokus ke mata kuliah melainkan ke Mobile Legends, tapi sekarang sih sudah engga main Mobile Legends lagi

    BalasHapus
  4. wah kayaknya waktu buat artikel ini langsung dari hati ya kak? soalnya ngenak banget. terkhusus saya yg juga pemain game mobile legend ini, terkadang juga merasakan dampak buruk yang disebutkan diatas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, dari lubuk hati terdalam hehe... semoga bermanfaat

      Hapus
  5. Syukurlah saya sudah terlepas dari game tersebut, memang benar ketika main game tersebut kita banyak mendapat dampak buruk salah satunya yang paling kena masalah membuang waktu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, semoga bermanfaat dan tidak kecanduan bermain game lagi mas

      Hapus
  6. Herijo Said: Sebenarnya tulisan ini mencakup dampak buruk game secara umum tidak sebatas ML saja, bagus dan lumayan lengkap penjelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, beberapa game juga dampak buruknya tidak jauh berbeda, saya mengambil contoh Mobile Legends karena saya pernah mengalaminya hehe... terima kasih, semoga bermanfaat

      Hapus
  7. Jadi inget temen yang hobinya main mobile legend, bikin istrinya ngomel-ngomel. Tapi emang kalo segala sesuatu yang berlebihan itu nggak baik kok. Bikin sakit perut.. 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk iya bener, emang ga baik yang berlebihan itu, semoga bermanfaat

      Hapus
  8. Dampak yang paling ngeri menurutku yang nomer 1, soalnya kena radiasinya kan.

    BalasHapus
  9. Iya banget sih dampak ngegame ini.. Inget ponakanku pake karru Kredit bapakknya sampe 1,5 juta karena main game ini. Untung sekarang udah tobat dia wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh itu bahaya wkwk, semoga tidak diulangi lagi, semoga bermanfaat ya mba informasi artikelnya

      Hapus
  10. Saya setuju sama yang terakhir! Hahaha main ML bikin lupa waktu banget. Niat cuma nge-rank sejam, eh keterusan sampe lima jam wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, ini sering saya alami dulu wkwk, semoga ga kecanduan lagi, sekarang cari kesibukan lain hehe...

      Hapus
  11. Waduuhh iya banget ini mah saya dlu jg main ini tapi sejak punya anak udah auto uninstal deh ehehehe, kadang kangen dan pengen main juga tapi takut ketagihan euy hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, bahaya kalau sampai ketagihan, secukupnya saja untuk sekedar hiburan

      Hapus
  12. Kecanduan main game efeknya sama ngga ya dengan kecanduan media sosial... Btw baru tau ada pengingat "Mainkan Mobile Legends: Bang Bang secukupnya dan jangan lupa untuk beristirahat!"

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya hampir sama, untuk artikel ini saya membahas tentang game. wkwk iya ada pengingatnya sendiri bahkan dari game nya

      Hapus
  13. Bener deh, kalau udah keasyikan main games pasti jadi lupa waktu. Dan kalau kalah bikin down banget. Apalagi masa pandemi gini emang paling enak main game, cuma ya gitu bis bikin mata lelah terus lupwa waktu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bahaya kalau sampai lupa waktu, apalagi bikin mata lelah, semoga tidak kecanduan lagi ya, secukupnya saja, semoga bermanfaat artikelnya.

      Hapus
  14. Ada teman yang jadi asyik sendiri main ML ini dan abai dengan kerjaan utamanya. Hiks, harus baca ini juga deh dia

    BalasHapus
  15. Eta digital. Ngga tua ngga muda ml semua. Dunia dunia

    BalasHapus
  16. Nyoba game nya baru sekali. Syukurnya belum kecanduan. Memang banyak aku liat kasus2 orang main game dan sampai lupa waktu bahkan berdampak buruk bagi kesehat. Artikel ini ngingetin kita banget. Thanks kak.

    BalasHapus
  17. Sepertinya, bukan hanya mobile legend kak. Semua hal yang dilakukan secara berlebihan itu gak baik

    BalasHapus
  18. Ya ternyata memang bener ya. Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Tapi terkadang, semakin kita memiliki niat untuk selesai main game, justru malah makin seru sehingga lupa waktu. 😂

    Btw keren sharingnya kak, sukses terus.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel