-->

Apa Itu Esport? Inilah Sejarah Singkat dan Perkembangannya di Indonesia

Penjelasan Esport

Esport merupakan singkatan dari Electronic Sport atau bisa disebut olahraga elektronik. Yaitu istilah untuk kompetisi olahraga yang menggunakan video game berupa pertarungan atau pertandingan antar player atau multiplayer. 

Dengan adanya istilah Esport, hal ini mematahkan stigma buruk setiap orang tentang game. Kini Esport menjadi salah satu profesi yang sangat menguntungkan dan diminati banyak orang, terutama anak-anak muda. 

Berikut ini adalah artikel saya tentang beberapa profesi yang dapat kalian tekuni dalam industri Esport : Apa Saja Profesi Industri Esports?

Esport juga tak jauh berbeda dengan olahraga lain, Esport juga membutuhkan strategi, tim dan juga fans. Hanya saja secara permainan, Esport lebih mengarah kea rah teknologi. Dan kebanyakan olahraga biasa lebih mengandalkan fisik sedangkan Esport menggunakan otak sebagai senjata utama hampir mirip dengan catur.  

Sejarah Esport

Sejarah Esport sendiri dimulai sekitar tahun 1970 an dimana Mahasiswa Stanford mengadakan pertandingan dengan game arcade yang dimainkan yaitu spacewar. Kompetisi yang telah dirancang oleh Robert V. Dvorak dan William A. Higinbotham ini menjadi cikal bakal terbentuknya kompetisi Esport yang ada sekarang ini. Saat itu hadiah yang diperbutkan oleh para mahasiswa adalah hadiah berlangganan majalah Rolling Stones selama setahun, tentu saja itu hadiah yang sangat menarik kala itu. 

Dan sekitar tahun 1980 an kompetisi besar lainnya juga diadakan yaitu game Space Invader yang diikuti oleh kurang lebih 10.000 peserta dan kompetisi ini menjadi salah satu kompetisi yang rapi pada saat itu. Dan pada sekitar tahun 1990 an olahraga elektronik ini menjadi lebih terorganisir dan semakin berkembang hingga sekarang ini. 

Pada awal 2000 an kompetisi yang lebih besar seperti World Cyber Game dan Electronic Sport World Cup yang berasal dari perusahaan besar. Turnamen Esport pertama yang disiarkan oleh TV adalah game StarCraft : Blood War yang berasal dari Korea Selatan. Korea menjadi salah satu negara yang bisa disebut sebagai tempat lahirnya Esport modern karena adanya kecepatan jaringan internet yang baik membuat tempat bermain game mereka atau game center berkembang dengan pesat. 

Dan seiring waktu berjalan semakin banyak kompetisi dan game yang dimainkan. Dan salah satu kompetisi yang menhasilkan hadiah terbear hingga saat ini adalah The International dari game DOTA 2 dengan hadiah sebesar 34 juta dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp 480 Miliar.

Baca juga : Perbedaan Game Mobile dan Game PC, Pilih yang Mana?

Jenis game

Ada berbagai macam jenis game yang dapat dipertandingkan secara professional di ajang Esport. Dan beberapa jenis game yang sering dimainkan saat ini adalah :

- MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) seperti : DOTA 2, League Of Legends, Mobile Legends, Arena Of Valor, Vain Glory dll.

- FPS (First Person Shooter) : Valorant, PUBG (Player Unknowns Battleground), CS:GO, Call Of Duty, Apex Legends dll.

- RTS (Real Time Strategy) : Starcraft

- MMORPG (Mass Multiplayer Online Role Playing Games) : World Of Warcraft, Final Fantasy, Black Desert Mobile dll.

- Sports, yaitu game dengan tema olahraga seperti FIFA, PES, NFL Madden, NBA 2K dll.

Perkembangan Esport di Indonesia

Munculnya game yang populer baik di PC ataupun perangkat mobile juga semakin merambah di Indonesia. Evos Legends yang berhasil menjadi juara dunia Mobile Legends di tahun 2019 membuat game satu ini menjadi sangat populer. Selain itu PUBG Mobile dan Free Fire juga merupakan game yang sangat digemari anak muda di Indonesia. 

Bigetron RA yang menajdi juara dunia PUBG Mobile dan Evos Capital yang juga menjuarai kejuaraan dunia Free Fire pada tahun 2019 juga menjadi langkah awal yang baik bagi perkembangan Esport di Indonesia. Sebelum adanya beberapa game tersebut, Indonesia juga telah lama bermain dunia Esport and tampil di beberapa kejuaraan dunia seperti DOTA 2, CS:GO, PES dll.

Semoga prestasi Indonesia kedepannya semakin meningkat dan semoga pemerintah lebih melihat bagaimana perkembangan yang terjadi saat ini agar nantinya Esport Indonesia dapat merambah dan bersaing di dunia.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan, silahkan share apabila menarik dan juga berkomentar apabila ada tambahan, kritik maupun saran.

Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

28 Komentar untuk "Apa Itu Esport? Inilah Sejarah Singkat dan Perkembangannya di Indonesia "

  1. Ternyata sudah lama juga perkembangan e-sport di dunia, tak menyangka sudah dimulai semenjak 1970-an

    BalasHapus
  2. Wao.. ternyata wis lama ya. Kesannya masih baru banget.. 😱

    BalasHapus
  3. Keren banget nih untuk pecinta game, sekarang bisa jadi atlet esport. Biar main game jadi banyak manfaatnya yaa. Bahkan bisa mendapatkan penghasilan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sekarang bisa mendapatkan penghasilan dari bermain game nih...

      Hapus
  4. esport adalah evolusi olahraga yang menyatu dengan dunia gaming. gak ngira esport akan terus berkembang bahkan sampai ada kompetisi internasional.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semakin berkembangnya zaman, perkembangan esport juga semakin maju

      Hapus
  5. Wah ternyata esport sudah ada dari dulu ya, dari tahun 1970 sampai sekarang masih eksis... saya tahu esport dari semenjak mobile legend booming aja hhihi kudet banget ya... Nice review kak...

    BalasHapus
  6. Saya baru tau bahwa Esports itu ada sejak tahun 1970 dan saya kira pertama kali dibuat oleh tim atau pengembang dari game yang dilombakan ternyata pertama kali dibuat oleh mahasiswa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya untuk kompetisinya yang mengadakan tingkat mahasiswa

      Hapus
  7. Enak yah skrg tuh esport ada wadahnya bahkan ada campnyaa. dulu berasa jadi apaan kalo ngegame gitu dah dibilang gapunya masa depan huhuu

    BalasHapus
  8. Saya kira Esport hadir disekitar tahun 2000an, ternyata sudah ada sejak tahun 1970 ya. Terimakasih informasinya, sangat bermanfaat. Yang suka main Mobile Legends, bisa kali mabar. Hehe

    BalasHapus
  9. Saya pikir baru-baru ini ada game online dilombain scr profesional, garagara lagi viral banget itu yang sampe trending di yutub (cuma ga ngikutin hehe). Taunya udah lama ya, bahkan sebelum saya lahir..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sudah lama ternyata, dan semakin berkembang hingga sekarang

      Hapus
  10. nggak kebayang aja mas, akibat hadirnya Esport ini jadi tamparan keras buat orang-orang yang selalu meremehkan dan merendahkan para gamer dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sekarang main game bisa menghasilkan keuntungan dan semoga orang-orang juga menggunakannya secara bijak, semoga bermanfaat.

      Hapus
  11. Jika dulu olahraga identik dengan fisik, maka sekarang sudah berkembang dengan hadirnya olahraga pikiran atau e-sport ini. Asian Games di Jakarta beberapa tahun lalu juga sudah memasukkan e-sport ini ke salah satu cabor yg diperlombakan

    BalasHapus
  12. Herijo Said: Bravo buat esport Indonesia, semoga makin berjaya di kancah Internasional. Ternyata cikal bakalnya dah dari jaman bahela yah.

    BalasHapus
  13. Aku baru tahu ini, kalau e sport itu sudah muncul sejak tahun 70an,kupikir baru tahun 2000an lho. Dan wajar memang Korea Selatan sebagai pencetus e sport modern, internetnya super kencang dan fasilitas game nya juga mumpuni. Kayak emang difasilitasi oleh negara ya.

    BalasHapus
  14. Saya juga salah satu orang yang mulai ngikutin esport sejak rame2nya Evos sama BTR khususnya di cabor PUBG. Yah walaupun cuma sebagai player buat seneng2 aja enggak yang pro. Hehe. Tapi sebenernya gak nyangka juga ya perkembangan esport bisa sampai di tahap ini apalagi kalau lihat sejarahnya dari tahun 1970 lho. Bayangan saya dulu pertandingan game yang paling seru dan memungkinkan ditandingkan skala besar ya Game PS bola aja. Ternyata sekarang buanyak banget. Hehe.

    BalasHapus
  15. E Sport memanglah unik, di mana dulu game hanya sebagai hiburan semata dan mendapat pandangan miring bagi orang tua sekarang sudah layak menjadi sebuah profesi.

    Game yang saya suka dan sudah ada kompetisinya itu Clash Royale Bang Rizal, memainkannya butuh strategi yang Masya Allah. Karena mengasah otak dan membuat tidak cepat bosan layaknya C.O.C.


    Terima Kasih Informasinya

    BalasHapus
  16. esport ternyata udah lama, 1980 an aja yang ikut 10.000 peserta wow banget..

    BalasHapus
  17. Oh ternyata istilah esport itu untuk yg mengacu sama hal2 yg menggunakan teknologi yaa kayak game. Aku sering liat turnamennya terutama yg mobile legend. Setau aku itu gamenya mengandalkan strategi.

    BalasHapus
  18. Wah, ini nih yg jadi favorit abang-abangku hahaha. Denger-denger mau dijadikan bagian dari kurikulum juga ya? Berarti harus disiapkan dan dikaji dengan cermat, ya.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel