-->

Apa Itu Game MOBA? Berikut Sejarah Singkatnya

gambar dari pexels.com
Apa itu game MOBA? Dari banyaknya genre game yang sedang trend saat ini. Game MOBA menjadi salah satu favorit banyak orang. Dari yang masih anak-anak hingga dewasa dapat memainkan game ini baik di PC ataupun smartphone. Sebenarnya game dengan genre MOBA sudah ada sejak dulu seperti game DOTA 2, League Of Legends dll. Yang dapat dimainkan di PC saja. 

Namun sekarang yang terjadi adalah dengan semakin berkembangnya zaman. Game MOBA yang dulunya hanya bisa kalian mainkan di PC sekarang ini dapat kalian mainkan di perangkat mobile yang kalian miliki. Dengan kemudahan akses ini menjadikan game MOBA semakin ramai peminat. Meski perbedaan jenis game tidak mempengaruhi antusias para pengguna. Sekarang banyak game MOBA yang dapat kalian mainkan di Smartphone seperti Mobile Legends, Arena Of Valor, Vain Glory dll. 

Penjelasan

Game MOBA merupakan singkatan dari Multiplayer Online Battle Arena. Kalian dapat memilih karakter yang ingin kalian mainkan di suatu medan pertempuran di game MOBA yang sedang kalian mainkan. Biasanya game MOBA terdiri dari 5 player tim melawan 5 player musuh. Tetapi tidak semua game MOBA mengaharuskan pertandingan 5 vs 5, contohnya adalah Vain Glory yang menampilkan pertarungan 3 vs 3 dalam game MOBA yang mereka tampilkan. Kalian harus menghancurkan pertahanan tim lawan yang berupa tower atau tugu agar dapat memenangkan pertandingan. 

Sejarah

Sejarah perkembangan dari game MOBA sendiri berasal dari sekitar tahun 2000 an yaitu game dengan genre real time strategy yang mulai digemari banyak orang. Game dengan tampilan aksi yang menarik seperti Age of Empire atau Command and Conqueror yang menampilkan mekanisme permainan yang menarik. 

Dan setelah itu Blizzard Entertainment mengadaptasi game real time strategy ini dengan tema fiksi sains dengan judul Starcraft. Game ini mengenalkan pertandingan multiplayer yang menjadikan semua orang tertarik untuk memainkannya. 

Selain Starcraft tadi, Blizzard Entertainment juga mempunyai game real time strategy lain yang bertema fantasi dengan judul warcraft. Pada sequel ketiga game Warcraft ini. Mereka menampilkan layanan untuk memodifikasi map dan membuatnya sebagai salah satu game kecil di dalam Warcraft sequel ke 3 ini. Dari banyaknya custom map yang ada, yang berasal dari para tangan kreatif pemain, “Aeon of Strife” dan “Defense of the Ancient” menjadi yang paling populer. 

“Aeon of Strife” memperkenalkan pembagian jalur dan sistem pushing lane yang kemudian menjadikan “Defense of the Ancient” akhirnya mengadaptasi sistem tersebut dan dengan menambahkan sistem hero dan multiplayer untuk bekerja sama dengan pemain lain. Dan dengan popularitas yang semakin melesat dengan diadakannya beberapa turnamen. 

Setelah itu banyak game MOBA yang lain dan salah satu yang sukses untuk menampilkan game MOBA yang menarik lainnya yaitu League Of Legends yang lebih menampilkan tampilan yang sederhana. Karena dulunya “Defense of the Ancient” telah dilepas oleh Steve Feak.  Sang pengembang yaitu Ice Frog yang dipekerjakan oleh Valve untuk membuat game baru berjudul DOTA 2. 

Mereka mengakuisisi penuh hero yang sebelumnya ada di modifikasi tersebut dan mereduksi nama-nama yang masih melekat dengan Warcraft agar tidak terkena hak cipta. Valve menghabiskan jutaan dollar untuk mengadakan turnamen besar DOTA 2 yang berskala Internasional dan menjadikan daya tarik sehingga popularitas game ini kian meningkat.

Game MOBA versi Mobile

Setelah lahirnya beberapa perangkat mobile yang menjadikan kita dapat bermain tanpa harus memakai PC. game MOBA juga mulai merambah ke dunia mobile. Seperti yang kalian tahu game seperti Mobile Legends, Arena Of Valor, Vain Glory dll. Menjadi salah satu gae favorit. Di Indonesia sendiri popularitas DOTA dan League of Legends cukup banyak. 

Dan dengan adanya MOBA baru yang dapat dimainkan di perangkat mobile menjadikan tumbuhnya komunitas baru pecinta game MOBA versi mobile dan hingga saat ini banyak turnamen-turnamen yang tidak kalah besar sering diadakan. Dan popularitas game MOBA versi mobile hampir mengungguli popularitas game MOBA versi PC. 

Sebaiknya kita saling mendukung dan jangan sampai ada permusuhan akibat perbedaan pendapat soal genre atau perangkat game yang dimainkan. Tetap sportif dan have fun. 

Semoga bermanfaat, silahkan share apabila menarik dan silahkan juga berkomentar apabila ada tambahan, kritik ataupun saran.

Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

18 Komentar untuk "Apa Itu Game MOBA? Berikut Sejarah Singkatnya"

  1. Pas kecil sampe remaja, bisa dibilang gue gamers karena pas weekend pasti mainin sega mega drive atau the sims di desktop pc..
    Tapi pas udah kerja, entah kenapa gue udah ngga terlalu gaming banget..hehe.
    Info yang menarik buat gue yang udah lama ngga ngikutin dunia game :)

    BalasHapus
  2. Walaupun dari tahun 2000an aku gak ada yang familiar sama game yang disebutin. Hehe. Basic emang gak begitu addict sama game. Cuma emang baru2 ini ikutan maen Mobile Legend & PUBG.

    Bener banget statmen di akhirnya, masih sering denger game A gini, Game B gini. Bagusan Game A lah, bagusan B lah. Yang penting main have fun dan gak ada perselisihan. Menang seneng, kalah main lagi supaya menang. Hehe.

    BalasHapus
  3. Dulu waktu jamanya game moba masih di pc pengin banget rasanya nyobain gamenya. Sekarang gamenya dah ada di hp malah jarang dimainin.

    BalasHapus
  4. Apresiasi banget sih buat para developers dan gamers. Inovasinya adaaa aja, yang dulu di PC aja sekarang sudah bisa mobile ya. Saya pernah freelance nulis artikel game, dan nggak bisa berhenti bilang wow sama banyak game yang nawarin cerita dan visual keren!

    BalasHapus
  5. Waktu jaman sd, liat yg main game moba di pc keren banget tapi sayang spek computer ga memadai. Seiring berkembangnya zaman sekarang bisa dimainkan di hp juga dan jadi salah satu usernya. Makasih banyak infonya mas, bermanfaat sekali

    BalasHapus
  6. Aku baru denger ada game moba.. dulu jaman kuliah tahun 2008an anak2 fakultas pada banyak yang main DOTA. Spec komputer dan bandwith buat game MOBA ini pasti aduhai ya mas.. 🤭

    BalasHapus
  7. Herijo Said: Era 2000an saya sempet mainin Starcraft dan Warcraft sampe tamat Campaign-nya alias main sendiri dan ga online. maklum waktu itu internet blm semarak seperti sekarang khususnya di rumah. tapi gak berlanjut ke DOTA apalagi ML, karena makin banyak kesibukan.

    BalasHapus
  8. Selalu ada ide-ide baru di dunia game, awal-awal hanya bisa di komputer, eh sekarang sudah bisa di gawai, ya.

    Salut untuk para developers dan dan patra atlet game.

    BalasHapus
  9. Gak mudeng sama per-game-an. Tapi emang kreatif ya para pengembang game itu. Ada aja ide game-nya.

    BalasHapus
  10. Sekarang udah berkembang pesat banget ya dunia per-game-an dan baru tau isitlah game MOBA sekarang. hahah sebenarnya familiar sama DOTA sejak SMP tapi gak pernah main cuma liatin temen yang lagi nge-game asyik bener. Terakhir main game PC jaman masih SD kaya main feeding frenzy, Zuma, Dinner Dash tapi gak pernah ampe tamat. #lahjadicurhat wkwk makasih mas infonya nambah wawasan baru

    BalasHapus
  11. Aju baru dengar istilsh game MOBA ini dari ponakanku yang maniak games. Hari-hari srlalu ngomongin game ini. Setelah baca tulisan inj aku sekarang baru nyambung apa yang diomongin dia wkwk
    Makasih kak ulasannya.

    BalasHapus
  12. Wah sejujurnya aku belom pernah sih maen game MOBA gini maupun versi PC ataupun mobile. Selama ini cuma maen game yang individual doang dan lebih ke game2 sederhana sih hahaha sepertinya boleh juga nih nantinya nyoba ini

    BalasHapus
  13. Baru tahu singkatan game Moba, saya pribadi belum pernah mainin, gak terlalu tertarik sukanya game yang sederhana dan gak harus mikir banyak ^_^

    BalasHapus
  14. Aku pribadi belum pernah memainkan game macam gini. Sukanya game macam ngasah otak sama mini games gtu aja haha. Cuma baru tahu apa itu game MOBA setelah dijelaskan lewat tulisan seperti ini.

    BalasHapus
  15. berkat kemajuan teknologi yaa jadi sekarang game moba bisa dimainkan di hp. lebih enak sih menurutku karena bs dimainin kapan aja dan dmn aja.. bisa sambil rebahan juga 😁

    BalasHapus
  16. wah saya baru tahu singkatannya setelah baca artikel ini, saya banyak hapal nama games karena keponakan sering main games di rumah, tapi jarang banget main, cuman liatin, jadi penasaran pengen main gamesnya

    BalasHapus
  17. Wah, ternyata game MOBA ini perkembangannya cukup signifikan yaaa. Dari 2000-an sampe sekarang masih diunggulkan sama anak2 jaman now. Keren!

    BalasHapus
  18. Sering banget main moba pas zaman kulian dulu, hiburan dikala stress

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel