-->

Apa Saja Profesi Industri Esports?

Esport menjadi industri yang berkembang dengan pesat saat ini. Sesuai namanya yaitu Electronic Sport, olahraga yang dilakukan dengan perangkat elektronik seperti PC, Laptop, Smartphone dll. Dengan kemudahan ini, semua orang dapat melakukannya dimana saja dan dimana saja. 

 Apa Saja Profesi Industri Esports ? Sebenarnya banyak pekerjaan yang dapat kalian pilih dalam industri esport ini. Tidak hanya berkarir sebagai pro player saja. 

Berikut ini beberapa profesi untuk industri esport yang dapat saya sebutkan.

1. Professional player (pro player)

Banyak sekali para player yang ingin menjadi seorang player professional atau bisa kita sebut pro player. Tentu saja karena minat mereka untuk bermain game apalagi dibayar, bukankah suatu hal yang menarik ? sebenarnya tak mudah untuk menjadi seorang pro player, kalian harus memiliki kemampuan diatas yang lain agar bisa bersaing untuk masuk tim esport.

jika tertarik untuk menjadi pro player, kalian bisa membaca artikel saya berikut : 8 Tips Menjadi Professional Player dan Masuk Tim Esport

2. Caster

Jika kalian memiliki kemampuan untuk berbicara dan mengeluarkan pendapat atau komentar secara lancar. Kalian mungkin bisa menjadi seorang caster. Dalam industri Esport, seorang caster biasanya bertugas saat ada turnamen yang diadakan baik secara online maupun offline. 

Dengan adanya caster suasana turnamen menjadi lebih seru dan menarik. Tentu kalian harus memiliki pengetahuan tentang game yang akan kalian bahas dan memiliki kemampuan bahasa yang baik.

3. Pelatih

Pengalaman dan ilmu menjadi modal penting jika kalian ingin menjadi seorang pelatih. Pelatih tim Esport bertugas untuk meracik strategi dan memberikan arahan serta cara bermain yang baik untuk tim yang dia latih. 

Sebelum itu, jika memang ingin menjadi pelatih tim Esport. Setidaknya kalian memiliki reputasi sebagai pemain atau pro player yang dikenal oleh orang-orang dibidang ini. Mengetahui kelemahan dan kelebihan tim sendiri maupun tim lawan merupakan hal yang penting juga.

4. Manajer tim

Menjadi seorang manajer merupakan tugas yang cukup ribet. Kalian harus memiliki tanggung jawab untuk menghadapi apa yang akan dilakukan selanjutnya oleh tim, kalian harus memiliki jadwal dan target tertentu. 

Komunikasi yang baik dan relasi yang banyak harus kalian miliki. Setiap player yang kalian tangani memiliki karakter sendiri-sendiri. Jadi kalian juga harus dapat menerapkan sikap disiplin kepada mereka agar tim tidak kacau balau.

5. Content creator

Menjadi content creator dapat kalian lakukan dari berbagai jenis keahlian seperti Fotografer, Videografer, Streamer, Jurnalis dll. Kalian cukup bermodalkan PC, Laptop ataupun Smartphone agar dapat menjalani profesi ini. 

Tentu saja keahlian yang kalian tekuni harus benar-benar niat dan memiliki kemampuan yang dapat diandalkan. Bentuk dari konten kalian bisa bermacam-macam seperti artikel, video dan foto.

6. Influencer 

Influencer bertugas untuk memperkenalkan tentang tim, produk atau event yang akan diadakan. Jika kalian ingin menjadi seorang influencer, setidaknya kalian memiliki reputasi dan relasi yang baik agar dapat menjangkau banyak orang terutama di media sosial. 

Seorang influencer hampir sama dengan seorang content creator. Kalian juga harus berusaha untuk tampil semenarik dan sebagus mungkin agar orang-orang banyak yang tertarik.

7. Event organizer

Profesi Event organizer harus memiliki koordinasi dan tim yang baik. Pekerjaan ini penuh tanggung jawab dan para pekerja nya juga tidak boleh main-main demi kelancaran event atau turnamen yang akan diadakan nantinya. Ada banyak cabang pekerjaan yang harus dilakukan seperti seksi dokumentasi, tata panggung, konsep acara, logistik dll.

8. Team owner / CEO

Jika kalian memiliki minat untuk menjadi seorang pengusaha atau pemimpin dan tidak tertarik menjadi player. Kalian dapat mencoba untuk mengembangkan tim sendiri, yaitu menjadi Team owner / CEO. 

Tidak hanya dengan relasi dan pengetahuan yang baik, kalian juga harus memiliki modal dan tekat yang kuat karena dengan menjadi seorang CEO kalian akan memiliki tanggung jawab untuk kesuksesan dan kegagalan suatu tim yang kalian miliki.

9. Analyst

Bebeda dengan caster yang harus berbicara sepanjang pertandingan berlangsung, seorang analyst biasanya tampil saat acara atau turnamen sedang rehat atau berhenti. 

Profesi ini mengharuskan kalian untuk menganalisis jalannya pertandingan, menjelaskan strategi yang digunakan dan apa saja yang berkemungkinan terjadi selanjutnya. Kalian diharuskan mengetahui fakta dan informasi terkini tentang game yang kalian bahas.

Baca juga :

8 Manfaat Bermain Game Mobile Legends yang Harus Kalian Ketahui

7 Dampak Buruk Bermain Mobile Legends yang Harus Kalian Ketahui

7 Cara Mengatasi Kecanduan Game Online

Nah, itulah beberapa profesi dalam industri esport yang dapat kalian lakukan, Semoga bermanfaat. 

Silahkan share apabila menarik dan silahkan juga berkomentar apabila ada saran, kritik ataupun jika kalian memiliki pendapat lain mengenai profesi yang ada selain yang saya sebutkan. 

Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

21 Komentar untuk " Apa Saja Profesi Industri Esports?"

  1. pelatih dan manajer tim. saya beneran gak ngira kalau esport udah berjalan layaknya offline sport pada umumnya

    BalasHapus
  2. era digital ini apa saja bisa dijadikan profesi ya, termasuk bermain game. keren! sekarang main game gak cuma buat hobi atau mengisi waktu luang tapi bisa juga menambah penghasilan..

    BalasHapus
  3. Teman Teddy ada yang jadi CEO untuk E-Sport turnamen gitu Bang. Beliau biasa ngadain turnamennya di Cafe-cafe.

    Beliau juga kadang ikut turnamen dan ikut latihan, jadi banyak pengalaman.

    Setelah membaca artikel Abang, Teddy jadi tahu lebih luas mengenai profesi apa saja yang ada di dunia E-Sport. Semangat terus Bang.

    BalasHapus
  4. Herijo Said: Dari semua profesi diatas kayaknya ga ada yang nyangkut ama saya. soalnya ga passion juga ama game, mungkin harus mencoba biar tau rasanya addict game.

    BalasHapus
  5. nggak nyangka hari ini esport sampai begitu tenarnya.
    nggak kebayang aja anak2 yg dulu sering kena marah orang tuanya karena kebanyakan main game,
    tapi sekarang bisa jadi salah satu profesi

    BalasHapus
  6. Banyak sekali pilihan yang bisa diambil ternyata dan kalau saya mungkin pilih caster aja ya, maklum saya ini suka ngecap gitu

    BalasHapus
  7. Ternyata banyak yang bisa dicobaya selain jadi player. Yang tadinya main game buat ngisi waktu aja, ternyata banyak banget peluangnya kalau mau diseriusin.

    BalasHapus
  8. Baru tau kalo profesi di esport sangat banyak, Saya kira hanya sebatas pemain dan pelatih saja. Benar-benar sudah menjadi sumber penghasilan sekarang, keren.

    BalasHapus
  9. Ehh baru ngeh ada beberapa profesi di bidang e-sport. Kirain cuma ada pemain dan pelatih tok.

    BalasHapus
  10. oh kepanjangan dari esport itu elektronik sport yaaa.. baru ngeh sih hehe..

    BalasHapus
  11. Ternyata banyak juga ya profesi yang ada di industri esports. Selama ini saya kira cuma pemain saja.. ternyata banyak profesi lain sebagai pendukungnya.

    BalasHapus
  12. Semakin banyka kesempatan berkarir saat ini, bahkan dari satu bidang e-sport saja bisa banyak title yang bisa di coba. Terima kasih ulasannya kak.

    BalasHapus
  13. Bermain game saja bisa menjadi sebuah keahlian yang patut untuk dibanggakan ya.. Apalagi kalau sampai jadi pro player.. Btw, kalau youtuber gamer itu termasuk kategori apa ya? :D

    BalasHapus
  14. Eh, content creator sama influencer termaauk esport juga ya? Wah, aku dong. Kirain cuma gamer aja yang masuk esport

    BalasHapus
  15. Ternyata banyak juga ya profesi di esport, bakal prospek buat generasi mendatang. terima kasih sharingnya mas

    BalasHapus
  16. Sy baru tau kalau ada macam profesi esport, saya kira esport ya main game aja gitu

    BalasHapus
  17. Kalau aku sih penginnya jadi team owner wwkwk, meskipun dlu sempet jadi player yang ngga punya wadah :p hehehe thanks mas edukasinya

    BalasHapus
  18. Esport, dunia bisnis yang sedang marak di geluti. Begitupun dengan ponakan saya.

    BalasHapus
  19. Banyak dan luas juga ya profesi yang berhubungan dengan esport ini, udah jadi industri yang terus bertumbuh dan berkembang pesat ya dan banyak orang yang suka, terutama para milenial. Tapi saya termasuk yang enggak tertarik sama dunia ini nih, duuh :D

    BalasHapus
  20. Wow. Memamng makin kesini, teknologi maki canggih dan memang beragam ya jenis profesi. Pengen jadi ownernya sih, hahaa. Makasih tulisannya, Kak

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel