-->

Penjelasan 5 Role Mobile Legends Terbaru

Game Mobile Legends Bang Bang merupakan salah satu game MOBA yang bisa kalian mainkan di perangkat mobile. Game MOBA yang dulunya hanya bisa kalian mainkan di PC sekarang tampil sederhana dengan adanya perkembangan zaman. Tak lepas dari semua yang ada pada MOBA mobile maupun PC sebenarnya tak jauh berbeda. 

Hanya saja ukuran dan tampilan saja sebagai patokan perbedaan utama game MOBA. Tentu juga jenis dan pengembang game juga berbeda-beda namun model permainan yang dimainkan juga sama saja. 

Peminat dari game MOBA versi mobile juga semakin meningkat. Karena kesederhanaan dan kemudahan akses untuk bermain game ini pula yang menjadikan game MOBA mobile semakin berkembang. 

Akan tetapi tetap saja game ini menampilkan pertarungan 5v5 dengan masing-masing tim memiliki hero dengan spesialis tertentu. Kemampuan hero juga menentukan posisi yang mereka tempati. role bisa dibedakan menjadi 2 yaitu role hero dan role in game. Untuk role hero contohnya seperti tank, marksman, mage, support, assassin, fighter. Dan untuk role in game contohnya seperti roamer, jungler, midlaner, offlaner/explaner, sidelaner/goldlaner. Nah, untuk kali ini yang dibahas adalah role dalam game.

Dalam game Mobile Legends ada 5 role in game yang harus kalian ketahui. Yaitu sebagai berikut :

1. Roamer

Roamer merupakan salah satu role yang harus ada di setiap pertandingan. Seorang roamer biasanya bertugas untuk membuka map, open war, membantu setiap lini. Dan salah satu keunikan hero dengan role ini adalah kalian diharuskan membeli item roam pada awal pertandingan. 

Agar gold dan exp yang kalian dapat bisa diberikan kepada rekan satu tim sedangkan kalian tidak akan mendapat gold exp tersebut. Hero yang cocok digunakan sebagai roamer biasanya adalah tank dan support. Bisa juga tipe hero yang lain tetapi lebih cocok untuk kedua tipe hero tadi.

2. Jungler

Jungler bertugas untuk menghabiskan seluruh monster jungle yang ada supaya gold dan exp yang diperoleh bertambah pesat. Dengan begitu seorang jungler akan memiliki item lebih cepat daripada yang lain untuk melakukan serangan terhadap musuh. 

Seorang jungler juga diwajibkan untuk menggunakan spell retribution untuk membantu membunuh monster jungle. 

Hero yang cocok digunakan sebagai jungler biasanya adalah assassin. Bisa juga menggunakan fighter, marksman atau role lain. Akan tetapi hero dengan tipe assassin lebih cocok digunakan karena kelincahan dan teknik farming yang cepat.

3. Midlaner

Midlaner merupakan hero yang bertugas di tengah lane, sesuai namanya. Tapi kalian tidak harus berdiam di mid saja. Kalian juga harus melakukan rotasi agar keadaan tim seimbang. 

Midlaner biasanya melakukan clear minion di area tengah lalu pergi rotasi membantu teman lain yang sekiranya membutuhkan bantuan. 

Hero midlane harus lah memiliki damage dengan efek yang besar. Tipe hero yang biasanya cocok digunakan sebagai midlaner adalah mage dan support. Selain memiliki damage area yang luas. Terkadang midlaner juga bertugas untuk membantu pertarungan besar dengan efek healing untuk tipe support.

4. Offlaner/Explaner

Offlaner biasanya bertugas sendirian untuk menjaga exp lane yang berada diatas ataupun bawah. Tugas offlaner adalah menjaga turret agar tetap utuh dan sesekali harus membantu mid lane. 

Offlaner membutuhkan tipe hero yang memiliki kemampuan clear wave minion dengan cepat dan memiliki kemampuan bertarung satu lawan satu dengan baik. Biasanya tipe hero yang sering digunakan sebagai offlaner adalah tipe Fighter. 

5. Sideliner/Goldlaner

Berbeda dengan offlaner, sideliner bertugas disisi lane yang lain yaitu gold lane. Tugas sideliner juga hamper sama dengan offlaner. Hanya saja tipe hero yang biasanya digunakan sebagai sideliner adalah Marksman. 

Dengan gold yang banyak di goldlane, memudahkan bagi marksman untuk membeli item dengan cepat. Karena marksman sangat membutuhkan gold. 

Jadi, sideliner lebih cocok digunakan untuk hero tipe marksman, meski ada juga beberapa hero fighter dan mage yang dapat digunakan di sidelane. Namun, marksman lebih cocok untuk digunakan.


Nah, itulah penjelasan dari saya tentang role yang ada di Mobile Legends. Semoga bermanfaat, silahkan share apabila membantu dan silahkan juga berkomentar apabila ada kritik ataupun saran.

Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

1 Komentar untuk " Penjelasan 5 Role Mobile Legends Terbaru"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel