-->

Perbedaan Game Mobile dan Game PC, Pilih yang Mana?


Di era modern saat ini kebanyakan game biasa dimainkan di 2 perangkat ini saja, yaitu Mobile dan PC atau bisa juga di laptop. Dengan kemudahan dan biaya yang terjangkau memungkinkan pengguna untuk mengakses dengan mudah game yang akan dimainkan nantinya. 

Sebelum adanya game seperti PUBG, Fortnite ataupun yang lain dulu kita sering bermain game di Televisi yaitu dengan PS2, PlayStation sendiri juga semakin berkembang sekarang. Namun karena harga dan game yang dimainkan tidak sebanyak yang disediakan di perangkat mobile ataupun PC. 

Dan kebanyakan turnamen-turnamen di era saat ini lebih sering mengadakan turnamen dengan tipe game mobile ataupun PC. Ada juga beberapa pembuat game yang merupakan game PC yang membuat lagi game versi Mobile nya. 

Tetapi tentu ada banyak perbedaan dari game yang ada di perangkat mobile dengan perangkat PC. Berikut adalah perbedaannya :

1. Yang pertama tentu saja perangkat yang digunakan

gambar dari Pexels.com
Perangkat mobile adalah perangkat atau peralatan yang mirip dengan komputer akan tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil dan dapat dengan mudah dibawa kemana saja. kalian biasa menyebutnya handphone, smartphone, tablet, ponsel genggam dll. 

Sedangkan untuk PC sendiri adalah singkatan dari Personal Computer. Komputer sendiri memiliki ukuran yang besar dan memiliki penyimpanan yang lebih besar dari smartphone. 

2. Cara bermain

Cara bermain kedua game ini tentu saja berbeda, game mobile biasanya hanya membutuhkan jari tangan kalian saja. Karena game mobile biasanya membutuhkan sentuhan langsung ke layar ponsel kalian.

Sedangkan untuk game PC kalian harus menggunakan keyboard eksternal dan mouse untuk dapat bermain game.

3. Kenyamanan bermain

Kalian dapat bermain game mobile dimanapun kalian berada, karena dengan kemudahan akses dan ukuran yang simpel dari perangkatnya sendiri.

Sedangkan game PC tidak dapat kalian bawa kemana-mana dengan sembarangan, selain ukuran yang besar. Peralatan yang lain juga harus kalian siapkan seperti kabel dll.

4. Kompetisi yang diadakan

Meski kedua jenis perangkat ini memiliki game tersendiri, ada juga game yang dapat kalian mainkan di perangkat mobile ataupun PC. Namun biasanya di berbagai turnamen harus memakai salah satu perangkat saja. Dan sampai sekarang, turnamen game PC lebih banyak peminatnya karena mungkin mereka dulu yang menciptakan euforia ini. Seperti game DOTA 2, League Of Legends, PUBG, Fortnite dll.

Tetapi dengan semakin berjalannya waktu, game mobile pun sepertinya mulai menyusul dengan perkembangannya yang semakin pesat seperti game Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire dll.

5. Ukuran game

Biasanya ukuran game yang kalian mainkan di PC lebih besar daripada game mobile. Perangkat yang kalian gunakan tentu saja harus dapat digunakan dengan lancar dan menyesuaikan ukuran game yang kalian mainkan.

6. Peralatan lain

Peralatan lain yang dimaksud adalah seperti meja, kursi yang biasanya dipakai untuk memainkan game PC, sedangkan game mobile yang dapat kalian lakukan dimana saja tanpa harus memakai meja atau kursi gaming. Karena bisa dibilang game mobile lebih simpel daripada game PC.

Tetapi semua tergantung apa yang kalian kerjakan, jika kalian seorang streamer atau professional player. Kalian tentu membutuhkan peralatan-peralatan lain bahkan selain meja dan kursi, seperti mic, headphone dll.

Nah, itulah beberapa perbedaan atau perbandingan antara game mobile dan game PC. Semua tergantung selera dari playernya. Setiap jenis game pasti memiliki penggemar tersendiri. 

Dan jangan saling merendahkan, kita harus saling mendukung agar perkembangan game dan komunitas yang ada nantinya akan lebih baik lagi. 

Semoga bermanfaat, silahkan share apabila menarik dan silahkan juga berkomentar apabila ada kritik ataupun saran. Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

15 Komentar untuk " Perbedaan Game Mobile dan Game PC, Pilih yang Mana?"

  1. Kalau emak2 model saya gini, lebih suka main di hp. Apalagi ngegame sambil masak sambil jaga anak. Hahaha.. 🤗

    BalasHapus
  2. Lebih suka games handheld, biar hp atw laptop ngga cepet rusak..

    BalasHapus
  3. Dulu saya juga gamer sejati, hampir begadang tiap malam utk main Age of Empire 1 dan 2. Seiring teknologi berkembang, genre permainan saya berubah, ke mobile gaming. Tetapi karena yg sejenis Age of Empire versi mobile belum ada, saya beralih ke simulasi pesawat dan balapan.
    Game, selalu beradaptasi dgn teknologi. Mungkin di masa mendatang, akan ada virtual game competitions. Yg klo tertembak, kita merasakan juga. Tapi gak sampai meninggal ya.

    Tetap semangat utk move on!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bisa jadi mas, perkembangan teknologi sangat pesat

      Hapus
  4. Keduanya punya keunikannya masing-masing. Kalau aku memang jarang main game dan menurutku yang paling mudah adalah bermain game dengan handphone. Ngak.. pernah main game pakai PC karna gaptek banget sama tombol-tombolnya heheheh

    BalasHapus
  5. Sebelum punya anak, aku hobi main game The Sims di laptop sampai berjam-jam. Game-nya memakan memory yang cukup besar karena berat. Sepertinya memang lebih puas main game di laptop/ pc daripada mobile, karena game yang dimainkan juga lebih menarik dan lengkap, seperti misalnya dibandingkan dengan The Sims mobile yang bisa dimainkan di HP.

    BalasHapus
  6. Alumni suka main PS. 😂 Suka main di laptop tapi semenjak baterai soak beralih main game di hape sih. Lebih praktis, bisa dibawa kemana-mana. 😁

    BalasHapus
  7. Kalau saya tergantung gamenya. Kadang ada game yang hanya tersedia untuk mobile tapi tidak tersedia untuk PC, begitu pula sebaliknya. Gak enaknya di PC kalau pas mati lampu gak bisa main game. Kalau dari mobile terbatas baterai.

    BalasHapus
  8. Dua-duanya ada kelebihan dan kekurangannya. Kalau saya sih tergantung mood saja hehe. Tapi main game di PC yang dilengkapi dengan peralatan yang memadai kaya kursi gaming, laptop dengan performa yang bagus, dll, itu memberikan kesan yang lebih sih menurutku. Cuma kalau di PC ya ga bisa mobile aja sih hehe

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. jujur lebih suka mobile game soalnya bisa dibawa kemana2 hhe

    BalasHapus
  11. Aku suka dua duanyaa hehe kadang game pc juga lebih nagihin dibanding yg mobile meskipun ngga bisa dibawa kemana-mana. dlu saya penggemarnya game pc ituuuh hihi

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel