-->

5 Dampak Artificial Intelligence dalam Kehidupan, Positif dan Negatif

 

Dampak Artificial Intelligence dalam Kehidupan

Artificial Intelligence bisa diebut juga dengan kecerdasan buatan yaitu sebuah teknologi yang dapat beroperasi dan berpkir layaknya manusia. Dalam perkembangan teknologi saat ini, semakin banyak inovasi-inovasi yang muncul. 

Artificial Intelligence juga semakin berkembang dan hampir ada dalam setiap aspek kehidupan sehari-hari. Banyak perusahaan, sekolah dan berbagai sektor menggunakan jasa sebuah robot atau mesin yang memiliki kecerdasan luar biasa hampir sama dengan manusia ini. 

Artificial Intelligence mendorong kemajuan karena kefektifan dan efisiensi waktu serta menghemat tenaga kerja manusia. 

Nah, disinilah terdapat beberapa dampak yang harus diketahui. Baik berupa dampak positif ataupun dampak yang negatif. Agar kita dapat menggunakan kemajuan teknologi ini dengan sebaik mungkin, serta dapat terus maju berkembang supaya tidak tertinggal zaman. 

Masa iya mau kalah sama robot? Padahal yang menciptakan kecerdasan buatan ini juga manusia. Berikut beberapa dampak positif dan negatif dari adanya Artificial Intelligence dalam kehidupan sehari-hari:

5 Dampak Positif


1. Menjaga keamanan

Banyaknya sektor perusahaan baik berupa gadget, mall pasti memiliki fitur keamanan sebelum kita memasuki atau memakai suatu produk. Nah dengan menggunakan teknologi AI kita akan dimudahkan dalam pelaksanaan tersebut. 

Daripada menggunakan manusia yang tentu harus memikirkan beberapa faktor lain yang dapat merugikan. Dengan bantuan AI kita dapat melakukan akses masuk hanya dengan detector wajah atau sidik jari.

2. Menghemat waktu

Waktu merupakan hal yang sangat berharga dalam kehidupan sehari-hari. Dengan bantuan Artificial Intelligence baik berupa suatu robot pembersih, robot di pabrik dan yang semacamnya. Pastinya lebih menghemat waktu lebih banyak.

3. Menghemat pengeluaran

Selain menghemat waktu, pengeluaran pun dapat dihemat karena tak perlu memakai tenaga manusia. Meskipun memakai kecerdasan buatan pun juga memerlukan biaya, tapi bisa dibilang dengan bantuan mesin-mesin ini produksi dapat meningkat dan konsisten dalam jangka panjang.

4. Mempermudah akses

Akses akan semakin mudah dan cepat jika memakai bantuan dari kecanggihan AI ini. Akses yang dapat berupa akses informasi, hiburan atau juga akses memasuki suatu tempat. 

Dengan mengandalkan algoritma dan GPS google dapat membantu kalian untuk mencari rekomendasi yang kalian sukai di YouTube dan juga dapat menemukan tempat melalui Google Maps contohnya.

5. Tak butuh banyak ruang

Karena berupa mesin yang dapat dilihat maupun tidak. Sebuah kecerdasan buatan ini dapat menghemat ruang yang seharusnya diisi manusia. Contohnya seperti di pabrik, sekolah maupun di berbagai tempat lain.

5 Dampak Negatif


1. Menggantikan pekerjaan manusia

Hal inilah yang dapat membuat Artificial Intelligence memiliki sisi buruk dan merugikan beberapa orang yang kehilangan pekerjaan mereka. Namun memang begitulah resiko yang ada. 

Karena memang sebuah perusahaan tempat manusia bekerja pun butuh efisiensi waktu dan biaya. Dan menggunakan AI merupakan langkah yang tak salah. Sebagai manusia yang tertinggal pun seharusnya kita memiliki inovasi dan terus maju agar tak kalah dengan para mesin.

2. Tak memiliki common sense

Artificial Intelligence memang dapat bekerja sendiri layaknya manusia. Namun para AI ini tak dapat memahami tujuan dari informasi pekerjaan yang dilakukan. Karena memang AI bukan manusia seutuhnya yang dapat merasakan dan memahami suatu tujuan.

3. Rawan kerusakan

Karena pada dasarnya teknologi merupakan sebuah mesin. Tentu rawan terjadinya kerusakan jika tak dapat dibuat secara maksimal. Perlu penyempurnaan dan perawatan khusus agar dapat berjalan dalam jangka waktu yang lama.

4. Keamanan dapat diretas

Sebuah AI pun tak luput dari yang namanya kejahatan, peretasan dapat terjadi jika memang suatu program AI memiliki data yang penting sehingga dapat membuat orang lain ingin mengambil alih. Para cracker yang ada harus dicegah dan dihentikan. Keamanan pun harus ditingkatkan oleh sang pembuat.

5. Membuat manusia jadi pemalas

Karena AI tak hanya dalam sektor perusahaan berupa pabrik, atau sebuah mesin pencatat data informasi. Namun AI juga dapat ditemukan dalam gadget yang sering kalian gunakan sehari-hari. Meski memang membantu dalam kehidupan sehari-hari. 

Dalam jangka waktu yang singkat manusia pun dapat menjadi ketergantungan atau bisa juga disebut kecanduan dengan kemudahan yang diberikan oleh teknologi ini. Jangan sampai hal tersebut terjadi.

Itulah beberapa informasi mengenai dampak Artificial Intelligence dalam kehidupan yang dapat dilihat dari berbagai aspek. 

Semoga membantu dan bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan atau memberi kritik dan saran, silahkan berikan komentar di kolom komentar.

Silahkan share juga jika menarik dan banyak teman kalian yang tahu.
Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

7 Komentar untuk "5 Dampak Artificial Intelligence dalam Kehidupan, Positif dan Negatif"

  1. rada nggak bisa bayangin kalo kedepannya bakalan banyak robot di kehidupan nyata, kurang humanis aja gitu. apalagi kita-kita yang orangnya emang suka ketemu orang baru hehe
    btw, aku jadi keinget film animasi (lupa judulnya, apa wall e ya?) yang semuanya serba dikerjain robot. bahkan kita jalan pun duduk diatas alat gtu sampe manusia digambarin gemuk banget karena nggak pernah gerak hehe
    jangan sampe deh manusia jadi kayak gtu kedepannya 😁

    BalasHapus
  2. Jadi kayak di film-film, ya, bahkan di cerita Upin Ipin pun ada tema ini, segala serba robot. Kasian Ijat yang pengamen. 🤭 Ngamen aja digantikan robot.

    BalasHapus
  3. Kalau manusia jadi malas karena digantikan oleh robot masih bisa dimaklumi ya mas, biaya tambahan untuk perawatan robotnya itu yang bikin pening saya kira hehee

    BalasHapus
  4. Baca ini jadi inget salah satu komik Doraemon movie yang apa2 udah digantiin robot dan akhirnya manusia jadi lemah karena gak pernah bergerak sama sekali. Serem sih karena disitu manusia bahkan gak bisa jalan dan harus pake bantuan sama sekali. Sudah pasti keberadaan AI ini emang sangat membantu tapi aku harap sih gak bener-bener sampe semua aspek kehidupan manusia perlu diganti sama AI karena kita bisa2 jadi budak robot malahan dan itu serem....

    BalasHapus
  5. AI ini memang seperti pedang bermata dua ya, kalo ga bijak menggunakan bisa banyak dampak negatif yang didapat

    BalasHapus
  6. Nah tu dia, sistem keamanan yang masih menjadi dilema pada penerapan artificial intelligence ini. Itu kayaknya masih jadi PR bersama deh, but so far AI ini amat sangat membantu.

    BalasHapus
  7. Memang sih ada kelwbihan dan kekurangan.y tapi semoga ke depannya bisa bermanfaat dan manusia bisa terus berkembang dengan produktif

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel