-->

5 Dampak Negatif Metaverse

Apa Saja Dampak Negatif Adanya Metaverse?

Setiap hal selalu memiliki sisi positif dan negatif. Sisi negatif lah yang harus dihindari dan diwaspadai. Dalam artikel saya sebelumnya telah memberikan beberapa dampak positif adanya metaverse. 

Kali ini saya akan menampilkan 5 dampak negatif yang dapat terjadi jikalau ternyata memang metaverse akan muncul.

Metaverse simpelnya bisa dianggap sebagai dunia virtual yang dapat kita jelajahi secara bebas melalui perangkat yang kita pakai di dunia nyata. Metaverse akan memudahkan setiap urusan kita, baik dari pekerjaan, pendidikan bahkan hingga tempat wisata. 

Setiap hal yang hampir serba instan akan menyelimuti kehidupan kita. Jangan sampai terlena hingga membuat kita tak bisa mengontrol diri yang menimbulkan berbagai macam hal negatif. 

Inilah beberapa dampak negatif yang dapat terjadi kepada kita semua saat berada di dunia metaverse:

1. Timbul kecanduan berlebihan

Dapat dilihat saat ini dimana setiap hari kita memainkan gadget baik untuk pekerjaan atau bahkan hanya untuk santai-santai saja. Tak enak rasanya jika sehari saja tidak memegang gadget, hal ini lah yang dinamanakan kecanduan. 

Banyaknya game dan media sosial menyebabkan manusia zaman sekarang lebih sering berinteraksi di dunia maya dari pada bermain bersama teman di dunia nyata. Pada kenyatannya nanti metaverse merupakan suatu dunia yang bisa disebut sebagai media sosial yang nyata. 

Bukankah bisa menjadi berbahaya jika kita tetap membiasakan diri untuk bermain gadget yang dapat menimbulkan dampak tidak baik. Jadi, untuk menghindari hal yang tak diinginkan setidaknya sedikit demi sedikit untuk meluangkan  waktu untuk berinteraksi secara langsung di lingkungan sekitar.

2. Timbul depresi

Depresi dapat terjadi kapan saja jika situasi yang kalian hadapi tidak sesuai harapan. Bisa jadi hal yang kalian harap bahkan tak pernah terjadi. Atau bisa disebabkan oleh hal-hal yang lain. Begitu pula yang dapat terjadi di dunia metaverse nanti.

Dr. Indrawan Nugroho memberi contoh jika kita hidup di dunia metaverse, lalu kita membuat avatar yang sesuai dengan apa yang kita dambakan selama ini atau sosok yang benar-benar kalian inginkan. Dan setelah itu kalian terkenal dan menghasilkan uang di metaverse nanti.

Hal terburuk yang dapat terjadi adalah ketika kalian bangun di dunia metaverse, kalian memang akan menjadi apa yang kalian inginkan, namun jika kalian bangun di dunia yang nyata, kalian tetaplah seseorang yang seperti dulu, dan hal ini dapat menyebabkan depresi apalagi terhadap orang yang benar-benar introvert atau memiliki kehidupan buruk di dunia nyata, sehingga memilih metaverse sebagai jalan pelarian. Hal tersebut dapat menimbulkan depresi berat.

3. Keamanan data pribadi dapat terancam

Keamanan pribadi pun dapat menjadi hal yang benar-benar harus diperhatikan. Karena tentu saja nanti ketika ingin masuk dunia metaverse, kalian akan menyerahkan beberapa data pribadi. Seperti halnya saat ini ketika kalian ingin login facebook, Instagram, akun google dll. 

Hal ini juga dapat terjadi nanti di metaverse. Jadi sistem yang ada nanti harus benar-benar aman dan diawasi dengan baik agar tak disalah gunakan oleh orang lain. 

Seperti halnya sekarang ketika ada orang yang mengaku sebagai diri kalian, nantinya di metaverse bahkan orang yang menyalahgunakan data kalian bisa saja menyerupai avatar atau bahkan mirip dengan kalian karena data dan informasi kalian yang bocor.

4. Kurang olahraga fisik

Jika di dunia nyata saja sudah jarang olahraga, apalagi nanti jika metaverse memang benar-benar muncul. Jika memang ada alat yang dapat membuat badan kita sehat layaknya sehabis olahraga. 

Tetap saja hasil dan sensasi yang didapat akan berbeda dengan olahraga fisik secara langsung, keringat, pemandangan dan semilir angin diluar jika bersepeda bisa jadi tak akan dapat dirasakan.

5. Menjadi malas di dunia nyata 

Ini yang paling berbahaya nih. Sudah sedikit dibahas pada poin pertama jika kita terlalu banyak bergantung pada media sosial atau bahkan metaverse nantinya, pasti kita akan menjadi seseorang yang malas menjalani hari di kehidupan nyata. 

Malas keluar rumah contohnya, jarang terkena sinar matahari juga. Ini hanya beberapa dampak yang bisa dibayangkan saat ini, seperti halnya poin nomor 4, kita pasti juga akan jarang olahraga. 

Dan kemungkinan orang di masa yang akan datang dimana metaverse diperkirakan akan terjadi, kebanyakan manusia pasti akan memiliki tubuh yang gemuk atau berisi akibat kurangnya gerak dan timbulnya sifat malas setiap harinya. Meski memang tak setiap orang akan menjadi seperti itu, tetap saja kewaspadaan harus dilakukan.


Itulah beberapa dampak negatif dari adanya metaverse yang akan terjadi jika memang orang-orang cerdas di luar sana dapat merealisasikan hal ini.

Edukasi dan sosialisasi tentang metaverse tentu harus segera dilakukan untuk meminimalisir hal-hal buruk atau negatif yang dapat saja terjadi.

Silahkan bagikan artikel ini jika menarik dan tinggalkan komentar dibawah jika ada kritik ataupun saran.

Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "5 Dampak Negatif Metaverse"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel