-->

5 Dampak Positif Metaverse

5 dampak positif metaverse yang akan terjadi

Layaknya pisau yang memiliki fungsi untuk memotong buah atau melukai seseorang. Begitulah setiap hal yang dapat kita ambil makna dan pengunaannya. Dampak positif ataukah negatif yang dapat dilakukan oleh benda tersebut tergantung dengan penggunanya. 

Begitu pula dengan adanya metaverse ini. Karena hal ini sudah bukan menjadi angan dan bayangan belaka, metaverse akan terjadi dan terwujud dalam beberapa waktu yang akan datang. 

Sikap kita sebagai generasi sekarang adalah memahami dan mengedukasi agar dapat mengerti tentang konsep adanya metaverse nanti. Para peneliti dan orang-orang cerdas di dunia pun mengetahui dampak positif dan negatif yang akan terjadi nantinya. 

Dalam artikel ini saya akan menyuguhkan pendapat saya mengenai dampak positif atau kelebihan dari metaverse yang dapat kita ambil. Untuk dampak negatif akan saya tampilkan di artikel lain agar dapat dipahami secara terpisah dan terperinci. 

Baca juga: 5 Dampak Negatif Metaverse

Berikut adalah beberapa dampak positif yang tentu dapat dirasakan nanti :

1. Memudahkan pekerjaan

Bisa dilihat saat ini betapa mudahnya pekerjaan yang kita lakukan sehari-hari dengan bantuan teknologi, dari setiap pergantian generasi pasti mengalami yang namanya perubahan teknologi. 

Dulunya tak bisa melihat konser di panggung secara langsung, sekarang dapat melihat nya lewat layar tv atau handphone. Maka bisa dibayangkan bagaimana yang akan terjadi jika metaverse telah merambah setiap aspek kehidupan masyarakat. 

Maka setiap pekerjaan nantinya akan dilakukan dalam dunia virtual karena menimbang aspek efisien dan efektivitas dari metaverse itu sendiri.

2. Berpindah tempat dengan cepat

Dengan menggunakan dunia virtual metaverse kita juga dapat berpindah dengan cepat kemana pun kita mau. Layaknya game, kita tak membutuhkan banyak waktu untuk sampai ke tempat yang dituju. 

Contohnya kita yan berada di Indonesia jika ingin pergi ke Amerika Serikat misalnya, hanya membtuhkan tools atau kode sehingga dapat berpindah dengan mudah dan cepat yang tentunya tetap memiliki syarat tertentu seperti biaya dan kartu tertentu seperti passport dan visa.

3. Menjadi terkenal dengan mudah

Contoh yang paling nyata dan dapat dilihat kali ini adalah maraknya pengguna tiktok. Dan dari satu aplikasi ini saja sudah menjadikan beberapa orang yang dulunya bukan siapa-siapa. 

Menjadi orang yang terkenal layaknya artis, atau biasa kalian sebut artis tiktok. Semudah itu menjadi orang yang dikenal jika diimbangi dengan usaha dan kreativitas tentunya. 

Nah, bagaimana jadinya nanti dalam dunia metaverse yang tentu memudahkan kita untuk menjadi apapun yang kita mau dengan memodifikasi avatar (representasi grafis pengguna) sesuai apa yang kita mau. 

Tentu akan membuat kita mudah untuk tampil dan terkenal dalam metaverse. Namun semua itu juga butuh duit gak sih?

4. Membuat manusia semakin kreatif

Nah, dengan adanya avatar nanti membuat kita makin kreatif dengan imajinasi yang ada di kepala. Manusia nantinya akan memiliki kemampuan atau bahkan bisa dibilang suatu keinginan yang harus dicapai di dunia nyata, namun tak dapat terealisasikan dan ternyata dapat direalisasikan di dunia metaverse ini. 

Tapi dalam hal ini, dapat juga membahayakan diri sendiri atau bahkan orang lain. Akan saya bahas di sesi sisi negatif yang akan terjadi dari metaverse dalam artikel saya selanjutnya.

5. Bisnis dan investasi

Dari sisi bisnis tentu saja metaverse sangat menguntungkan bagi pihak yang memiliki banyak modal untuk perusahannya seperti Meta (dulunya Facebook), Google dll. Bahkan pembelian tanah dari metaverse sudah ada yang melakukannya. 

Tanah virtual tersebut ada yang terjual dengan harga begitu fantastis mencapai USD$ 2,34 juta atau setara dengan 34,6 miliar rupiah. 

Decentraland, metaverse yang masih belum berkembang secara sepenuhnya. Tetapi minat para investor untuk menginvestasikan uangnya dalam bentuk dunia metaverse semakin meningkat demi mengklaim hak mereka di dunia virtual lainnya. 

Karena persaingan yang ketat juga, nilai harga tanah juga dipercaya nantinya akan semakin meningkat seiring berjalannya pembangunan dan hadirnya orang-orang ternama yang akan memasuki dunia virtual metaverse ini. 

Dalam Decentraland yang ada sekarang ini pengguna dapat menukarkan mata uang kripto dengan tanah atau bangunan virtual lain. Bagaimana menurut kalian?


Banyak hal yang masih perlu dipelajari tentang adanya metaverse. Silahkan berependapat di kolom komentar apabila ada yang ingin melontarkan kritik ataupun saran. 

Selalu belajar akan hal baru, dan embangkan pengetahuan karena perkembangan teknologi informasi berkembang dengan sangat cepat saat ini. 

Dan untuk kemungkinan adanya metaverse tentu dapat terjadi, it will happens anyway, jadi setidaknya persiapkan mulai saat ini untuk mengedukasi diri sendiri agar setidaknya siap menghadapi apa yang terjadi nantinya. 

Dengan saling share kita akan mudah menemukan informasi yang sebenarnya. Semoga sedikit membantu.

Sekian, terima kasih telah membaca artikel ini. Silahkan baca dampak negative yang dapat terjadi dalam metaverse pada artikel saya selanjutnya.



Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

11 Komentar untuk " 5 Dampak Positif Metaverse"

  1. bisa main kayak di film READY PLAYER ONE juga

    BalasHapus
  2. Sedikit ada gambaran si gimana metaverse yg sedang digaung-gaungkan oleh pemerhati dunia digital, tentu ada sisi positif dan negatifnya. Dan yang paling penting, kita bisa menyikapi perkembangan digital ini dengan lebih bijak dan gak denial, mau belajar dan gak begitu terlena dengan semua kemudahannya.

    BalasHapus
  3. Selalu ada dua sisi dari apapun bentuk perkembangan teknologi digital. Namun, kita selayaknya jangan sampai dikuasai teknologi. Kitalah yang menguasai dan mengendalikan teknologi.

    BalasHapus
  4. Herijo Said: saya selalu membayangkan apakah teknologi bisa melakukan teleportasi dengan merubah bentuk badan kita menjadi bentuk digital dan berpindah kemana yang kita tuju. mungkin metaverse adalah langkah awalnya.

    BalasHapus
  5. Sedikit banyak jadi tahu tentang dunia virtual dari Mark ini. Mungkin dibalik dampak positifnya, tentu ada dampak negatifnya yang ga boleh dikesampingkan. Semisal dengan adanya dunia 'baru' ini kemungkinan besar pola sosial kita cenderung menjadi kurang acuh, dan fokus diri sendiri dan sebagainya. Boleh dibahas juga dampak sosialnya Kak.

    BalasHapus
  6. Yah memang kita harus siap deh dengan plus minus perkembangan teknologi. Hah? udah ada tanah virtual semehong itu WOW!

    BalasHapus
  7. Antara ngeri dan takjub sih sama perkembangan dunia teknologi zaman sekarang. Namun, kita harus siap agar tak dikontrol oleh teknologi

    BalasHapus
  8. Metaverse sedang naik daun, dan yang pastinya dampak baik seperti terasa "berpindah tempat" memang benar adanya. Kaya konser justin bieber, yang berasa pindah tempat dari tempat ia mengadakan konser. Keren pokoknya metaverse.

    BalasHapus
  9. Agak gimanaa gitu, kalau dapat menukarkan mata uang kripto dengan tanah atau bangunan virtual lain. Semua jadinya serba virtual ya?

    BalasHapus
  10. kalau aku setuju sihh ini tuh ngga semerta merta kita cap buruk atau jelek. karena emang harus dipelajari bener2 dulu ya sblm deniall

    BalasHapus
  11. By the way, pakai metaberse kerrn juga ya. Bisa berpindah dengan cepat kemana pun kita mau

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel