-->

7 Tips Berkarir Sebagai Caster Esport Profesional

Dalam suatu pertandingan esport tak seru jika tanpa adanya komentator atau bisa juga kita sebut dengan istilah caster. Pertandingan akan berjalan dengan seru dan tak hanya itu saja, caster yang baik pasti akan memberikan ilmu yang mereka miliki saat mendampingi kita melihat jalnnya pertandingan. 

Menarik bukan? Kenapa gak coba aja jadi caster esport? Buat kalian yang suka main game. Eh, tapi gak hanya untuk kalian yang suka game saja sih. 

Jika memiliki bakat untuk berbicara atau banyak omong, bisa juga kok jadi caster hehe… tapi perlu diingat untuk jadi caster juga perlu pengalaman dan pengetahuan tentang apa yang dibawakan. 

Kenapa tidak mencobanya jika memang bakat kamu banyak omong wkwk, tentu dengan omongan yang jelas ya…

Pengertian

Apa sih caster itu? Kan sudah dibilang diawal mereka adalah komentator jalnnya pertandingan. Yah untuk lebih jelasnya caster adalah profesi yang menggambarkan setiap situasi yang ada pada saat jalnnya pertandingan dengan pembawaan melalui lisan dengan data dan informasi. 

Yang tentunya harus akurat meski juga dapat diselingi dengan hiburan dan guyonan seperti kebanyakan caster-caster turnamen seperti Mobile Legends, PUBG, Free Fire maupun yang lain.

Tips menjadi caster esport profesional

1. Mengerti dunia game

Tentu saja menjadi hal wajib bagi seorang caster esport untuk mengetahui tentang game apa yang sedang mereka kawal. Perkembangan dan kosakata tentang game tersebut haruslah disampaikan secara jelas dan benar berdasarkan fakta atau opini yang kuat. 

Peraturan dan nama-nama player yang sedang bermain. Bahkan kalau bisa sampai data diri dari player itu juga harus diketahui loh… ribet? Tapi kalau memang passion sih ga ada kata ribet. Semua dijalani dengan senang hati apalagi seorang caster juga dibayar pakai uang bukan daun. 

2. Percaya diri

Apa jadinya jika kalian tampil dalam sebuah panggung besar namun malah gugup? Yah ga profesional dong namanya. Percaya diri menjadi salah satu kunci utama dalam seni berbicara. 

Melatih percaya diri juga tak mudah. Membiasakan diri tampil dan berbicara di depan khalayak ramai juga menjadi salah satu cara. 

Percaya diri saja tidak cukup, butuh pengetahuan tentang bidang yang didalami juga saat berbicara. Apalagi kalau berprofesi sebagai seorang caster.

3. Lancar dalam pelafalan berbicara

Nah, percaya diri dulu, pasti ngomongnya akan lancar. Kelancaran pelafalan sebenarnya dipengaruhi pengalaman atau juga kebiasaan dan lingkungan orang itu sendiri. 

Dalam profesi caster ini kelancaran pelafalan bisa diartikan seperti poin 1 dan 2. Yaitu harus mengerti apa yang dibahas dan wajib percaya diri.

4. Mengerti dunia teknologi

Menjadi hal wajib untuk dilakukan oleh semua orang yang ingin masuk dalam industri esport. Apa jadinya jika bekerja dalam pekerjaan yang setiap harinya berkecimpung di dunia hiburan online yang terkait akan teknologi, tapi kalian gagap teknologi? Mari kita dalami semua ilmu ini selagi bemanfaat dan tak ada unsur keburukan.

5. Sharing dengan caster lain

Sebagai seorang caster yang profesional pun tak luput akan kesalahan. Itulah kenapa terkadang di setiap pertandingan ditampilkan 2 atau 3 caster. Agar bisa saling berbagi ilmu dan mengingatkan apabila ada kesalahan. 

6. Tampil unik dan beda

Seperti salah satu quotes yang saya sukai dari Seorang Pandji Pragiwaksono yang dikutip dari buku karya Seth Godin yang berjudul “Purple Cow” yaitu “Sedikit lebih beda, lebih baik daripada sedikit lebih baik.” 

Karena dengan tampil berbeda dan unik, kalian akan lebih mudah muncul ke permukaan. Jika orang lain dapat menjadi lebih baik. 

Kalian bisa tampil sedikit lebih beda. Tentu jangan melebihi batasan juga. Kalian dapat menjadi caster dengan slogan-slogan khas atau pakaian yang unik dll. Agar mudah dikenal orang lain.

7. Menambah jam terbang

Jangan cepat merasa puas, meski digaji sedikit pun jika memang kalian menikmati profesi ini. Maka tak ada salahnya untuk menambah pengetahuan dan wawasan lebih banyak lagi. 

Dengan begitu kalian akan menjadi caster yang profesional dan dapat banyak job, bersabar saja.


Itulah sekilas mengenai profesi dalam industri esport. Juga termasuk tips dan opini saya sebagai penulis artikel. Semoga dapat membantu.

Silahkan share artikel ini jika menarik dan tinggalkan kritik ataupun saran di kolom komentar.

Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

17 Komentar untuk "7 Tips Berkarir Sebagai Caster Esport Profesional"

  1. Memang tidak bisa dipungkiri sekarang ini caster esport jadi salah satu peluang kerja yang lumanyan menjanjikan. Dan bener kata admin, kalau harus mempunyai skill berbicara dan jam terbang agar ketika pembawaannya caster bisa terus menginformasikan keadaan pertandingan esport yang sedang berlangsung dan bahkan pernah liat mereka itu tanpa jeda, saling lempar satu sama lain agar penonton betah menonton.

    BalasHapus
  2. Saya kira tipsnya sudah lengkap sekali mas, skill berbicara jadi yang terpenting...

    BalasHapus
  3. Sepi dan garing sekali turnamen tanpa caster. Kalau mau jadi caster berarti kita harus nunggu ada audisi dulu ya?

    BalasHapus
  4. iya sih, yg jadi caster harus jago mencairkan suasana, punya wawasan luas juga tentang esport

    BalasHapus
  5. Ternyata untuk menjadi komentator tidak semudah orang mengatakan "hanya pandai komentar saja"

    BalasHapus
  6. Kirain jadi caster itu bisanya cuma ngomentarin aja🤣 ternyata harus paham betul pola gamenya

    BalasHapus
  7. Mantepp banget ini kelak jadi cita-cita nih atlet esport ini haha. udahlah mainnya nyenengin, dapat duit lagi yaa kan

    BalasHapus
  8. Satu hal yang paling susah jadi caster itu improvisasinya. Tapi kalau paham tema yang dibawain, dan banyak latihan bisa juga. 😊

    BalasHapus
  9. Jadi inget temen saya yg suka banget main Pes ngoceh2 depan layar. Tapi emang hobinya ngoceh dan paham sama permainan nya haha udah cocok jadi caster.

    Dari hal sesederhana ngoceh aja bisa earn ya asalkan suka dan bisa :D

    BalasHapus
  10. Nah iya, kalau lihat pertandingan tanpa caster kayaknya kok garing ya hahaha.

    Gak mudah untuk bisa jadi seorang caster ya, karena selain harus pintar ngomong, memilih diksi yang tepat juga harus banyak wawasan

    BalasHapus
  11. Saya rasa profesi ini akan semakin cemerlang di masa depan

    BalasHapus
  12. Setuju kak, bahkan bukan hanya untuk menjadi Caster sih.. Untuk posisi lain juga kalau belum mencobanya, maka omongannya kayak ga ada ruhnya gitu. Pendengar jasi kurang gregey. Setuju sama tulisan kakak.

    BalasHapus
  13. Ternyata komentar itu istilahnya caster ya kalo di dunia ini, aku baru tahu loh

    BalasHapus
  14. Kayanya adek saya cocok nih jadi caster, doi mah ngerti banget tentang game dan udah lah PD abis. Ini salah satu profesi yang menjanjikan juga di masa depan ya.

    BalasHapus
  15. Nambah pengetahuan aku tentang caster esport. Biasanya cuma denger komentar jalannya pertandingan olahraga yang umum ditayangin di tv.. Jadi penasaran pengen denger komentar dari caster esport karena selama ini belum pernah nonton pertandingan esport..

    BalasHapus
  16. harus saya share dengan saudara saya niy soal ini, biar dia makin semangat belajarnya, karena pengen menjadi caster katanya

    BalasHapus
  17. bisa jadi profesi baru nih dimana kita main game seneng2 tapi bs mencukupi kebutuhan keluarga

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel