-->

Apa Itu Brand Ambassador Esport?

Apa itu brand ambassador esport? Sebenarnya profesi ini sudah banyak yang tahu dan menjadi salah satu pekerjaan yang menarik. Dalam industri esport juga mempunyai bidang pekerjaan ini. 

Windah Basudara Brand Ambassador RRQ
sumber: YouTube Channel Team RRQ

Meski tidak se-populer menjadi seorang professional player. Namun tugas dari seorang brand ambassador juga cukup penting. Meski bukan suatu pekerjaan yang wajib ada di suatu tim esport. 

Pekerjaan ini akan menjadi salah satu kunci untuk menarik orang-orang untuk agar dapat tertarik dengan tim yang mereka dukung. 

Namun, beberapa brand ambassador biasanya berasal dari kalangan yang sudah terkenal seperti streamer, youtuber, selebgram bahkan artis televisi.

Pengertian Brand Ambassador

Brand ambassador bisa dibilang merupakan suatu profesi yang bertugas untuk melakukan suatu promosi tentang brand atau suatu produk kepada orang lain dengan tujuan untuk memberikan ketertarikan dan meningkatkan penjualan. 

Biasanya brand ambassador memiliki kontrak yang digunakan sebagai acuan untuk melakukan promosi sampai waktu yang ditentukan. Menjadi brand ambassador juga bukan suatu pekerjaan yang mudah didapat. 

Mereka yang menjadi BA (Brand Ambassador) biasanya memiliki reputasi yang bagus di media sosial ataupun masyarakat. 

Dalam industri esport, seorang brand ambassador tentu harus memiliki pengetahuan dan wawasan tentang esport dan juga dunia teknologi

Tugas dan Tujuan 

Seperti yang sudah diketahui dari pengertian yang sudah dijelaskan tadi. Seorang brand ambassador biasanya bertugas untuk melakukan promosi. 

Namun tidak hanya itu saja berikut beberapa tugas yang bisa mereka jalankan;

1. Mendekatkan diri ke pelanggan atau penggemar

Sudah menjadi hal yang dasar untuk seorang brand ambassador bersikap ramah dan professional kepada para pelangan atau penggemar. 

Apalagi dalam industri esport dimana rata-rata peminatnya adalah anak muda. Maka para brand ambassador ini haruslah mengetahui apa yang sedang menjadi suatu trending atau kebiasaan dari anak muda. 

Maka para brand ambassador juga rata-rata adalah para anak muda juga. Apalagi rata-rata penikmat esport adalah para lelaki. Tentu pemilihan brand ambassador biasanya menggunakan para content creator, artis, selebgram yang berparas cantik dan terkenal. 

Namun ada juga brand ambassador yang menggunakan jasa salah satu streamer YouTube yang cukup terkenal seperti Windah Basudara yang menjadi BA tim RRQ. Karena keunikannya dalam melakukan streaming. 

Windah basudara pun menjadi sangat digemari anak-anak muda. Jadi, selain berpenampilan menarik, setidaknya kalian juga harus dapat tampil unik dan beda agar dapat dilihat oleh orang lain. 

Seperti salah satu quotes favorit saya yang saya dengar dari Pandji Pragiwaksono yang dikutip dari buku Purple Cow karya Seth Godin yaitu “Sedikit lebih beda, lebih baik daripada sedikit lebih baik.” 

2. Menjaga reputasi

Menjaga reputasi menjadi hal wajib karena ini lah yang membuat suatu perusahaan menjadi ramai peminat atau sepi. 

Seorang brand ambassador akan melakukan hal-hal yang berbentuk kebaikan dan tidak boleh melakukan hal-hal yang dapat melanggar aturan. 

Karena seorang brand ambassador merupakan contoh dan bahkan disebut sebagai wajah suatu brand. 

Industri esport juga dapat dibilang industry yang baru berkembang. Jadi reputasi memang harus dijaga dan dipertahankan dengan sebaik-baiknya.

3. Memberikan review seputar produk atau perusahaan yang dinaungi

Review yang diberikan merupakan bentuk promosi untuk menarik peminat agar ingin mengetahui lebih dalam tentang brand yang sedang dipromosikan. 

Para brand ambassador biasanya melakukan promosi di media sosial mereka atau bisa melakukannya secara langsung seperti melakukan pertemuan dll. 

Di industry esport juga biasanya menggunakan media sosial tim itu sendiri untuk melakukan promosi dengan kolaborasi bersama brand ambassador mereka. 

Satu time sport bisa memiliki lebih dari 1 brand ambassador agar target promosi yang diberikan memiliki cakupan konsumen atau peminat yang banyak.

Penutup

Sikap yang seharusnya dimiliki oleh seorang brand ambassador yang terpenting adalah tanggung jawab. 

Karena dengan berbagai macam tugas yang telah diberikan seperti melakukan promosi, kerja sama, kreatif membuat konten dll. 

Seorang brand ambassador juga harus mengetahui visi dan misi suatu perusahaan tersebut.

Begitulah pekerjaan brand ambassador di bidang industry esport. Tak jauh beda dengan industry atau perusahaan lainnya. 

Silahkan share apabila bermanfaat dan tinggalkan komentar jika ada kritik atau saran. Sekian, Terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

15 Komentar untuk "Apa Itu Brand Ambassador Esport?"

  1. Di Indonesia sendiri esport udah gede banget kah? Hehe soalnya aku gapernah denger dan ngikutin hehe

    BalasHapus
  2. Esport semakin kesini memang semakin besar. sampai2 para perusahaan menanam saham disana hingga mensposori tim-tim yang berlaga.

    BalasHapus
  3. sekarang semua produk apapun itu pakai brand ambasador ya dimana ada peluang baru bagi untuk semua

    BalasHapus
  4. Skrg bukan cuma produk kosmetik yg pakai brand ambasador, e-sport juga rupanya gak mau kalah nih.

    BalasHapus
  5. Esport sekarang diakui sebagai cabang olahraga. Perusahaan besar pun sekarang mulai masif ngenalin e sport ini. Tp kak, ada nggak sih perusahaan anak negeri? Next time bisa dibahas itu kak.. 🤗

    BalasHapus
  6. Hanya player biasa bukan pro player bisa apa? Sudah banyak season sampai sekarang bermain Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) mentok di Epic, pernah naik ke Legend pun hanya 1 hari, kemudian turun lagi. Wkwk Epic abadi.

    Memang menjadi pro player itu bukanlah hal yang mudah dan hanya sebagian kecil saja yang mampu dan mendapatkan kesempatan seperti itu mas. Keren-keren artikelnya.

    BalasHapus
  7. menarik untuk tema brand ambassador ini..
    kalau untuk brand ambassador e-sport,saya baru tahu dari artikel ini..
    tapi kalau untuk brand ambassador untuk jenis produk lainnya yang bersifat fisik, saya pernah baca artikel yang mewawancarai si brand ambassador tersebut..
    Si brand ambassador ini tepatnya mewakili produk multivitamin..
    Salah satu hal yang diungkapkan dari si brand ambassador ini adalah selain bertugas mempromokan, memiliki reputasi yang baik, dan keunikan pribadi, seorang brand ambassador sebaiknya juga bisa menjalin relasi atau kedekatan yang baik dengan pemiliki brand..
    Karena menurut pengalaman pribadinya, hal tersebut terbukti membuat dirinya cukup lama bertahan menjadi brand ambassador produk tersebut..
    Buat saran, mungkin di kesempatan selanjutnya bisa ulas wawancara dengan salah satu brand e-sport..
    nice info!

    BalasHapus
  8. menarik untuk tema brand ambassador ini..
    kalau untuk brand ambassador e-sport,saya baru tahu dari artikel ini..
    tapi kalau untuk brand ambassador untuk jenis produk lainnya yang bersifat fisik, saya pernah baca artikel yang mewawancarai si brand ambassador tersebut..
    Si brand ambassador ini tepatnya mewakili produk multivitamin..
    Salah satu hal yang diungkapkan dari si brand ambassador ini adalah selain bertugas mempromokan, memiliki reputasi yang baik, dan keunikan pribadi, seorang brand ambassador sebaiknya juga bisa menjalin relasi atau kedekatan yang baik dengan pemiliki brand..
    Karena menurut pengalaman pribadinya, hal tersebut terbukti membuat dirinya cukup lama bertahan menjadi brand ambassador produk tersebut..
    Buat saran, mungkin di kesempatan selanjutnya bisa ulas wawancara dengan salah satu brand ambassador e-sport..
    nice info!

    BalasHapus
  9. Sepertinya kurleb sama ya dengan Brand Ambasador di olahraga lain. Intinya dipilihlah mereka-mereka yang memiliki daya tarik tersendiri seperti prestasi, jangkauan followers, paras yang menawan, dan lain sebagainya. Kalau Brand Ambasador di e-sport emang saya kurang familiar sih. Hehe.

    BalasHapus
  10. Seorang BA, memang diwajibkan utk memberikan review yg positif untuk brand yg mengontraknya. Selain itu juga waib menggunakan produk brand tersebut, bahkan ada beberapa brand yg melarang BA-nya menggunkan brand lain. Seperti personil BlackPink yg menolak mengabadikan gambar ketika fans-nya menggunakan ponsel brand lain karena dia menjadi BA dari ponsel keluaran Korea.

    BalasHapus
  11. Wahh mantep banget ini wkwkwk. BA-nya esport dari game apa nih? Apalagi sekarang esport menjamur bangett, peminatnya semua umurr. aweeett dah gamenya

    BalasHapus
  12. Pantesan seorang Brand ambassador itu biasanya emang diambil dari tokoh-tokoh yang famous. Karena tujuannya adalah promosi!

    BalasHapus
  13. e sport juga ada brand ambassadornya ya ternyata, gakterlalu dekat dengan dunia e sport ini, main game paling zuma hihi

    BalasHapus
  14. Sekarabg dunia brand ambassador sangat berkembang. Produk apapun itu rata2 punya BA. Dan ini juga jadi peluan buat kita, siapa tau cocok jadi BA esport ini.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel