-->

Apa Itu Game Battle Royale? Inilah Sejarah Singkat dan Perkembangannya

Salah satu genre game yang paling diminati saat ini adalah battle royale. Berbeda dengan game lain seperti MOBA dan RPG. Battle royale memiliki keunikan tersendiri dalam segi peraturan bermain. 

Game Battle Royale adalah game dengan peraturan yang mengharuskan setiap pemain untuk bertahan hingga akhir dalam suatu medan pertempuran, keseruan dan ketegangan pun menyatu dalam permainan ini. Hal tersebut membuat game dengan genre battle royale ramai sekali peminatnya. Bahkan dari kalangan anak kecil hingga dewasa. 

Game ini terinspirasi dari salah satu film dari Jepang yang berjudul “Battle Royale” yang juga menyajikan tema seperti yang ada di game. Dalam game Battle Royale, para pemain diharuskan mencari peralata seadanya setelah terjun dari pesawat atau transportasi terbang lain untuk bertarung dan bertahan hidup untuk mengeliminasi lawan dan bertahan dari zona yang menyusup. Dan yang bertahan paling akhir merupakan sang pemenang.

Tidak tanggung-tangung, jumlah player yang dimainkan dalam permainan battle royale ada yang mencapai 100 orang yang memperebutkan tempat terakhir untuk bertahan hidup dengan cara saling serang satu sama lain. 

Akan tetapi tidak hanya untuk pertarungan individu, di beberapa game battle royale juga memiliki fitur untuk bermain duo atau tim yang biasanya berjumlah 4 orang. Nah, oleh sebab inilah diadakannya beberapa turnamen esport dengan genre battle royale. 

Tidak kalah saing dengan game MOBA, game battle royale juga berkembang dengan pesat. Tak hanya di Indonesia saja, battle royal sudah ramai peminat di seluruh penjuru dunia. 

Game battle royale sendiri awal mula memang hanya dimainkan di PC, namun sekarang dapat kalian mainkan di perangkat mobile. Beberapa game battle royale yang dapat kalian mainkan di PC atau smartphone kalian adalah sebagai berikut :

1. PUBG (Player Unknowns Battlegrounds)

2. Fortnite

3. Free Fire

4. Rules of Survival 

5. Knives Out

Dalam game battle royale, map yang ditampilkan juga bervariatif, ada yang bertema pegunungan, perkotaan, pedesaan, gurun, salju dll.

Pada tahun 2017 dan 2018 dua game yang merupakan game dengan genre battle royale yang paling populer saat ini yaitu PUBG (Player Unknowns Battlegrounds) dan Fortnite mulai berkembang. Game PUBG pertama kali dirilis untuk Microsoft Windows yang melalui program akses early beta steam pada tahun 2017. PUBG (Player Unknowns Battleground) dibuat oleh Brendan Greene dengan nama awal game nya yaitu In Game Nickname (IGN) “PlayerUnknown”. Sedangkan untuk game Fortnite dipublish oleh pihak Epic games dan juga dikembangkan oleh Farga Corporation. 

Meski gameplay yang dimainkan hampir sama, terdapat banyak perbedaan yang ada pada kedua game ini seperti senjata, map, tampilan dll. Kesuksesan game battle royale di PC membuat para peminat yang semakin bertambah. 

Dan dengan semakin berkembangnya teknologi, para pecinta game yang lebih senang menggunakan perangkat mobile karena lebih efisien dan mudah dimainkan membuat game PUBG mengeluarkan versi mobile nya selang kurang lebih setahun setelah kepopuleran dari PUBG. 

Bluehole akhirnya bekerja sama untuk membuat game PUBG versi mobile dengan menggaet kerja sama dengan Tencent dan menjadikan PUBG (Player Unknowns Battleground) menjadi game paling diminati dan terfavorit saat ini. 

Tak hanya dua game ini saja, tak lama setelah kepopuleran dua game ini, muncul beberapa pesaing yang juga memiliki genre sama seperti Free Fire, Apex Legends, Creative Destruction dll. Beberapa turnamen battle royale pun telah diadakan bahkan di tingkat dunia. Hadiah yang diberi juga tak tanggung-tanggung, dari jutaan hingga milyaran uang siap menyambut sang pemenang.

Beberapa kontroversi juga muncul mengenai plagiarism ide dari pembuatan dan cara bermain yang ditampilkan. Bahkan dari luar seperti masalah hukum yang berlaku untuk permainan sejenis battle royale ini.

Meski banyak terjadi kontroversi tentang jenis game satu ini, menurut pendapat saya, langkah terbaik kita adalah melakukan sosialisasi kepada anak-anak yang masih dibawah umur dan untuk beberapa orang yang terlalu fanatik agar tidak berlebihan dalam bermain game ini. 

Karena memang dasar nya yang berlebihan itu tidak baik. Selalu ingat waktu dan jangan sampai terbawa suasana dalam bermain game.

Itulah yang dapat saya sampaikan dalam artikel ini mengenai game Battle Royale, semoga bermanfaat dan menambah wawasan, silahkan share apabila membantu dan tinggalkan komentar apabila ada kritik dan saran. 

Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

Belum ada Komentar untuk " Apa Itu Game Battle Royale? Inilah Sejarah Singkat dan Perkembangannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel