-->

Apa Itu Game Console?

Mungkin akhir-akhir ini kita sering mendengar tentang beberapa game yang sering dimainkan. Dan beberapa game ini biasanya dimainkan di PC atau perangkat mobile. Namun ada juga jenis game lain yang menggunakan platform yang berbeda yaitu game Console. 

Game Console sendiri sebenarnya memiliki pengguna atau penggemar yang tak kalah banyak dari game lainnya. Hanya saja game dengan menggunakan platform PC dan mobile sepertinya lebih efisien dan hemat uang maupun waktu. 

Game console adalah mesin atau alat elektronik yang dapat memainkan game secara langsung karena memang tujuan pembuatan hanya untuk suatu permainan. Untuk perangkat yang digunakan juga bisa bermacam-macam bisa berupa monitor, Tv maupun komputer. Game console memiliki alat yang digunakan untuk mengontrol jalannya permainan. Alat itu dinamakan joystick.

Game console tidak menggunakan CPU dan sistem operasi yang sama seperti di komputer. Setiap konsol berada dibawah produsen masing-masing dan pengembangan software yang dijalankan juga menyesuaikan kemampuan. Dan beberapa game console juga ada yang mengeluarkan versi PC.

Ada beberapa jenis console yang masih populer hingga saat ini yaitu Play Station, Microsoft Xbox dan ada juga Nintendo. Namun Playa Station lah yang paling banyak digunakan oleh para anak muda bahkan hingga para orang dewasa.

Play Station

Play Station pertama kali di produksi oleh sony sekitar tahun 1990. Play station diluncurkan juga di beberapa tempat seperti :

- Jepang pada 3 Desember tahun 1994

- Amerika Serikat pada 9 September tahun 1995

- Eropa pada 29 September tahun 1995

Sampai saat ini pun Play Station masih memiliki banyak penggemar. Dan untuk keluaran Play Station terbaru yaitu Play Station 5 mendapat banyak respon positif dari para penggemar. Bahkan banyak orang yang langsung berbondong-bndong untuk melakukan pre order saat Play Station 5 ini akan rilis

Beberapa Play Station yang telah dikeluarkan Sony dari dulu hingga saat ini adalah:

 - Play Station 1 (PS 1) diperkenalkan pada tanggal 3 Desember 1994

 - Play Station 2 (PS 2) dirilis pada tanggal 4 Maret 2000

 - Play Station 3 (PS 3) dirilis pada tanggal 11 Desember 2006

 - Play Station 4 (PS 4) dirilis pada tanggal 15 November 2013

 - Play Station 5 (PS 5) dirilis pada tanggal 19 Novmber 2020


Xbox

Xbox untuk pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001 di beberapa tempat seperti :

- Amerika Serikat pada 15 November 2001

- Jepang pada 22 Februari 2002

- Eropa dan Australia pada 14 Maret 2002

Dan pada 12 Mei 2005 secara resmi diperkenalkan oleh Microsoft. Xbox 360 menjadi game console yang memiliki durasi cukup lama yaitu 10 tahun.

Beberapa generasi Xbox 360 yaitu sebagai berikut:

 - Xbox 360 Premium Edition (20 GB) dari 2005 hingga 2008

 - Xbox 360 Core Edition dari 2005 hingga 2007

 - Xbox 360 Premium Edition (60 GB) dari 2008 hingga 2009

 - Xbox 360 Arcade Edition 2007 hingga 2010

 - Xbox 360 Elite Edition dari 2007 hingga 2010

 - Xbox 360 S version dirilis pada 2010

 - Xbox 360 E Version dirilis pada 2013


Nintendo

Nintendo awalnya adalah sebuah perusahaan kartu lalu menjadi suatu perusahaan mainan yang akhirnya berkembang menjadi suatu perusahaan video game. Fusajiro Yamauchi merupakan pendiri perusahaan ini dan memiliki kantor pusat di Kyoto Jepang.

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan, silahkan share apabila menarik dan tinggalkan komentar apabila ada kritik atau saran. 

Sekian, terima kasih.
Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

8 Komentar untuk "Apa Itu Game Console?"

  1. Diantara game console yang beredar di masyarakat, memang sepertinya play station paling banyak disukai dan paling banyak digunakan oleh masyarakat penggemar game

    BalasHapus
  2. Kalau ngomong game jadi inget sega. Hehehe.. yang bertahan dan berinovasi sampai sekarang ya nitendo dan PS. Kalau Xbox ini bisa dibilang cukup baru ya kak. Anyway, gimana kabar sega sekarang ya? Masih kah jadi game console ya?

    BalasHapus
  3. Iya bener kalo inget game console jadi inget sega sama spica wkkwkw seru mainnya

    BalasHapus
  4. Kalo ngomongin ini jadi inget masa kecil. Pernah ya cuma main game yg di PS. Sampe gak sadar kalau udah sampe PS 5 hoho. Soalnya skrg udah gak ngikutin perkembangan PS dan gak pernah main lagi. Versi Xbox dan Nintendo, aku belom pernah mainkannya hoho.

    BalasHapus
  5. Tidak ada yang menandingi vibes game gonsole PS 2. Mulai dari rentalan hingga punya sendiri, kenangan itu gakkan terlupakan..
    wkwkw

    BalasHapus
  6. Jujur aku baru paham istilah game console setelah baca ini. Dulu cuma ikut-ikutan kakak sepupu aja kalo lagi main game

    BalasHapus
  7. Wah perlu aku kirim nih linknya buat ponakanku biar dia tahu kalau ada game sejenis ini

    BalasHapus
  8. Terakhir punya PlayStation itu PS2, itu pun yang main cuma paksu. Kalaupun saya main PS, genre permainannya petualangan atau tarung yang tokohnya kartun, kayak one piece atau Naruto. Semenjak punya anak game-nya jadilah game education, hehehe

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel