-->

Apa Itu Game FPS? Perbedaannya dengan Game Battle Royale

Game FPS

Bermain game merupakan salah satu kegiatan untuk menghilangkan penat dan sebagai sarana mencari kesenangan. Namun tak banyak orang yang malah depresi gara-gara main game nih, hehe….

Banyak game yang menampilkan bermacam-macam jenis dan variasi permainan yang ditampilkan. Salah satunya adalah game dengan genre FPS. 

Mungkin ini salah satu jenis game bagi kalian yang suka adegan tembak-menembak dan sensasi peperangan.

Nah, mari kita mengenal istilah FPS itu sendiri. Jangan hanya sekedar tahu, jika ada waktu bukankah lebih baik untuk mengerti…

Apa itu Game FPS?

Game FPS merupakan satu dari sekian banyak genre game yang dimainkan secara online baik di mobile maupun PC. FPS merupakan singkatan dari First Person Shooter yang berarti penembak orang pertama. 

Game ini menampilkan sudut pandang pertama untuk karakter yang dimainkan. Hal ini lah yang menciptakan keseruan bagi para pemain yaitu sensasi ketegangan dan kepanikan. 

Dalam game FPS yang bisa dibilang game yang mengandalkan senjata api atau tembak menembak. Kalian juga dapat menggunakan senjata jarak dekat atau senjata melee seperti pisau hingga pedang. 

Perbedaan FPS dengan TPS

Semakin berkembangnya jenis game ini, sudah ada game yang menggunakan sudut pandang orang ketiga atau bisa disebut TPS (Third Person Shooter). 

TPS menampilkan tampilan yang berbeda dengan FPS. FPS menampilkan sudut pandang dari mata karakter secara langsung. 

Sedangkan untuk TPS akan menampilkan semua badan dari karakter mulai dari kaki hingga kepala.

Sejarah FPS

Maze War dan Spasim merupakan game FPS pertama yang pernah diluncurkan. Dalam game Maze War ini menampilkan karakter yang berjalan dan dapat melihat area sekitar yang menjadi ciri game FPS.

Spasim sendiri agak berbeda dengan Maze War dan game FPS masa kini. Game Spasim adalah game space flight simulator yang hanya dapat menggerakkan karakternya  dengan putaran sudut 90 derajat, mirip bidak papan catur yang berpindah dari 1 kotak ke kotak lainnya.

Game Wolfenstein pada tahun 1992 menjadi salah satu game 3d dengan genre FPS yang terkenal dan menjadi contoh desain untuk beberapa game FPS zaman sekarang ini. 

Pada tahun 1993 dirilis game Doom yang meneruskan dan memperbaiki beberapa kesalahan dari game sebelumnya. Dan juga memberikan berbagai variasi permainan. 

Selanjutnya semakin berkembang diluncurkan juga game Quake pada tahun 1996 oleh id Software dengan playstyle yang juga diterapkan sekarang untuk game FPS modern. Game ini juga tak kalah dari Doom.

Tujuan permainan

Setiap game tentu saja memiliki tujuan yang harus dicapai untuk memperoleh kemenangan. Tujuan dari game FPS adalah untuk mengeliminasi musuh untuk dapat mencapai level atau stage selanjutnya. 

Untuk beberapa game FPS juga bisa menampilkan tipe permainan lain seperti menyelesaikan puzzle atau menjelajah map dan tak harus tembak menembak layaknya peperangan. Atau juga bertujuan untuk memenangkan duel dalam satu pertandingan antar tim. 

Karena FPS sebenarnya adalah tipe permainan yang menampilkan tampilan yang telah ditentukan. Hanya saja untuk peraturan permainannya memang ada yang berbeda-beda.

Game FPS Modern

Beberapa contoh game FPS yang sering dimainkan sekarang adalah

1. Valorant

2. PUBG

3. Counter Strike

4. Point Blank

5. Overwatch

6. Apex Legends

7. Call Of Duty

8. Critical Ops

9. Modern Combat

10. Free Fire

Dan masih banyak lagi...

Perbedaanya dengan game battle royale

Bisa dibilang kalau kedua jenis game ini hanya berbeda aturan saja menurut saya, karena game battle royale juga menampilkan tampilan FPS dan juga TPS. Seperti PUBG, Free fire, Fortnite dan yang lain. 

Hanya saja untuk game battle royale memiliki batasan untuk bertahan hidup. Mungkin itu saja, karena game ini juga memiliki dasar permainan yang sama yaitu peperangan. Hanya saja aturan yang membedakan.


Itulah beberapa kesimpulan dan rangkuman yang dapat saya sampaikan. Semoga membantu kalian dan menambah wawasan. 

Dan selalu ingat untuk bermain game secukupnya saja, selalu ingat waktu dan batasan. Jangan sampai kecanduan yang berujung kerugian. 

Kalian dapat share artikel ini jika menarik dan tinggalkan komentar jika ada kritik atau saran yang ingin disampaikan. 

Sekian, Terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Game FPS? Perbedaannya dengan Game Battle Royale"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel