-->

Apa itu Metaverse? Inilah 3 Contoh Game Mirip dengan Konsep Metaverse

Mengenal Metaverse

Semakin berkembangnya teknologi, komunikasi dan informasi membuat kita semua semakin mudah menjalani kehidupan sehari-hari. Karena tujuan dari perkembangan hal-hal tersebut memang untuk memudahkan setiap pekerjaan. 

Coba saja nanti kalian bayangkan sekitar 50 sampai 100 yang akan datang, pastilah hidup ini akan terasa semakin mudah. Apakah bagus? Atau malah berbahaya? Dimana kita hanya akan bermalas-malasan. 

Yah, belum ada yang bisa memprediksi pasti. Setidaknya semua persiapan untuk teknologi masa depan sudah dirancang dan juga disiapkan mulai saat ini. 

Seperti contohnya adalah adanya Metaverse yang sedang menjadi perbincangan dikalangan masyarakat saat ini. Kenapa ada harus ada metaverse? Apa itu metaverse?

Pengertian Metaverse 

Metaverse atau juga bisa disebut meta semesta, dari Wikipedia metaverse bisa disebut sebagai suatu bagian internet dari realitas virtual yang dibuat secara nyata atau hampir mirip dengan kehidupan di alam semesta yang sebenarnya. 

Dan dalam arti yang lebih luas, sepertinya metaverse bukan hanya suatu pengertian untuk kehidupan yang tidak hanya dioperasikan oleh pihak atau perusahaan media sosial. 

Namun dapat di realisasikan secara bersama dengan menggabungkan teknologi dunia dua dimensi dengan tiga dimensi ke dalam lingkungan nyata tiga dimensi dan diproyeksikan benda maya tersebut ke dalam waktu nyata. Atau bisa disebut realitas bertambah atau augmented reality (AR).

Sejarah adanya metaverse

Dalam sejarahnya, orang pertama yang mengenalkan istilah dari metaverse ini adalah Neal Sthepenson. Dalam novelnya yang berjudul Snow Crash pada tahun 1992. Istilah metaverse ini merujuk pada pengertian dunia virtual 3 dimensi yang dihuni oleh avatar yang berupa orang sungguhan. 

Menurut Mark Zuckerberg sendiri, metaverse bisa berarti dunia yang dapat dimasuki dan tak hanya dilihat dari layar saja. dan pada beberapa tahun sekarang ini dan yang akan datang nanti, pihak facebook yang telah mengubah namanya menjadi Meta, akan mencoba merealisasikan dunia virtual yang tak hanya sekedar penglihatan yang ditampilkan, namun juga pengalaman didalamnya. 

Tujuan dibuatnya metaverse

Sebenarnya sudah ada beberapa game yang menerapkan konsep dunia virtual kali ini. Namun eperti yang diketahui bahwa perbedaan game yang dibuat oleh beberapa developer, menjadikan satu game dengan yang lain tak bisa saling terhubung. 

Karena perbedaan karakter, latar tempat dan jenis mempengaruhi mini metaverse yang ada. Sedangkan metaverse yang dikemudian hari diperkirakan akan muncul merupakan gabungan atau bahkan satu dunia dimana kita dapat hidup secara nyata tanpa adanya batasan untuk berpindah tempat semesta yang tak beda layaknya dunia game. 

Bentuk utuh dari tiruan semesta selama ini. Dimana didalam metaverse nanti juga terdapat mata uang, tempat-tempat umum maupun penting dan juga kalian dapat berpindah secara mudah dari satu tempat ke tempat lainnya. 

Dimana tujuan yang tidak bisa kalian capai di dunia nyata bisa saja kalian capai di metaverse ini, inilah hal menarik yang dapat menimbulkan dampak positif atau negatif dari manusia nanti.

Game bertemakan metaverse

Selain bentuk game yang akan saya tunjukkan dibawah, ada beberpa game yang memang bahkan sudah memakai alat tesendiri untuk masuk dunia game. 

Namun beberapa contoh game berikut bisa dibilang memilki gambaran untuk dunia virtual yang nantinya akan direalisasikan dalam bentuk metaverse paling sederhana dan biasa atau setidaknya pernah kalian mainkan adalah sebagai berikut:

1. Minecraft dan Roblox

Dua game ini menampilkan dunia virtual yang hampir tak terbatas. Kalian dapat melakukan apa saja dalam dunia game tersebut. 

Seperti menambang dan membangun. Dunia yang dapat kalian bangun sendiri dan juga dengan rintangan-rintangan yang harus dihadapi. Dan tentu saja game ini hanya menampilkan tayangan penglihatan tanpa pengalaman nyata.

2. GTA

Game yang selama ini kalian mainkan bahkan dari kecil ini merupakan salah satu contoh metaverse. Game real life action seperti GTA merupakan game yang paling realistis meggambarkan suatu tempat bahkan manusia dalam permainannya. 

Ada banyak lagi game selain GTA, namun siapa yang tak kenal game satu ini, dimana kalian dapat melakukan sesuatu tanpa adanya batasan kecuali saat waktu billing habis hehe. Tentu ada batasan untuk kita yang tak dapat merasakan kegiatan yang dilakukan dalam game real life action layaknya GTA ini.

3. Beberapa game battle royale dan FPS

Game dengan tema perang dan tembah menembak seperti PUBG, Fortnite, Valorant, Call Of Duty dan masih banyak lagi. 

Merupakan salah satu contoh kecil dari metaverse yang ada selama ini hanya saja tak seluas yang diperkirakan dan akan diselenggarakan nantinya. 

Dalam game semacam ini kalian pasti merasakan ketegangan dan kepuasan ketika menang bukan? Hampir seperti itulah bayangan nantinya hal yang dapat dirasakan dalam realisasi metaverse.


Itulah beberapa penjelasan yang dapat penulis pahami dan dari beberapa referensi juga termasuk melalui salah satu podcast Deddy Corbuzier yang mengundang Dr Indrawan Nugroho dan membahas sedikit tentang metaverse. 

Apabila ada kesalahpahaman yang terjadi, kalian dapat meninggalkan kritik dan saran di kolom komentar dibawah. Dan juga silahkan share apabila bermanfaat.

Sekian, terima kasih.




Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

9 Komentar untuk "Apa itu Metaverse? Inilah 3 Contoh Game Mirip dengan Konsep Metaverse"

  1. Lagi booming banget emang ya pembahasan metaverse ini di masyarakat.
    Isn't imposible, soon apa yang menjadi wacana dari metaverse bisa menjadi nyata, beberapa indikasinya sudah nampak, seperti sudah kenalnya kita dengan augmented reality (AR)

    BalasHapus
  2. jujur aku masih nggak bisa ngebayangin gimana kehidupan sosial kita kalo metaverse ini beneran direalisasikan di kehidupan sehari-hari kita 😶
    rada serem. apalagi yang ansos makin ansos *kayak aku 😆
    meski di sisi lain banyak kemudahan juga sih

    BalasHapus
  3. Aku cuma bisa bilang "nggak ada yang tidak mungkin kalau manusia sudah punya ambisi." Hehehe..
    Metaverse ini justru menkonkritkan sesuatu yang abstrak kaya dunia virtual. 😊

    BalasHapus
  4. Izin nambahin.. games the sims favorit saya, juga bisa dimasukkin ke dalam contoh games metaverse dong ya ? :D

    BalasHapus
  5. Ternyata tanpa sadar udah banyak ya permainan atau game metaverse ini disekitar kita. Mungkin nanti kalau kedepannya semakin luas yang paling berbahaya itu kehidupan sosial sih, semua orang mungkin berinteraksi hanya lewat game tapi lupa dengan dunia nyatanya

    BalasHapus
  6. Metaverse, kata-kata yang sedang booming di dunia teknologi, terutama di dalam game. Konsep game seperti ini memang tidak pernah membosankan.

    BalasHapus
  7. Mau menciptakan dunia virtual seperti game di Anime Sword Art Online. sangat mengerikan sekali perkembangan teknologi ini ya..

    BalasHapus
  8. Semakin berkembang zaman teknologi pun semakin berkembang pasti nya ya. Positif negati mungkin akan berdampingan jg tinggal kita nya lagi sih ya kak pintar2 memanfaatkannya. Semoga sih banyak u/hal2 positif saja ya

    BalasHapus
  9. Mila mah baru tau kak, Jarang buka dan main sama dunia game. Tapi cukup informatif artikel ini. Terima kasih kak. Tentu setiap aplikasi game ada kelebihan dan kekurangannya ya

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel