-->

Game Catur Online Bisa Jadi Esport?


Beberapa hari yang lalu saya melihat salah satu postingan di Instagram dari @pialapresidenesport yang menampilkan 4 pemenang dari open qualifier event dari Piala Presiden Esport 2021 – Speed Chess. Piala Presiden Esport merupakan salah satu turnamen esport bergengsi di Indonesia untuk bermacam-macam jenis game online. 

Saya baru menyadari ternyata salah satu permainan dan cabang olahraga catur pun juga sudah ada kompetisi esport nya. Dan yang membuat saya tertarik adalah peserta nya yang bukan saja anak muda tetapi ada yang sudah menjadi bapak-bapak. “Wah ternyata bapak-bapak sekarang level bermain caturnya sudah berada di tingkat lanjut, yang dulunya biasa bermain di pos kamling, sekarang bermain secara online bahkan ikut turnamen.” Begitulah yang saya pikirkan. 

Dalam artikel ini saya ingin menunjukkan bagaimana bisa game catur online dengan perkembangannya bisa menjadi suatu kegiatan yang menarik bahkan menguntungkan.

Apa itu catur?

Catur merupakan salah satu permainan papan dan juga termasuk dalam olahraga yang mengharuskan pemainnya untuk mengatur strategi dan berpikir dengan tepat untuk memenangkan pertandingan. Catur adalah permainan yang dimainkan diatas papan yang memilki 64 kotak dan disusun dalam petak 8x8 berwarna hitam dan putih yang dimainkan oleh 2 orang. 

Peminat catur sangat banyak mulai dari anak-anak sampai dewasa. Manfaat bermain catur juga banyak, selain melatih berpikir kritis,kita juga dilatih untuk bersabar dan fokus. Olahraga ini juga bebeda jika dibandingkan denga olahraga lain. Waktu bermain catur ada yang ditentukan dan ada yang sesuai dengan pemain yang memenangkan pertandingan. Jika pertandingan belum mencapai kemenangan bagi kedua belah pihak maka permainan juga bisa dianggap imbang.

Kepopuleran Catur Online

Semakin berkembangnya era digital, kini catur dapat dimainkan secara online. Game catur sudah ada sejak dulu dan dapat kalian mainkan di komputer. Sekarang game catur dapat kalian mainkan di smartphone. Banyak aplikasi game catur yag sudah bisa kalian download di Play store ataupun app store. Dan banyak juga game catur yang disediakan secara online di beberapa website seperti chess.com.

Kepopuleran catur online meningkat saat banyaknya pemain catur yang memainkan catur dengan melakukan streaming baik di YouTube, Facebook dan juga Twitch. Salah satu serial Netflix yang berjudul “Queens Gambit” juga mendorong kepopuleran catur. Buktinya jumlah pengguna dari chess.com yang bertambah drastis hingga kurang lebih sekitar 100 an ribu per hari.

Dan sekarang catur sudah ada cabang esport yang dipertandingkan bahkan di tingkat dunia. Dulu catur mungkin dipertandingan dari tingkat sekolah sampai dunia yang dimainkan secara langsung di suatu tempat. Namun sekarang catur dapat dimainkan di mana pun dan kapan pun. Turnamen online catur pun semakin banyak diadakan dan menjadi salah satu cabang dari esport. Esport yaitu olahraga yang dapat dimainkan secara virtual. 

Namun jika kebanyakan esport biasanya memainkan game dengan tema pertarungan, petualangan. Tapi ada juga jenis esport yang menampilkan olahraga sesungguhnya seperti Sepakbola (PES, FIFA), Bola basket (NBA), American Football (NFL Madden) dan bahkan catur pun sudah ada game yang dipertandingkan secara online. Beberapa game catur online yang bisa kalian mainkan di android adalah sebagai berikut :

1. Catur (Chess:Classic Strategy board puzzle game) – Pengembang : Hduo Fun Games, Rate : 4,7

2. Catur-Play and Learn – Pengembang : Chess.com, Rate : 4,6

3. Chess Online – Pengembang : Early Birds, Rate : 4,8

4. Catur Online : Game Catur – Pengembang : DoPuz Games, Rate : 4,5

Catur online dapat kalian mainkan dengan teman (multiplayer) atau juga secara single player melawan Ai (komputer).

Tim Esport merekrut para Grandmaster

Beberapa organisasi esport luar negeri mulai merekrut para grandmaster luar negeri seperti salah satu organisasi esports  profesional Counter Logic Gaming yang merekrut grandmaster perempuan asal Kanada, Qiyu Zhou (Nemo Zhou). Team SoloMid juga menyatakan bahwa mereka telah merekrut Hikaru Nakamura, grandmaster yang berasal Amerika Serikat dan juga merupakan pemain catur terpopuler di Twitch. Selain Counter Logic Gaming dan TSM, ada beberapa organisasi esports lain yang juga merekrut pemain catur profesional. Clooud9 merekrut Andrew “penguingm1” Tang yang masih berumur 18 tahun, meski begitu, Tang telah mendapatkan gelar grandmaster. 

Dengan pengelolaan dan antusias yang baik, tentu permainan catur secara online ini akan semakin berkembang dan menguntungkan, baik segi prestasi maupun lainnya. 

Semoga artikel saya bermanfaat, silahkan share apabila menarik dan tinggalkan komentar apabila ada kritik maupun saran. 

Sekian, Terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

17 Komentar untuk " Game Catur Online Bisa Jadi Esport?"

  1. saya udah beberapa bulan main catur di chess.com. benar, itu juga berkan serial Netflix Queen of Gambit, ditambah kemarin pertandingan dewa kipas dan Grandmaster Irene yang ditandingkan di channel Deddy Cobuzier.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas catur semakin berkembang akibat hal-hal tersebut.

      Hapus
  2. ngomongin catur jadi keinget series The Queen's Gambit yang seru banget
    hahaha padahal aku pun gapaham catur :)))
    dan sejujurnya belom pernah liat kejuaran catur online sih
    emang ada beneran ya?

    BalasHapus
  3. Catur adalah permainan yang cerdas, sama halnya seperti rubik.. Tapi untuk saat ini, masih lebih suka rubik :D

    BalasHapus
  4. Dari dulu sampe sekarang saya ga paham kak gimana main catur hahahah bingung aja dan sempet mikir ini kok ada ya orang orang tahan main didepan papan lihat kuda2an gitu 🙈😅

    BalasHapus
  5. Ternyata catur online juga bisa dikategorikan e-sport ya.. jujur sampai umur saya sekarang ini gak ngerti gimana caranya main catur, LOL. kayaknya buat game yang banyak pemainnya seperti Zuma juga bisa dijadiin e-sport, tuh, hehe.

    BalasHapus
  6. Dari dulu catur emang dijadikan olahraga ya. Di zaman modern gini banyak ragam catur yang dimainkan online. Keinget malasah pemain di game online yang sempet viral beberapa bulan lalu.. 😌

    BalasHapus
  7. anak saya nih suka catur tapi belum pernah nyoba catur online, ijin save link nya ya, makasih

    BalasHapus
  8. Keren nih bapack-bapack bisa naik level dari siskamling sambil ngopi bisa jadi grand master ikut esport lewat online. Penasaran juga pengen main catur online jadinya.

    BalasHapus
  9. saya udah lama main di chess.com udah pernah sampe rating 1.500an untuk game 5 menit. seru sih dan menurut saya pecatur India dan Amerika adalah lawan tersulit karena mulai opening aja udah njelimet.

    BalasHapus
  10. Mainnya bisa tapi mulai pusing kalau sudah ngomongin strategi caturnya

    BalasHapus
  11. Jujur saja, untuk catur online di maksudkan ke dalam esports saya sangat setuju. Mengingat juga teknologi yang semakin berkembang, dan seperti mengharuskan kita untuk aktif dalam keadaan online.

    Efek viral Dewa Kipas di chees juga semakin menambah keyakinan bahwa catur, ya layak-layak saja masuk esports

    BalasHapus
  12. Dunia e-sport makin bisa diterima di Indonesia, terbukti dengan makin bertambahnya ragam game yang ditambahkan dalam e-sport ini, termasuk game catur.

    Hmm... jangan-jangan terinspirasi dari Queen of Gambit nih

    BalasHapus
  13. Kalo pertandingan catur sendiri emang udah tau dari jaman sekolah dulu, tapi kalo esport cabor catur masih kurang familiar. Aku juga main di chess.com sejak rame2nya Dewa Kipas itu hehe. Otw nonton serial Netflix Queen of Gambit nih penasaran karena gak tau sama sekali.

    BalasHapus
  14. Menarik ini, bisa jadi esports. Jangan kalah sam mlbb pubg dll.

    BalasHapus
  15. makin berkembang pesat ya esport ini di negara kita, cocok banget buat sepupu yang hobby banget main games niy, bisa gabung ini biar lebih berkembang dan pastinya tidka hanya sekedar main games

    BalasHapus
  16. Saya dari dulu belum pernah berhasil main catur.. :D, tapi menarik jika jadi esport, bakal semakin bnyak peminatnya

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel