-->

Inilah 7 Ciri Orang Kecanduan Game Online

Sebagai bentuk opini dan keresahan penulis, dimana dulunya bisa dibilang sebagai seorang pecandu dunia game yang akut. Hanya ingin berbagi pengalaman agar nantinya taka da orang lain yang merasakan dampak serupa. 

Dan juga dari riset beberapa web seperti alodokter.com, dampak negatif dari bermain game sendiri memiliki ciri-ciri yang dapat diketahui. Karena tak semua yang menyenangkan itu memiliki dampak positif. Harus diketahui bahwa ada sisi negatif yang mengintai. 

Berikut yang bisa disebutkan untuk beberapa ciri orang yang sudah kecanduan game online nih, duhhhh…..

1. Keinginan untuk bermain game di setiap waktu

Satu sifat ini sangat tak boleh dibiarkan berkelana di pikiran kita. Karena hidup ini tak hanya untuk bersenang-senang saja. ada waktu yang harusnya digunakan untuk kepentingan lainnya. 

Dengan bermain game sepanjang waktu juga dapat merusak kesehatan mata dan kesehatan badan lainnya. Meski menjadi professional player pun harusnya ada waktu tersendiri untuk bermain maupun istirahat. 

Apalagi untuk pemain non professional, jangan sembarangan bermain apalagi sampai bergadang hingga larut dini hari.

2. Merasa ada yang kurang jika tidak bermain game

Hanya dengan bermain game sebagai hiburan, dapat menjadikan zat adiktif yang cukup berbahaya. Merasa ada yang kurang ketika sehari, se-jam, satu menit bahkan untuk tidak bermain game. 

Padahal banyak hal lain yang lebih bermanfaat. Memang bermain game merupakan tempat untuk bersenang-senang. 

Tapi janganlah sampai menjadikan bermain menjadi suatu hal yang jika tak dimainkan, dirimu merasa kurang. Cari hal yang lebih bermanfaat bagi lingkungan sekitarmu.

3. Butuh waktu yang banyak untuk bermain

Biasanya untuk bermain game apalagi bersama teman atau sahabat dapat membuat kalian lupa waktu. Bermain dari sore hari sampai dini hari pun hampir tak terasa. 

Ciri ini juga jarang disadari, ketika bermain dalam waktu sedikit, poin 1 dan 2 juga andil dalam poin 3 ini. Batasilah waktu bermain kalian. 

Cukuplah hanya sebagai hiburan kecuali kalian merupakan seorang professional player.

4. Tak terasa saat menghamburkan uang

Beberapa game jaman sekarang banyak yang menjual item-item yang haru dibeli bukan dari uang game tersebut, tetapi melalui uang asli. Bentuk pemborosan merupakan dampak tertinggi. Selalu ingat batasan dan kebutuhan untuk menghamburkan uang di game online. 

Memang ini semua hak orang masing-masing. Harus ingat untuk mementingkan kebutuhan yang lebih penting seperti kebutuhan primer dan sekunder sebelum mementingkan kebutuhan tersier seperti top up game online.

5. Mengalami berbagai masalah di lingkungan sosial

Dampak ini dapat terjadi di segala tempat seperti sekolah maupun masyarakat sekitar. Masalah seperti tugas yang molor dalam pengumpulan, tak pernah aktif dalam kegiatan masayarakat.

Dan yang lebih parah adalah menjadi egois kepada orang lain kecuali kepada orang yang berada dalam satu bidang atau teman tongkrongan saja.

6. Muncul kebiasaan berbohong

Hal ini bisa masuk dalam poin 5, namun penulis ingin menyendirikan poin ini agar dapat perhatian tersendiri. Kebiasaan berbohong bisa menjadi masalah besar jika dilakukan berulang-ulang. 

Kebiasaan bohong dalam konteks kecanduan game ini biasanya timbul karena rasa ingin tampil lebih baik dari orang lain saat bermain game atau saat ingin uang untuk top up game sehingga mungkin saja sampai berbohong pada orang lain. Ini adalah ciri kecanduan yang harus segera dihindari.

7. Terlalu mementingkan game daripada hal yang lain

Nah, ketika game di nomor 1 kan, bahkan dapat menunda waktu beribadah sekalipun. Tak ingin menyinggung siapapun tetapi hal ini menjadi salah satu ciri kecanduan yang harus dihindari. 

Kebutuhan lain juga pasti terganggu. Jangan terlalu kebanyakan, karena semua yang terlalu berlebihan itu tidak baik. 

Itulah beberapa opini yang dicampur dengan pengalaman penulis sendiri dan juga beberapa teman. Jadi setidaknya jikalau memang sudah menjadi hobi. 

Jangan terlalu berlebihan agar tak muncul sifat dan efek negatif yang dapat menimbulkan masalah bagi diri sendiri ataupun orang lain. 

Maaf apabila ada yang tersinggung atau bagaimana, karena memang inti tulisan ini juga untuk memberi tahu mereka-mereka yang ingin terhindar dari kecanduan game online ataupun yang sedang kecanduan dan ingin tau ciri-ciri ini. 

Semoga bermanfaat, silahkan share apabila ada yang menarik dan tinggalkan komentar bila ada kritik dan saran.

Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

Belum ada Komentar untuk " Inilah 7 Ciri Orang Kecanduan Game Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel