-->

Mari Mengenal Tugas Event Organizer Industri Esport


Jika memiliki keahlian di bidang kerja sama dalam suatu tim, apalagi yang ditangani adalah bidang esport. Kalian dapat mencoba merintis karir menjadi event organizer untuk acara-acara esport seperti turnamen, launching team dll. 

Sebelum itu kalian bisa mengecek beberapa profesi yang bisa dikerjakan di industri esport melalui artikel saya yang telah ter-publish, kalian bisa menekannya disini. 

Untuk profesi satu ini menurut penulis sendiri bukanlah suatu pekerjaan yang dapat dilakukan tanpa pengalaman berorganisasi. 

Yah, namanya juga event organizer, setidaknya dulu pernah ikut dalam suatu bentuk acara kampus, karang taruna desa dll. Karena profesi ini dapat dilaksanakan dalam bidang apa saja. Terkhusus untuk esport, penulis hanya mengambil contoh.

Seperti namanya sendiri yaitu Event Organizer atau bisa disebut dengan EO merupakan suatu organisasi yang akan mengatur event yang akan kalian adakan. 

Banyak hal seperti konser music, festival dll. Untuk tajuk kali ini salah satu contoh yang diambil adalah event organizer dari industri esport.

Sebagai contoh game populer sekarang seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, Dota 2 maupun yang lain, pasti membutuhkan peran dari pihak event organizer untuk mengadakan suatu acara dan terutama mengadakan turnamen. 

Seperti contohnya, untuk dalam negeri biasanya ada turnamen di sekolah, kampus, bisa saja menggunakan jasa event organizer. Dan sekelas nasional seperti Piala Presiden Esport. 

MPL dari Mobile Legends yang dimainkan dibeberapa negara hingga M3 juga yang dimainkan bahkan dari beberapa negara di pelosok benua. Keberhasilan event tersebut bergantung pada kerja keras pihak event organizer. 

Beberapa tugas dari event organizer bisa dilihat dari beberapa aspek berikut ini.

1. Naratif 

Dalam aspek ini event organizer secara rinci harus dapat membuat konsep acara yang akan dilaksanakan yang dapat berupa cerita perjalanan atau juga berupa video perjalanan tim-tim esport atau tema acara.

Bertujuan untuk membuat para penonton nantinya mengerti secara detail tentang tujuan konsep acara yang sedang diselenggarakan. 

Dengan menampilkan hal yang tidak mudah terlupakan oleh penonton setidaknya mereka akan menonton lagi di acara-acara selanjutnya. 

Karena jika aspek naratif tidak dapat tersampaikan kepada penonton nantinya dikhawatirkan mereka tidak akan tertarik pada acaranya bahkan acara-acara selanjutnya.

2. Produksi

Merupakan keberlanjutkan dari naratif. Aspek produksi akan mengeksekusi konsep yang akan ditampilkan baik seperti tempat atau lokasi, panggung untuk bertandingnya kedua tim, dokumentasi sehingga membuat event berlangsung dengan cara yang berkesan. 

Dengan produksi yang baik, kelancaran event akan meminimalisir resiko yang tak terduga. Karena berbeda dengan aspek naratif tadi, aspek produksi lebih kearah pekerjaan fisik. Kemampuan tim dan arahan tentu sangat penting.

3. Publikasi 

Menjadi salah satu aspek terpenting. Jika kedua aspek sebelumnya berjalan dengan baik pun, tanpa aspek ini mana ada yang akan ikut menjadi peserta ataupun penonton acara? 

Melalui publikasi inilah penonton maupun peserta seperti tim-tim lain akan mengikuti acara yang telah kalian selenggarakan. Dengan publikasi yang baik, kalian akan mendapatkan pengunjung yang banyak. 

Hal ini akan mempengaruhi kesuksesan acara juga. Dengan sedikit peserta ataupun sedikitnya penonton turnamen maka kegiatan acara yang digelar pun akan tampil kurang menarik. Publikasi dapat dilakukan melalui media sosial atau banner di pinggir jalan sekalipun. 

Strategi yang dilakukan event organizer haruslah matang dan tepat. Agar pengunjung atau penikmat sampai peserta yang akan mengikuti juga tertarik dengan acara tersebut.


Itulah beberapa aspek yang dapat dilakukan untuk bertugas sebagai event organizer. 

Faktor komunikasi dan profesionalitas harus dapat dijaga agar pelaksanaan tidak menimbulkan kesalahan yang berakhir dengan kegagalan event dan apalagi dalam dunia esport nama baik time sport yang bertanding haruslah dijaga. 

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Silahkan share apabila membantu dan tinggalkan komentar jika ada kritik atau saran.

Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Mari Mengenal Tugas Event Organizer Industri Esport"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel