-->

7 Jenis Startup di Indonesia yang Berkembang Pesat

Jenis Startup di Indonesia


Perkembangan startup di Indonesia saat ini sangat pesat. Jenis startup di Indonesia pun terus bertambah dan berinovasi. Startup merupakan suatu perusahaan yang berada pada tahap merintis atau bisa disebut sebagai perusahaan yang baru saja berdiri. 

Namun dengan semakin berkembangya zaman, startup dikaitkan sebagai perusahaan yang memiliki basis digital atau teknologi karena banyaknya platform perusahaan yang mengunakan teknologi. Ada banyak jenis startup namun tak semua berkembang secara pesat dan baik.

Startup di Indonesia rata-rata memiliki sasaran dalam aspek kehidupan masyarakat. Berikut adalah beberapa jenis startup yang berkembang di Indonesia.

1. Bidang Games

Salah satu jenis startup ini memiliki potensi yag tinggi karena dengan semakin banyaknya anak muda dalam bermain game. Dimana tidak hanya bermain game, namun dapat juga mendapatkan uang bahkan menjadi sebuah profesi yang menjanjikan. 

Contoh startup dari Indonesia di bidang games adalah Agate Studio, Own Games, Touchten Games, Toge Production dan masih banyak lagi.

2. Bidang Properti

Startup dalam bidang properti juga tumbuh dengan pesat saat ini. Startup dalam bidang property menyediakan informasi serta tips untuk memperoleh tempat tinggal atau hunian yang cocok untuk klien. Dan juga memberikan solusi peminjaman kredit rumah atau apartemen yang ringan. 

Contoh startup bidang properti antara lain rumah.com, pinhome, 99.co, Lamudi.co.id, Travelio.com, dll.

3. Bidang Asuransi 

Jenis startup satu ini menyasar dalam jaminan hidup manusia. Jenis startup asuransi memberi layanan kesehatan yang terpercaya. 

Karena sedikit berbeda dengan platform asuransi yang mengharuskan membayar tiap bulan untuk mendapat jaminan asuransi di masa yang akan datang. Sebuah startup asuransi memberikan layanan-layanan lain juga. 

Contoh beberapa startup di bidang asuransi ini adalah PasarPolis, RajaPremi, Futuredy, Wowpremi, Qoala, dll. 

4. Bidang Fintech

Fintech merupakan singkatan dari Financial Technology, marketplace reksadana, lending p2p dan juga aplikasi pembayaran online merupakan kategori sebuah startup bidang fintech. 

Tujuan startup ini membantu masyarakat untuk memudahkan layanan keuangan dengan menggunakan kemajuan teknologi. 

Contoh startup fintech antara lain adalah DANA, OVO, LinkAja.

5. Bidang E-commerce

Salah satu jenis startup yang sering dijumpai di Indonesia adalah startup dalam bidang e-commerce. Startup e-commerce menyediakan solusi bagi masyarakat dalam urusan perbelanjaan lewat aplikasi ataupun website. 

Dengan bermacam macam barang yang diperdagangkan. Kebiasaan masayrakat yang sering berbelanja juga menjadikan startup e-commerce semakin banyak dan berkembang. 

Contoh beberapa startup dalam bidang e-commerce di Indonesia adalah Tokopedia, Shopee, JD.id, Blibli, Lazada, Bhinneka, OLX, Bukalapak dan yang lainnya.

6. Bidang Pendidikan

Dalam bidang Pendidikan, sebuah startup yang menyediakan layanan pendidikan yang menghubungkan antara para pengajar atau ahli dengan masyarakat dengan sebuah platform digital khusus atau sebuah bimbingan belajar online. 

Contoh startup dalam bidang pendidikan adalah Quipper, Ruangguru, Zenius, Arkademy, IndonesiaX, HarukaEdu dan masih banyak lagi.

7. Bidang Sekuritas

Startup sekuritas ini termasuk dalam kategori sub bagian dari startup fintech, perbedaannya startup sekuritas hanya berfokus dalam pelayanan sekuritas. Dengan memudahkan pelanggannya untuk berinvestasi. 

Dengan bantuan teknologi, pelanggan akan mudah dalam mencari atau melakukan jual beli dalam bentuk saham dan juga reksadana secara online. Contoh startup dalam bidang sekuritas adalah Bibit.

Itulah beberapa jenis startup di Indonesia yang berkembang dengan pesat dan akan terus bertambah. Inovasi akan selalu hadir demi memudahkan setia pekerjaan yang dilakukan. 

Dengan bantuan startup-startup di era modern ini, diharapkan semakin memajukan bangsa Indonesia. Dan pemerintah perlu memberikan dukungan untuk semua startup Indonesia yang semakin banyak sekarang ini.

Semoga artikel ini membantu Anda mendapatkan informasi, silahkan share jika menarik dan bermanfaat, serta tinggalkan komentar jika ada kritik dan saran.

Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

6 Komentar untuk "7 Jenis Startup di Indonesia yang Berkembang Pesat"

  1. Kalau Startup Pendidikan emang kelihatan banget beberapa tahun terakhir ini berkembang pesat. Gimana enggak pas munculnya Corona banyak pelajar mulai belajar online juga, apalagi ditambah adanya programnya Kartu Prakerja dari pemerintah. Kalau aku sendiri aktif banget belajar online di beberapa platform karena simpel, gampang dan kelasnya bermacam-macam, mulai dari belajar nulis sampai belajar kepemimpinan juga di sana.

    BalasHapus
  2. saat ini saya juga baru mulai usaha start-up dengan modalnya bootstraping. tapi tidak termasuk dalam 7 bidang diatas, makanya saya yakin banget start-up saya ini bukan ikut - ikutan, tapi bener2 buka bidang baru yang semoga bermanfaat di Indonesia.

    BalasHapus
  3. Berarti usaha pemerintah buka pelatihan 1000 startup digital di tahun sebelum pandemi itu juga perlu diapresiasi ya.Buktinya banyak startup yang sekarang banyak membantu keperluan kita saat ini apalagi saat pandemi .

    BalasHapus
  4. Bidang games ini juga lagi maju banget sampai saat ini ada game NFT cryptocurrency itu..Fintech juga sedang berkembang pesat.

    BalasHapus
  5. Ya, memang benar, apalagi untuk startup yang berada di bidang pendidikan, mereka mampu berkembang pesat karena situasi juga mendukung untuk pembelajaran online. Dan nantinya jika situasi membaik, startup startup tersebut bisa berkembang lebih baik lagi, dan mungkin bukan disebut lagi sebagai startup.

    Sebagai tambahan, jenis startup di indonesia lainnya yang berkembang adalah jasa social media management / digital agency.

    BalasHapus
  6. Dulu taunya start up di bidang e-commerse, pendidikan, sama fintech. Ternyata ada start up lainnya seperti di bidang asuransi, bahkan property ya

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel