-->

Mengenal Apa Arti Phising dan Tips Mengindarinya

Mengenal apa arti Phising


Kejahatan dunia maya sudah menjadi hal yang sering terjadi dan bahkan semakin berkembang setiap saat. Kejahatan phising adalah salah satunya, korban penipuan atau pencurian tersebut tentu akan mengalami banyak kerugian. 

Masih banyak juga masyarakat yang belum tahu dan tak sadar telah menjadi korban. Semoga artikel ini membantu kalian untuk mengenal apa arti phising, jenis, cara kerjanya, dan juga bagaimana cara menanganinya.

Apa arti phising?

Apa arti phising? Phising merupakan sebuah upaya untuk mendapat data atau informasi pribadi seseorang melalui penipuan atau pencurian. 

Data yang menjadi sasaran biasanya adalah data pribadi seperti (nama, usia, alamat), data finansial (rekening, info dari kartu kredit), dan data akun (username dan kata sandi). 

Pishing sendiri berasal dari kata Fishing yang berarti memancing. Karena memang tujuan pelaku adalah memancing korba agar memberi data yang dimiliki dan korban memberi informasi tersebut dengan sukarela. 

Dan selanjutnya informasi tersebut digunakan pelaku untuk melakukan kejahatan. Pelaku phising akan berpura-pura atau menyamar menjadi sebuah Lembaga atau isntansi penting. Dapat melalui website atau email yang meyakinkan para korban sehingga mereka tertipu. 

Informasi yang diperoleh dapat digunakan langsung untuk menipu korban atau dijual kepada orang lain yang juga digunakan dalam tindak kejahatan. Aksi cyber crime ini sangat berbahaya.

Jenis phising

Berikut adalah jenis phising yang sering digunakan.

1. Web Phising

Web phising melakukan pengelabuhan melalui website untuk menipu korban. Website yang digunakan untuk menipu biasanya mmeiliki tampila yang mirip dan bahkan menggunakan nama domain serupa.

2. Spear Phising

Spear phising merupakan salah satu jenis dari email phising, spear phising lebih menargetkan korban setalah mengetahui data dan informasi secara lengkap, spear phising tak dilakukan secara acak. Tak seperti email phising, spear phising menargetkan orang-orang tertentu saja.

3. Email Phising

Sesuai dengan nama yang disematkan, email phising menggunakan media email untuk mengelabui korban. Jumlah dari email phising ini sangatlah banyak dalam tiap harinya.

4. Whaling

Jenis phishing satu ini menargetkan seseorang yang memiliki jabatan atau gelar khusus seperti seorang pemilik bisnis, direktur perusahaan dll. Dengan begitu jikalau phising yang dilakukan berhasil maka keuntungan yang didapat pelaku akan besar.

Cara kerja phising

1. Pelaku memilih korban yang akan menjadi sasaran

Tahapan awal adalah menentukan siapa nanti calon korban yang akan ditipu. Biasanya korban yang menjadi sasaran adalah mereka yang menggunakan platform pembayaran. Para pelaku mengincar dari pengguna platform yang memiliki celah keamanan.

2. Pelaku menentukan tujuan dari phising

Setelah mendapat calon korban, pelaku akan menentukan tujuan yang akan dicapai. Pelaku akan memulai untuk menguasai dan mengambil alih username serta password korban.

3. Pelaku akan membuat website phising

Pelaku akan membuat website phising untuk melancarkan aksi phising mereka. Membuat desain tampilan website yang menarik, konten yang meyakinkan bahkan menggunakan namam domain yang mirip.

4. Korban akan mengakses website phising

Korban biasanya masuk website melalui sms atau link yang disebarkan di media sosial. Korban pun juga tertarik dengan tampilan website phising yang meyakinkan. Dan akhirnya para korban pun mengaksesnya.

5. Korban mengikuti instruksi yang diberikan pelaku

Inilah cara yang paling utama dilakukan oleh pelaku. Korban akan mengikuti instruksi yang diberikan sehingga korban akan terjerumus kedalam perangkap pelaku.

6. Data dari korban akan dimanfaatkan

Setelah data didapat, selanjutnya data tersebut digunakan pelaku untuk aksi penipuan atau juga dijual kepada pihak ketiga untuk kepentingan lain.

Tips terhindar dari phising 

1. Update informasi tentang kejahatan online terutama phising

2. Cek selalu siapa pengirim email

3. Pastikan selalu keamanan dari website yang diakses

4. Menggunakan browser versi terbaru

5. Jangan sembarangan klik link yang diberikan

6. Waspada ketika kalian dimintai data diri

7. Melakukan scan malware secara berkala

8. Selalu mengecek akun online yang kalian miliki secara rutin.

9. Menggunakan Two Factor Authentication

Itulah penjelasan mengenai apa arti phising, jenis, cara kerja dan juga tips untuk menghindari kejahatan online satu ini. Semoga bermanfaat, silahkan share jika menarik dan tinggalkan komentar jika ada kritik maupun saran. Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

7 Komentar untuk "Mengenal Apa Arti Phising dan Tips Mengindarinya"

  1. Terima kasin artikelnya cuy. Sangat informatif. Satu lagi, terlebih yang sering main facebook, sering kali mereka psiher, gunakan cara dengan nautan link bergambar "ehem", dan orang-orang yang mudah terdoga, jadi kena deh.

    BalasHapus
  2. Cybercrime emang nggak main-main jaman sekarang, semoga sy terhindar dari yg beginian soal.y nggak terlalu paham

    BalasHapus
  3. Herijo Said:
    Nambah ilmu tentang penipuan ini, Alhamdulillah sudah mengamankan akun dengan Two Factor Authentication.

    BalasHapus
  4. Makin harus hati-hati dan teliti banget emang.. kalau salah ngeklik, bisa fatal juga ya akibatnya..

    BalasHapus
  5. Iya sekarang makin marak dengan phising gini ya, rupanya banyak jenisnya. Aku juga udah pakai Two Factor Authentication Kak. Biar aman , meski jadinya bola balik di email kalau aku login di incognito wkwk

    BalasHapus
  6. Memang benar nih, kejahatan sperti phising ini makin banyak dan sering terjadi. Perlu banget terus update dan waspada terhadap kriminalitas semacam ini

    BalasHapus
  7. mungkin adek ku kena phising ni harus hati hati

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel