-->

Apa itu Machine Learning? Berikut Pengertian, Sejarah dan Metodenya

Apa itu Machine Learning?

Apa itu Machine Learning? Machine learning merupakan salah satu cabang dari Artificial Intelligence, yaitu kecerdasan buatan yang membuat sistem dapat meniru kemampuan manusia dalam belajar. 

Machine Learning dapat belajar layaknya manusia, inilah yang menarik karena dari bahasanya sendiri yang berarti mesin pembelajaran. 

Dalam perkembangan teknologi sekarang ini, Machine learning dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Machine learning dan Artificial Intelligence memang hampir sama, namun ada beberapa perbedaan yang membedakan dua hal ini. 

Artificial Intelligence memiliki 7 cabang pengaplikasian yang terdiri dari Machine Learning (ML), Natural Language Process (NLP), Expert System, Vision, Speech, Planning dan Robotics. Dalam artikel ini akan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan Machine Learning.

Pengertian Machine Learning

Machine Learning adalah mesin yang dapat belajar dengan sendirinya layaknya manusia tanpa instruksi dari pengguna. Machine Learning tercipta dari perkembangan yang terjadi oleh tiga disiplin ilmu yaitu Matematika, Statistika dan Data Mining sehingga dapat berjalan tanpa adanya di program ulang atau diperintah. 

Machine Learning dapat memperoleh data dengan kemampuan pengolahan sendiri. Machine Learning dapat mempelajari data yang baru didapat atau juga data yang sudah ada. 

Tugas-tugas yang dilaksanakan Machine Learning cukup beragam tergantung dengan apa yang Machine Learning pelajari dan tergantung juga dengan kebutuhan serta tujuan apa yang ingin dikerjakan.

Sejarah Machine Learning

Ilmuwan Matematika seperti Thomas Bayes, Adrien Marie Legendre, dan Andrey Markov merupakan orang yang mengemukakan tentang adanya Machine Learning. Pada tahun 1920, mereka mengungkapkan konsep dasar Machine Learning. Sejak saat itu Machine Learning terus berkembang.

Dan pada tahun 1996, salah satu penerapan Machine Learning yang terkenal dimana sebuah Machine Learning yang dibuat untuk memiliki kemampuan belajar dan bermain catur, digunakan untuk melawan salah satu pemain professional catur kala itu dan pemain tersebut tak dapat mengalahkan Machine Learning tersebut. Penerapan tersebut bernama Deep Blue yang diciptakan oleh IBM.

Machine Learning dalam kehidupan sehari-hari contohnya adalah ketika kalian melihat handphone yang memiliki fitur unlock, atau juga beberapa penerapan ketika kalian sedang membuka sosial media lalu disuguhi iklan yang sesuai dengan apa yang kalian sedang minati saat itu. 

Perbedaan Machine Learning dengan Artificial Intelligence

Machine Learning merupakan cabang dari Artificial Intelligence, meski dalam satu bidang yang sama. Ada beberapa hal yang dapat dibedakan.

1. Tujuan 

Tujuan inti yang dapat diketahui yaitu memudahkan kehidupan sehari-hari dengan menggunakan mesin yang cerdas layaknya manusia. 

Namun tujuan dan fungsi yang dilaksanakan hampir berbeda, Artificial Intelligence bertujuan untuk melakukan peningkatan peluang keberhasilan. Sedangkan Machine Learning hanya bertujuan pada efisiensi tanpa berpatokan pada keberhasilan.

2. Kinerja

Artificial Intelligence bertujuan untuk memcahkan masalah dengan simulasi kecerdasan alami, sedangkan Machine Learning belajar menggunakan data untuk meningkatkan kinerja.

3. Algoritma

Artificial Intelligence dapat meniru manusia dalam prilaku dan respon terhadap sistem, sedangkan Machine Learning dapat membuat algoritma sendiri untuk proses memperlajari.

Terdapat 3 metode atau tipe dalam Machine Learning

1. Supervised Learning

Supervised Learning menggunakan data terlabel yang input dan outpunya telah diketahui dan tepat. Contohnya digunakan untuk mengetahui prediksi sesuatu yang akan terjadi berdasar data historis yang sudah ada.

2. Semi Supervised Learning

Semi Supervised Learning tak jauh berbeda dengan Supervised Learning, Semi Supervised Learning menggunakan data terlabel tetapi tak untuk melatih algoritma. Biasanya digunakan untuk melakukan scan untuk mengidentifikasi seseorang melalui wajah pada webcam atau gadget.

3. Reinforcement Learning

Reinforcement biasanya digunakan untuk pembuatan game, navigasi dan dalam dunia robotic. Terdapat tiga komponen dalam Reinforcement Learning yaitu Agen, Lingkungan dan Aksi. 

Tujuan dari Reinforcement Learning adalah agen menentukan aksi yang memaksimalkan hasil sesuai waktu yang ditentukan.

Itulah sedikit penjelasan dari Machine Learning dengan Pengertian, Sejarah sampai Metode apa yang digunakan dalam Machine Learning serta sedikit perbedaannya dengan Artificial Intelligence. 

Semoga bermanfaat, silahkan berkomentar apabila ada kritik atau saran yang ingin disampaikan. 

Dan bagikan artikel ini jika menarik dan dapat memperkaya wawasan kalian. Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

16 Komentar untuk "Apa itu Machine Learning? Berikut Pengertian, Sejarah dan Metodenya"

  1. Semakin hari modernisasi di sekitar kita semakin maju, termasuk adanya machine learning yang membuat segala sesuatu semakin efisien. Entah seperti apa 10 atau 20 tahun yang akan datang, kemungkinan besar akan jauh lebih modern

    BalasHapus
  2. Wah. artikelnya sangat informatif. Mudah dipahami dan lewat tulisan ini Mila dapat ilmu baru. Terima kaisih kak. Ada yang menarik dan ciamik

    BalasHapus
  3. Hmm...mirip-mirip ya antara AI & ML ini, ya karena ML adalah turunannya AI. Tapi saya baru tahu kalau implementasi ML ini salah satunya di iklan yang muncul saat scrolling medsos. Pernah denger soal algoritma bla bla bla itu sih, tapi setelah membaca artikel ini, jadi lebih ngeh, gimana itu ceritanya kok bisa iklan yang muncul sesuai dengan apa yang ada di dalam sanubari #halah

    BalasHapus
  4. Keren sih jd makin paham tentang teknilogi dikit-dikitlah

    BalasHapus
  5. Semakin hari pekerjaan manusia semakin dipermudah dengan adanya teknologi ya. Semoga adanya machine learning ini kedepannya bisa membantu manusia dalam tugas-tugas praktikal, bukan hanya di dalam gawai saja

    BalasHapus
  6. Penasaran deh ya lima atau sepuluh tahun lagi bakal sampai mana perkembangan teknologi terkait machine learning ini.

    BalasHapus
  7. Wah secanggih itu ya machine learning, "..kemampuan pengolahan sendiri.." Jika kemampuannya semakin meningkat, bisa jadi mesin tersebut berkembang lebih dari program yang sudah ditentukan

    BalasHapus
  8. Wah dapet ilmu baru nih kalau AI itu ada cabang2nya dan salah satunya adalah Machine Learning ini. Dulu waktu kuliah pernah belajar aja tapi cuma sekilas dan belum sampai ketemu ML ini sih.

    BalasHapus
  9. Wah baru tahu bahwa machine learning dan artificial intelligence dapat dibedaakan dari 3 aspek, tujuan, kinerja dan algoritma. Penjelasanya singkat namun mengena. nice article.

    BalasHapus
  10. Ini kalo AI&ML berkolaborasi pekerjaan yang sulit akan mudah dan lebih efisien. Penasaran deh 5-10 taun kedepan pasti lebih canggih lagi.

    BalasHapus
  11. Baru tau isitlah machine learning dari artikel ini. Wah informatif sekali mas artikelnya
    hehe untuk belajar lebih jauh tentang machine learning kita bisa dapet darimana ya mas? adakah kursus atau jalur pendidikan yang bisa ditempuh ?

    BalasHapus
  12. Bayangkan apa yang terjadi 20 atau 30 tahun dari sekarang. AI sudah mengubah banyak hal yang tidak kita duga dari yang sebelumnya mustahil jadi mungkin. Seperti film-film doraemon itu.. 😁

    BalasHapus
  13. Gitu banget pesatnya teknologi zaman sekarang. Jadi kepikiran zaman dulu serba manual banget malah dan yang pasti harus usaha dulu biar dapet sesuatu

    BalasHapus
  14. Oh, kukira AI bagian dari machine learning. Ternyata kebalik. Berarti setiap machine learning pasti AI, sedangkan tidak semua AI pasti ada MLnya ya?

    BalasHapus
  15. Kalau Machine Learning itu jadi inget sama beberapa drakor :D makasih informasinya Kak

    BalasHapus
  16. Wah perlu dikaji lebih dalam nih, kalau Artificial Intelligence aku dah tahu sih gimana kurang lebih cara kerjanya. kalau machine learning ini baru denger dan masih meraba2 dalam artikel ini. Asyik jg kayaknya kalo dipelajarin ya

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel