-->

Mengenal Apa itu NFT Art? Bagaimana Bisa Bernilai Tinggi

Apa itu NFT Art? Bagaimana Bisa Bernilai Tinggi

NFT sedang menjadi perbincangan banyak pihak akhir-akhir ini. Bagaimana mungkin sebuah karya seni yang tampak biasa saja bagi orang awam dapat menjadi suatu lading penghasilan yang memiliki harga sangat tinggi. 

Baru-baru ini ada seseorang yang menjual foto selfie nya di marketplace khusus penjualan barang NFT yaitu Opensea dengaan harga yang tak murah. 

Foto tersebut pun laku karena sang pemilik setiap hari selama kurang lebih 5 tahun mengambil foto selfie yang ia jual saat ini. 

Bagaimana bisa harga yang diberi bisa semahal itu? Dan bagaimana bisa orang-orang tersebut membelinya? Apa untung nya? Apakah berbisnis NFT semenarik dan semudah itu? 

Berikut ini artikel yang akan memberikan penjelasan mengenai NFT dan sebenarnya apa itu NFT Art?

Apa itu NFT?

NFT merupakan singkatan dari Non Fungible Token. Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan Non Fungible Token? 

Fungible merupakan arti untuk sesuatu yang dapat ditukarkan, dimana nilai dari barang akan sama. Sedangkan asset Non Fungible contohnya seperti lukisan Monalisa atau Van Gogh, yaitu unik dan tak bisa ditukar dengan yang lainnya. 

Dimana meski kalian membuat ulang atau memotret lalu mengupload di sosial media, nilai dari lukisan tersebut tak akan bisa menandingi nilai asli dari lukisan yang original atau asli. 

NFT Art pada intinya seperti itu, karya seni yang otentik dapat diperjual belikan dan dikoleksi. Namun hanya tersedia di dunia digital.

Bagaimana kerja NFT?

Sama halnya dengan mata uang kripto yang ditenagai oleh teknologi blockchain. Begitupun dengan NFT, biasanya pada Ethereum atau Jaringan Binance Smart Chain. 

Melalui teknologgi blockchain ini setiap asset digital dapat diubah menjadi NFT seperti lagu, foto, lukisan hingga buku dan karya lainnya yang juga memiliki fungsi sebagai suatu sertifikat untuk hak kepemilikan. 

Hal inilah yang membuat NFT menjadi sangat berharga. Karena seperti yang kalian ketahui, setiap hal yang ada di internet dapat digandakan atau diproduksi ulang. Tetapi barang yang asli tetap akan memiliki nilai yang tinggi.

Bagaimana Cara Membuat NFT Art?

NFT Art dapat diperjualbelikan melalui teknologi blockchain seperti asset digital yang lain. Jika kalian memiliki NFT, kalian akan mempunyai kode khusus sebagai tanda atau bukti bahwa barang tersebut langka dengan adanya sertifikat tersebut. 

Kalian dapat membuat NFT art, tak harus orang-orang yang terkenal saja. Kalian akan mendapat keuntungan yang besar jika mengetahui cara-caranya. Berikut ini beberapa caranya.

1. Membuat karya seni kalian sendiri

NFT dapat berupa asset digital dalam bentuk apa saja. kamu bisa membuat NFT Art dari video, foto, artikel dan lain sebagainya. 

Prinsip yang ada adalah mengubah karya digital menjadi suatu potongan digital yang unik dan dapat diproduksi sebanyak mungkin atau bahkan tanpa batas.

2. Menyiapkan jaringan blockchain

Kalian dapat menggunakan jaringan blockchain dari Ethereum karena mendukung untuk perkembangan NFT. Tetapi sebenarnya kalian bisa membuat NFT di jaringan yang berbeda-beda. Kalian harus menyiapkan dompet Ethereum dan simpan Ether. Karena dalam pembuatan NFT juga membutuhkan biaya yang besarnya tergantung dari harga operasional harian. Hanya bisa dibayar secara digital.

3. Memilih marketplace NFT Art

Karya kalian harus memiliki lapak yang akan memfasilitasi penjualan. Beberapa marketplace yang menyediakan lapak digital antara lain adalah Opensea, Mintable, Rarible dan beberapa lainnya. 

Dompet kripto harus terhubung dengan marketplace yang kalian pilih. Seperti halnya dompet digital yang terhubung dengan marketplace.

4. Lanjut membuat NFT Art

Setelah dompet kalian terhubung dan sudah memiliki modal kripto yang sesuai dengan permintaan jaringan. Maka kalian dapat lanjut membuat NFT art. Tinggal ikuti petunjuk yang ada. Promosikan NFT kalian agar ada yang beli.

Berapa Nilai NFT?

Harga termahal untuk saat ini adalah NFT Art yang diciptakan oleh Mike ”Beeple” Winkleman yang mencapai 69,3 juta USD. NFT Art miliknya yaitu Everydays : The First 5000 days. 

Baca juga: Contoh Karya NFT yang Unik dan Terjual hingga Miliaran

Ada juga CryptoPunks  sekumpulan wajah digital pixelated milik Matt Hall dan John Watkinson. Setiap NFT Art nya berharga 5-10 juta USD. 

Itulah beberapa penjelasan mengenai NFT Art dan bagimana uang sebanya itu dapat dikumpulkan. Semoga bermanfaat dan silahkan share apabila membantu, silahkan juga beri komentar apabila ada kritik atau saran. 

Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

17 Komentar untuk " Mengenal Apa itu NFT Art? Bagaimana Bisa Bernilai Tinggi"

  1. ini belakangan lagi rame banget nih. apalagi sejak Ghozali jual foto selfie nya jadi makin banyak yang cobain tapi aneh-aneh hehe

    BalasHapus
  2. Baru tau kalau NFT merupakan singkatan dari Non Fungible Token. Cukup mahal juga ya kak harganya

    BalasHapus
  3. tuh kan jadi latah dan pengen bikin nft tapi apa yang mau di nft in ya

    BalasHapus
  4. Sy baru liat podcast.y bag Daddy dan baru tau jg, naksdnya semakintau lewat artiel ini. Tapi sy masih nggak paham ngapain beli NFT sih?

    BalasHapus
  5. Gara-gara Ghozali, orang jadi banyak yang melek NFT, ya. Padahal udah lama dengar, tapi karena wujudnya virtual, jadi masih ragu.

    BalasHapus
  6. Makin trending aja tuh ghazali dengan NFT-nya Tak perlu looking good. yang terpenting adalah konsistensi dalam pembuatan karya seninya

    BalasHapus
  7. Harga sebuah selfie yang konsisten ternyata culup tingi juga ya. Well, NFT sebagai aset digital itu setuju banget, tapi yang masih abu-abu alias ragu karena mata uangnya itu loh.

    BalasHapus
  8. Nah ini gara-gara si Goz, jadinya Opensea rame banget. Ada yang selfie sama KTP, ada yang buka warteg hahaa. Emang semakin viral semakin kecenderungan masyarakat kita buat ikut-ikutan. Pengennya instan sih.

    BalasHapus
  9. Bandwaggon effect, inilah yang saya lihat dari kebanyakan masyarakat kita ketika melihat Ghozali Everyday berhasil. Tidak apa-apa memang, tapi ada baiknya untuk mempertimbangkan upload foto sensitif seperti foto wajah dengan KTP, foto KTP, atau segala hal yang sifatnya pribadi.

    Kalau untuk foto wajah, ya sama aja sih, menurut saya, seperti kita upload foto di IG, FB, bedanya di OpenSea, kemungkinan mendapatkan uang dari foto selfie lebih gede.

    BalasHapus
  10. Setuju banget sama komen di atas dari kak Andri Marza. Mungkin orang-orang pada FOMO ya, terus liat ada orang Indo yang dapetin 1 milyar+ dari selfie, malah upload KTP🥲 mungkin kapan-kapan bisa share kak "cara main nft dengan benar" 🤣

    BalasHapus
  11. NFT lagi ngetrend di Indonesia karena Ghozali. Sayangnya banyak yg belum paham dan sekedar ikut-ikutan, dan menganggap jualan NFT seperti marketplace dg menjual makanan, pakaian, dll yg tidak unik

    BalasHapus
  12. Ini yang lagi booming dibicarain nih. Saya sempet baca penjelasan NFT dari beberapa thread di twitter, tapi masih bingung. Pas baca di sini lumayan tercerahkan. Makasih artikelnyaa

    BalasHapus
  13. NFT ini lagi booming banget ya. Ghazali kaya mendadak hihi. Tapi, sangat disayangkan orang-orang di Indonesia hanya sekadar ikutan tren aja. Sampai-sampai posting KTP dan foto yg tidak pantas. Hem, padahal sebaiknya banyakin belajar NFT ini dulu baru terjun ke sana biar gak salah-salah gunain

    BalasHapus
  14. Barusan baca REPUBLIKA melepas koran lawas edisi pahlawan, bagian headlinenya. Nilainya tinggi banget. NFT benar-benar membawa masa depan cerah bagi pekerja seni di Indonesia. Ghozali Everyday benar-benar membawa viral.

    BalasHapus
  15. Maraknya NFT dan tidak dibarengi literasi digital bisa menyebabkan hal fatal, seperti kasus orang2 berbondong-bondong rela upload foto ktp demi bisa meraih rezeki seperti Ghozali. Miris sih liatnya

    BalasHapus
  16. Manfaatin peluang, namun rejeki sudah ada yang ngatur, hehe

    BalasHapus
  17. Menarik nih. Teman saya ada art yang bagus sekali tapi belum dimanfaatkan dengan baik. Mungkin saya dapat menjelajahi lebih lanjut marketplace art yang dapat menjual art milik teman saya tersebut. Makasih mas.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel