-->

Apa yang Dimaksud dengan Fintech? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apa yang Dimaksud dengan Fintech?

Apa yang dimaksud dengan Fintech? Financial technology atau disingkat dengan sebutan fintech merupakan bentuk kemajuan teknologi di bidang finansial. Fintech sudah menjadi kebutuhan yang dipergunakan sehari-hari oleh masyarakat saat ini. 

Kemampuan manusia untuk beradaptasi dalam pengembangan hal baru mengenai perkembangan teknologi menjadikan fintech lebih sering digunakan. 

Untuk lebih mengenal apa itu fintech mari kita ketahui apa saja jenis, contoh dan juga manfaat dari adanya financial technology ini.

Pengertian Financial Technology

Financial technology adalah suatu teknologi yang membantu kalian dalam hal finansial. Fintech merupakan suatu inovasi dalam hal jasa keuangan.

Fintech memudahkan segala hal yang berkaitan dengan finansial seperti melakukan pembayaran secara online, mempercepat transaksi, mempermudah pengelolaan asset dan lain lain.

Fintech merupakan hal yang sudah menjadi sebagai budaya juga untuk kita dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Dulu jika belum ada fintech, transfer uang pasti akan kalian lakukan di ATM dan itu membutuhkan waktu dan tempat yang juga membutuhkan usaha ekstra hanya untuk melakukan transaksi uang. 

Kini lebih mudah dimana kalian dapat melakukan pembayaran dimanapun dan kapanpun. Dengan menggunakan smartphone atau juga PC kalian dapat melakukan transaksi selagi ada internet. Keberadaan fintech juga menjadikan smartphone sebagai dompet digital yang dapat dibawa kemana-mana. Dan apakah juga dapat menggantikan keberadaan dompet yang sesungguhnya? Selagi masih ada warung yang menerima uang cash mungkin masih belum bisa sepenuhnya ya wkwk.

Jenis Financial Technology

1. Fintech Payment

Jenis fintech payment dapat kalian temukan ketika berbelanja online maupun offline dalam kehidupan sehari-hari, atau juga membayar tagihan listrik dan tagihan lainnya. 

Pembayaran offline ketika berbelanja merupakan pembayaran melalui aplikasi yang tak membutuhkan uang tunai.

2. Fintech Market Aggregator

Jenis fintech satu ini bertujuan untuk memudahkan orang untuk menentukan produk keuangan yang sesuai dengan tujuan keuangan yang mereka miliki. 

Banyak produk keuangan yang bermacam-macam. Dengan menggunakan jenis Fintech Market Aggretator kalian dapat menentukan dan menemukan informasi produk keuangan yang menarik.

3. Fintech Invesment

Jenis fintech satu ini mempermudah kalian untuk melakukan investasi dengan berbagai macam instrumen yang ada. Seperti reksadana, emas, saham, valuta asing, cryptocurrency dan yang lainnya. 

Dengan jenis fintech satu ini, masyarakat semakin mengenal dengan istilah investasi, karena dengan adanya fintech investment semakin memudahkan setiap orang melakukan investasi.

4. Fintech Crowdfunding

Fintech crowdfunding memberikan layanan untuk mempertemukan mereka yang membutuhkan dana dengan si pemberi dana. 

Dengan hadirnya fintech jenis ini menjadikan mereka yang membutuhkan mendapat dana yang dibutuhkan.

Contoh Produk Financial Technology

1. Bank Digital

Kalian sudah tak perlu lagi mendatangi bank untuk membuat rekening bank. Karena bank sekarang sudah merambah dalam dunia digital. 

Kalian dapat membuka rekening melalui smartphone dengan koneksi internet. Cepat dan praktis dengan perkembangan teknologi saat ini.

2. Aplikasi Asuransi

Risiko kecelakaan, risiko sakit parah dan berbagai macam risiko lainnya dapat dibantu dengan adanya asuransi. 

Dan kini bentuk asuransi dapat didapat dalam bentuk digital berupa aplikasi yang dapat diajukan secara online.

3. Dompet Digital

Dompet digital memiliki berbagai jenis yang dapat dipergunakan untuk melakukan berbagai jenis pembayaran seperti pembayaran ojek online, belanja online hingga berbagai macam tagihan. 

4. Pinjaman Online

Jenis fintech satu ini sering dimanfaatkan untuk beberapa orang yang membutuhkan. Jenis fintech satu ini tidak memerlukan jaminan karena pinjaman yang diberikan terbatas untuk harian. Pengajuan pinjaman juga praktis.

5. P2P Lending 

Sebuah platform yang mempertemukan pemberi pinjaman dengan peminjam. Biasanya merupakan tepat bertemu para investor dengan pelaku UMKM. 

Manfaat Financial Technology adalah?

1. Mempermudah kegiatan sehari-hari

Bisa dilihat bagaimana kita dapat bepergian dengan mudah tanpa harus mendatangi loer tiket kereta api, atau harus mencari pangkalan ojek untuk naik ojek. Dan dapat melakukan pembayaran dimana saja dan juga kapan saja.

2. Pelaku bisnis mendapatkan modal dengan mudah

Pelaku bisnis dapat dengan mudah mendapat pinjaman modal tanpa harus mendatangi bank. Kini dapat melakukan pinjaman di layanan fintech. Produk pinjaman tak hanya ada di bank saja sekarang.

3. Layanan finansial menjadi mudah

Setiap pembayaran yang kalian harus lakukan dapat dilakukan hanya melalui smartphone. Kalian tak perlu lagi mendatagi tempat-tempat pembayaran. Menjadikan kita lebih hemat waktu dan tenaga.

Financial technology memang memudahkan keseharian kita, namun kalian jugabharus berhati-hati dalam menentukan dan memilih layanan atau platform fintech yang ada. 

Karena kejahatan dan penipuan dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Fintech yang didirikan harus mendapat izin atau persetujuan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan), Bank Indonesia atau berbagai lembaga yang berwenang. Pilih layanan Fintech yang legal karena terjamin keamanan dan kualitasnya.

Itulah beberapa penjelasan apa yang dimaksud dengan fintech melalui artikel Apa yang Dimaksud dengan Fintech? Pengertian, Jenis dan Contohnya Silahkan share apabila menarik dan juga beri komentar jika ada saran ataupun kritik. 

Sekian, terima kasih.


Referensi modalrakyat.id 



Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Apa yang Dimaksud dengan Fintech? Pengertian, Jenis dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel