-->

Apa yang Dimaksud dengan Podcast? Inilah Definisi, Sejarah, dan Jenisnya

 Apa yang Dimaksud dengan Podcast


Sekarang ini banyak artis, youtuber, dan beberapa tokoh masyarakat yang menggunakan media siaran layaknya radio atau biasa kita sebut dengan podcast untuk membuat suatu konten selain konten video. 

Podcast dinilai memberikan tontonan diskusi yang menarik, santai, dan intens serta fleksibel yang membuat penonton betah jika dibandingkan dengan siaran radio pada umumnya.

Artikel ini akan membahas apa itu podcast, sejarah, jenis, cara membuat serta manfaat yang dihasilkan dengan adanya podcast ini.

Pengertian Podcast

Apa yang dimaksud Podcast? Podcast adalah hasil rekaman audio yang nantinya dapat didengarkan oleh semua orang melalui media internet. 

Podcast berbeda dengan radio yang harus disiarkan secara langsung dan dala frekuensi tertentu. Sedangkan podcast dapat didengarkan kapanpun dan dapat didengarkan melalui media elektronik yang ada.

Saat ini podcast dapat kalian gunakan melalui aplikasi pihak ketiga yang dinamakan Anchor. Karena memiliki sifat yang on-demand, podcast dapat menjadi favorit masyarakat internet saat ini daripada mendengarkan siaran radio yang memiliki batasan dalam frekuensi, waktu dan akses.

Sejarah Podcast

Podcast merupakan singkatan dari “Play on Demand” dan “Broadcast” yang diusulkan oleh Ben Hammersley pada tahun 2004, yang merupakan salah satu jurnalis The Guardian. Kemudian diadopsilah oleh perusahaan Apple dengan produk iPod dan Apple Podcast.

Apple pun kemudian merilis fitur podcast pada tahun 2005. Siaran audio tersebut pun sudah muncul di berbagai jaringan dari radio yang sudah ada seperti NPR, BBC, CBC Radio One dan lainnya. 

Dan sekarang pun kalian dapat membuat podcast untuk kalian sendiri. Tak harus sebuah perusahaan besar saja yang dapat menampilkan tayanga podcast.

Jenis Podcast

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan Podcast dan juga sejarahnya. Berikut ini adalah beberapa jenis podcast yang sering digunakan.

1. Solo Podcast

Untuk jenis podcast satu ini dilakukan secara monolog atau host sendiri. Tujuan dari jenis Solo Podcast adalah untuk menyampaikan informasi, opini, atau juga melakukan sebuah sesi tanya jawab yang dilakukan oleh host dan juga pendengar.

2. Multi host Podcast

Multi host Podcast dilakukan oleh lebih dari satu orang host. Tujuan dari Multi host podcast adalah untuk berbagi informasi dan menawarkan diskusi dengan perspeketif atau sudut pandang yang berbeda beda dari berbagai host. 

Yang juga membuat pendengar semakin tertarik untuk mendengarkan debat dan juga pasti akan membuat trafik pengunjung kalian akan meningkat.

3. Interview Podcast

Yang selanjutnya adalah Interview Podcast dimana host melakukan wawancara kepada narasumber yang berbeda beda pada setiap episodenya. Salah satu contoh Interview Podcast adalah Podcast dari Deddy Corbuzier dalam channel YouTube nya. 

Cara membuat Podcast

Selanjutnya adalah pembahasan mengenai cara membuat podcast dimana ada banyak hal yang aharus dipersiapkan, agar dapat menjadi sebuah konten yang menarik. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat sebuah Podcast.

1. Tentukan tema yang tepat

Yang pertama adalah tentukan dulu tema atau topik apa yang ingin kalian bahas dalam podcast yang akan kalian buat. Pilih kategori sesuai dengan minat anda agar nantinya podcast yang dihasilkan dapat tampil secara maksimal. Saat ini banyak tayangan podcast yang ditayangkan melalui layanan musik digital secara publik.

2. Siapkan alat dan bahan

Selanjutnya persiapkan alat dan bahan yang diperlukan, jangan memakai mikrofon buil in yang terpasang langsung di laptop atau komputer kalian, pakai mikrofon yang terpisah agar hasil suara lebih bagus dan lebih professional.

Lakukan rekaman yang kedap suara atau sepi dari keramaian. Kalian juga dapat memilih mikrofon yang memiliki fitur kedap suara agar tak mendapat gangguan dari suara sekitar kalian.

3. Buat konten yang sesuai dengan tema

Setelah menentukan tema dan menyiapkan alat, selanjutnya adalah membuat script untuk rekaman yang akan ditayangkan. Lakukan perkenalan terlebih dahulu, lalu buat script tentang materi yang akan kalian bawakan. 

Dan juga sesuaikan durasi yang akan dibuat, biasanya sekitar 20 hingga 60 menit, sesuai dan tergantung dengan tema yang akan dibawakan. Ketika membawakan podcast, gunakan Bahasa yang Informatif, jelas, padat, serta interaktif dengan narasumber.

4. Editing dengan software

Banyak aplikasi pengedit audio yang dapat kalian gunakan, seperti Adobe Audition atau Audicity. Audicity cocok untuk yang membutuhkan software secara gratis. Jika membutuhkan aplikasi penyunting yang kompleks dan juga dengan pelayanan yang fleksibel. Maka Adobe Audition merupakan rekomendasi yang tepat.

5. Upload

Selanjutnya adalah proses untuk upload hasil rekaman audio yang telah dibuat. Jangan lupa untuk memberikan judul, deskripsi, kategori, seri dan lain sebagainya.

Kalian juga dapat menggunakan layanan dari pihak ketiga seperti Anchor untuk melakukan unggahan tayangan podcast ke berbagai layanan media digital yang ada. Contohnya adalah seperti Podcast Spotify, SoundCloud, Noise, dan Youtube.

Manfaat Podcast

Berikut adalah keunggulan dan manfaat dari podcast.

- Banyak variasi kategori pilihan

Banyak sekali topik atau kategori yang dibahas dalam membuat podcast. Mulai dari Politik, Komedi, Film, Public Figure, Music, bahkan juga membahas sebuah kepercayaan. Kalian bisa membuat podcast dengan kategori yang sesuai kemampuan kalian.

- Tak mengandung banyak iklan

Didalam sebuah podcast tak ada iklan yang ditayangkan, meskipun anda tak berlangganan. Berbeda dengan radio yang menyelipkan iklan dalam setiap siaran langsung. Sehingga di Podcast kalian dapat mendengar rekaman dengan fokus dan nyaman.

- Mendengarkan siaran jadi lebih fleksibel

Manfaat satu ini yang paling penting, kalian dapat mendengarkan siaran tanpa adanya batasan tempat dan waktu. Beberapa fitur aplikasi yang menayangkan podcast juga memiliki fitur untuk mengunduh tayangan. Jadi kalian dapat mengaksesnya saat berangkat atau pulang kerja, ketika bosan atau bahkan ketika sebelum tidur.

Itulah beberapa penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan podcast dan berbagai penjelasan tentang sejarah, jenis, cara membuat serta manfaat atau keunggulan dari podcast. 

Semakin banyak cara untuk membuat suatu konten dan melalui podcast adalah salah satunya, kalian dapat melakukannya dengan mudah melalui berbagai platform dan bantuan aplikasi yang ada. 

Semoga membantu dan bermanfaat, silahkan share apabila menarik dan juga tinggalkan komentar jika ada kritik atau saran.

Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Apa yang Dimaksud dengan Podcast? Inilah Definisi, Sejarah, dan Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel