-->

9 Cara Memilih Laptop yang Baik untuk Mahasiswa

Cara Memilih Laptop yang Baik untuk Mahasiswa


Dalam dunia perkuliahan kebutuhan laptop sangat penting, baik untuk mengerjakan tugas ataupun untuk melakukan teleconference seperti saat pandemi sekarang ini. 

Bahkan sudah menjadi kewajiban bagi seluruh mahasiswa untuk memiliki laptop agar lebih mudah dalam mengikuti perkuliahan. 

Untuk kalian yang ingin membeli laptop alangkah baiknya perhatikan apa saja yang diperlukan. Berikut adalah 9 cara memilih laptop yang baik untuk mahasiswa:

1. Pastikan kebutuhan kalian

Hal yang pertama adalah pastikan dulu kebutuhan apa saja yang dapat terjadi pada jurusan kalian. Karena tak setiap jurusan sama kebutuhan laptopnya. Pastikan tak membeli asal-asalan. 

Misal kalian kuliah jurusan teknik informatika yang wajib memerlukan laptop untuk melakukan pemrograman/coding sehari-hari, tentu berbeda dengan misalnya mata kuliah pendidikan Bahasa Inggris yang mungkin memerlukan laptop hanya untuk membuat laporan atau presentasi dll.

Baca juga: 7 Cara Mencari Jurusan Kuliah yang Tepat dan Menyenangkan

2. Mencari informasi harga

Kalian dapat mengecek harga melalui marketplace yang tersedia secara online dan banyak ditemukan di dunia maya, atau juga dapat melalui toko-toko yang terpercaya. Bisa juga melalui rekomendasi dari teman atau keluarga.

3. Siapkan budget

Siapkan budget yang diperlukan, mahasiswa yang hanya memerlukan laptop untuk kebutuhan laporan yang hanya mengandalkan Ms word atau power point lebih baik memilih laptop yang memiliki budget disekitar 3-5 juta. Untuk jurusan teknologi informasi mungkin bisa lebih baik dan sedikit lebih mahal disekitar 6-9 juta sudah cukup bagus.

4. Memilih penjual yang terpercaya

Kalian wajib memastikan kalau toko atau penjual yang akan kalian datangi merupakan seller yang terpercaya dan memiliki kualitas yang baik. Jangan asal membeli, tentukan dulu dengan survei, baik dari penjual online maupun penjual langsung. Pastikan juga kondisi laptop dan juga kelengkapannya memiliki kualitas yang tak mengecewakan.

5. Memilih laptop yang bergaransi

Laptop harus memiliki garansi, hal ini penting untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan yang terjadi setelah membeli laptop. Kalian tak perlu kahwatir biaya servis jika laptop memiliki masalah selama masa garansi masih ada, kalian dapat membawa laptop ke tempat kalian membeli.

6. Memilih laptop yang cocok untuk multitasking

Ketika kalian menentukan spesifikasi laptop, pastikan juga laptop dapat digunakan untuk melakukan aktifitas multitasking yang layak. Agar ketika kalian menggunakannya, kalian tak akan menemukan masalah ketika membuka berbagai fitur atau aplikasi di laptop. 

Seperti melakukan tugas di word, memutar musik, mengedit video dan menonton film dengan lancar. Pastikan atau perkirakan juga laptop lancar jika digunakan untuk membuka aplikasi yang berat dengan mengecek spesifikasinya.

7. Memilih sistem operasi yang paling sesuai

Perhatikan dalam membeli laptop untuk memastikan dalam laptop sudah pre installed untuk windows yang original. Pilih sistem operasi yang sudah familiar disarankan untuk memilih OS windows 10 yang sudah didukung dengan beragam aplikasi dan paling populer.

8. Memerhatikan spesifikasi umum laptop

Selanjutnya adalah memperhatikan dan menentukan spesifikasi laptop seusai dengan kebutuhan yang kalian perlukan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti spesifikasi layar, spek CPU, kapasitas RAM, penyimpanan internal, cek kemampuan baterai dan spek lainnya.

9. Memilih ukuran laptop yang portable

Rekomendasi untuk laptop yang memiliki layar antara 11-14 inchi. Jangan memilih yang dibawah 11 atau diatas 14. Dengan ukuran yang pas dapat dibawa kemana saja dan memiliki berat yang tak terlalu membebani tas kalian. Dan tak membutuhkan ruang yang terlalu lebar. Dengan ukuran tersebut, sesuaikan dengan kenyamanan serta fleksibilitas.

Itulah beberapa cara memilih laptop yang baik untuk mahasiswa, jika ada pertanyaan atau tambahan silahkan berikan di kolom komentar. 

Semua tergantung pilihan dan kebutuhan yang kalian perlukan untuk perkuliahan, apalagi di masa pandemi saat ini, perkuliahan yang dilakukan dari rumah menuntut para mahasiswa harus memiliki laptop atau smartphone untuk membantu mereka dalam mengikuti alur perkuliahan. 

Dan juga untuk tugas-tugas yang semakin banyak ketika kuliah di rumah. Semoga bermanfaat dan silahkan share jika menarik dan juga silahkan memberi kritik atau saran dalam artikel ini. Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

10 Komentar untuk "9 Cara Memilih Laptop yang Baik untuk Mahasiswa"

  1. Aku bukan mahasiswa tapi lagi butuh laptop. Artikelnya sangat membantu kak. Thank you.

    Btw, untuk konten writer budget 3-4jt an cocoknya pakai laptop apa ya kak?

    BalasHapus
  2. Cocok banget nih infonya buat adek yang mahasiswa. Emang yang palong penting harus sesuai dengan kebutuhan dulu, apa aja spek yang support. Apalagi yang ukurannya pas buat mobile.

    BalasHapus
  3. Herijo Said: kalo saya, setelah cek spek laptop di internet dan tau harganya, langsung aja meluncur ke mal mangga dua dan keliling cari harga yg miring. Riskan juga kalo beli online takut rusak di jalan atau gak sesuai harapan.

    BalasHapus
  4. Untuk masalah spesifikasi laptop, terutama bagi yang awam-awam banget, bisa ajak temannya untuk berbelanja. Usahain, temannya rewel paham spek :D

    BalasHapus
  5. Tambahan mungkin ni mas, laptop dengan performa bagus untuk bermain game. Pasti spek seperti ini juga dibutuhkan mahasiswa. Hehehee

    BalasHapus
  6. Laptop sekarang ini menjadi suatu kebutuhan sekunder yang wajib dipenuhi, kalau tidak hmm betapa susahnya dengan sistem serba digital saat ini.

    Aku IRT aja butuh laptop untuk kegiatan sehari-hari dan sekolah anak. Apalagi mahasiswa. Bagian spek sesuai kebutuhan memang paling penting banget.

    BalasHapus
  7. Buat blogger, poin pertama perlu banget diperhatikan yaitu kebutuhannya untuk apa. Laptopnya harus yg bisa buat browsing lancar utk cari referensi dan memori memadai buat nyimpen banyak tulisan dan foto.

    BalasHapus
  8. Di era pandemi harga laptop menggila. Artikelnya sangat amat membantu mas kebetulan adek sayamaba dan butuh laptop

    BalasHapus
  9. Betul banget harus dipikir apa aja sih yahg dibutuhkan buat kuliah, mulai dari kebutuhan memori dan aplikasi yang dibutuhkan

    BalasHapus
  10. Kalo saya sebagai IRT dan suka nulis, butuh spek laptop yang tahan banting (wkwk soalnya bakalan rebutan sama anak laki dan udah pernah ngalamin laptop dilempar :")) nggak lagi dah

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel