-->

Pengertian dan Contoh Big Data dalam Kehidupan Sehari-hari

Pengertian dan Contoh Big Data dalam Kehidupan Sehari-hari


Big data menjadi suatu perkembangan teknologi yang sedang berlangsung saat ini. Kalian tentu sudah sering mendengar tentang teknologi big data. Artikel ini akan menjelaskan p
engertian dan contoh big data dalam kehidupan sehari-hari.

Penggunaannya sangat diperlukan untuk mengelola, memanajemen dan menyimpan informasi secara terstruktur dan sistematis. Banyak perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan kapasitas penyimpanan data yang besar.

Sedangkan untuk proyek yang tak terlalu besar biasanya hanya memerlukan database yang open source seperti PostGre, MySQL, Maria DB dan masih banyak lagi. 

Namun jika kebutuhan data berasal dari berbagai sumber atau sangat membutuhkan tempat yang dapat menampung banyak. Lebih baik untuk menggunakan teknologi big data.

Pengertian Big Data

Apa sih big data itu? big data adalah kumpulan dari data yang besar dan juga kompleks, terutama dari sumber data yang baru. Big data itu sendiri merupakan pengembangan dari suatu sistem database pada umumnya. 

Yang membedakannya adalah dari segi proses data, jenis data, dan volume yang tersedia lebih variatif dan juga banyak dibandingkan dengan DBMS (Database Management System).

Karakteristik big data

- Volume

Kapasitas data yang dimiliki oleh big data sangatlah besar. Kalian dapat melakukan proses data yang ukurannya besar.

- Value

Nilai dari data setelah data tersebut diolah. Data akan bernilai jika proses pengolahan baik sehingga dapat membantu dalam mengambil keputusan yang baik.

- Veracity

Veracity merupakan tingkat keakuratan dari set data. Berdasarkan dari tingkat kebenaran data yang baik, keputusan yang diambil disaat mengolah data akan memberikan hasil terbaik.

- Velocity

Velocity merupakan kecepatan yang sangat cepat saat data diterima dan langsung dapat digunakan. Kecepatan paling tinggi yang dapat diperoleh langsung dari data ke memori apabila dibandingkan dari yang ditulis pada sebuah disk.

- Variety

Variety merupakan jenis data yang tersedia. Jenis data tradisional biasanya lebih terstruktur. Namun masih ada data yang belum terstruktur seperti text, audio, dan video yang perlu diproses supaya anda bisa tahu maksud dari data tersebut.

Contoh Big Data dalam kehidupan sehari-hari

1. Penggunaan Internet

Informasi yang setiap hari kalian cari merupakan data-data yang disimpan oleh Google. Pasti kalian setiap harinya kan?

2. Smart Devices

Beberapa peralatan rumah tangga yang kalian gunakan dirumah seperti smart tv, smart car dll. Mempunyai konsep smart appliance. Konsep ini yang membuat peralatan anda dapat terhubung satu dengan yang lain dan dapat diatur melalui smartphone. 

Semua data dari smart device yang dikumpulkan akan diterima produsen yang nantinya akan melakukan pembaharuan layanannya dan menawarkan teknologi terbaru untuk kalian.

3. Media Sosial

Berbagai video atau foto yang kalian upload di media sosial setiap hari merupakan bagian dari data.

4. Digitalisasi Media

Sebelumnya kalian pasti menggunakan DVD atau CD untuk melihat video atau mendengarkan musik, dengan begitu kalian tak akan meninggalkan jejak digital. 

Sekarang ini ada aplikasi seperti Netflix atau spotify yang dapat merekam jejak digital kalian dan bisa mencatat apa saja yang biasa kalian lihat atau dengar. Sehingga pelayanan akan semakin ditingkatkan dan semakin baik.

5. Penggunaan Smartphone

Smartphone juga merekam informasi dan data yang anda lakukan sehari-hari seperti telpon dan sms.

Fungsi big data

1. Dapat menentukan penyebab masalah atau kegagalan secara real time

Salah satu fungsi dari big data adalah menganalisa dan menentukan penyebab masalah yang terjadi secara real time. Pengguna dapat meminimalisir kegagalan yang terjadi pada proses penyimpanan data. Hasil analisis tersebut juga dapat muncul secara real time.

2. Mengambil suatu keputusan dengan tepat

Big data juga menggabungkan sistem dengan perangkat teknologi cerdas yaitu AI (Artificial Intelligence) dan IoT (Internet Of Things). Bertujuan untuk memberikan dan juga menyimpan data serta informasi yang dibutuhkan oleh pengembang produk.

3. Mendeteksi perilaku yang menyimpang dalam struktur bisnis

Big data dapat melakukan rencana penanggulangan kegagalan atau perilaku yang menyimpang dengan lebih cepat dan akan membantu aktivitas bisnis perusahaan.

4. Meningkatkan performa serta menghemat biaya dan waktu

Perusahaan akan menggunakan big data tentu untuk menghemat biaya dan waktu. Waktu untuk mengelola menjadi lebih cepat dengan menggunakan transfer data diatas rata-rata sistem database lain.

Itulah pengertian dan contoh big data dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat, silahkan share jika menarik dan tinggalkan komentar jika ada kritik atau saran. Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Contoh Big Data dalam Kehidupan Sehari-hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel