-->

11 Rekomendasi Kuliah Jurusan IT dan Prospek Kerjanya

Kuliah Jurusan IT dan Prospek Kerjanya

Pada zaman yang semakin berkembang saat ini setiap pekerjaan mengandalkan adanya teknologi. Teknologi serta informasi menjadi komponen penting untuk membantu kehidupan sehari-hari. 

Komputer maupun smartphone tak hanya digunakan untuk bersenang-senang. Setiap aplikasi atau fitur-fitur yang ada dibuat oleh para ahli teknologi. 

Dan sekarang sudah banyak jurusan di bidang IT dalam perguruan tinggi. Untuk kalian yang berminat dan menyukai tentang IT dapat melihat beberapa rekomendasi kuliah jurusan IT berikut:

1. Teknik Informatika

Teknik informatika atau bisa juga disebut dengan jurusan TI ini merupakan jurusan yang memfokuskan keahlian dalam melakukan desain dan mengimplementasikan sistem komputer termasuk hardware dan software.

Baca juga: 7 Cara Mencari Jurusan Kuliah yang Tepat dan Menyenangkan

Prospek kerja : software engineer dan developer, data scientist, web developer. 

2. Teknologi Informasi

Berbeda dengan Teknik Informatika, TI yang satu ini adalah Teknologi Informasi yaitu jurusan yang didalamnya memperlajari bagaimana solusi teknologi komputer bagi sebuah perusahaan atau sekolah sekalipun. 

Teknologi Informasi juga berbeda dengan Sistem Informasi, Teknologi Informasi lebih menekankan aspek teknologi dari pada aspek informasi.

Prospek kerja : system analyst, system developer, media digital development.

3. Sistem Informasi

Jurusan Sistem Informasi mengintegrasikan teknologi informasi dengan suatu proses bisnis, dalam jurusan ini tak hanya memfokuskan pada teknologi informasi saja. 

Tetapi juga mengedepankan aspek bisnis untuk memberikan informasi bisnis suatu perusahaan dan manajemen untuk meningkatkan keuntungan suatu perusahaan dengan memperhatikan aspek teknologi juga tentunya.

Prospek kerja : data scientist, software developer, tata kelola TI, system analyst, web developer.

4. Manajemen Informatika

Lulusan jurusan Manajemen Informatika memiliki keahlian untuk menganalisa dan mendesain komputer untuk kebutuhan bisnis suatu peusahaan.

Proses kerja : IT consultant, web developer, database engineer.

5. Desain Komunikasi Visual

Jurusan ini tentu behubungan dengan teknologi seharinya karena pada jurusan Desain Komunikasi Visual atau DKV ini kalian akan memakai perangkat komputer untuk melakukan desain menggunakan software khusus untuk melakukan desain grafis.

Prospek kerja : editor film dan video, sutradara, animator, desainer produk.

6. Teknik Komputer

Jurusan ini lebih mempelajari secara mendalam tentang komputasi dan dasar landasan teori informasi. Jurusan ini menggabungkan tentang Teknik listrik dan ilmu komputer.

Prospek kerja : programmer, network administrator, computer analyst, database administrator.

7. Ilmu Komputer

Jurusan ini mempelajari cakupan keilmuan komputer yang luas, dalam jurusan ilmu komputer akan mempelajari konsep dan teori ilmu komputer serta mempelajari tentang perkembangan software.

Prospek kerja : web developer, system analyst, software developer, data scientist, product manager.

8. Film 

Jurusan perfilman juga termasuk dalam salah satu bidang IT. Sama seperti jurusan desain, jurusan film juga akan memerlukan perangkat komputer untuk melakukan editing video dan hasil shooting untuk dijadikan sebuah film.

Prospek kerja : sutradara, produser, kritikus program film, program designer.

9. Animasi

Kalian akan diajarkan bagaimana membuat animasi yang baik, mempelajari bagimana membuat gambar bergerak. Tentunya akan memakai beberapa perangkat untuk menegerjakan tugas-tugas yang diberikan dan hampir sama dengan beebrapa jurusan lain yang membutuhkan software-software khusus.

Prospek kerja : animator keyframe, storyboard artist, produser film animasi.

10. Fotografi

Jurusan ini akan cocok untuk kalian yang memiliki hobi memotret dan bercita-cita menjadi fotografer professional. Kalian akan mempelajari teknik-teknik dalam dunia fotografi.

Prospek kerja : event photographer, wedding photographer, photojournalist.

11. Rekayasa Perangkat Lunak

Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) atau bisa disebut Software Engineering merupakan jurusan yang bertujuan untuk mengembangkan dan mengelola software dalam skala yang besar.

Prospek kerja : software tester, IT consultant, programmer, software engineer, game developer.

Itulah 11 rekomendasi untuk kuliah dalam jurusan IT dan beberapa prospek kerja yang ada, masih banyak lagi prospek kerja dalam karir seorang lulusan IT. Jurusan IT juga ada banyak dan masih terus berkembang selagi pekembangan teknologi yang juga semakin cepat.

Semoga bermanfaat, share apabila menarik dan silahkan berkomentar jika ada saran atau kritik, dan juga jika ada jurusan IT yang belum disebut, silahkan beri di kolom komentar.

Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

13 Komentar untuk "11 Rekomendasi Kuliah Jurusan IT dan Prospek Kerjanya"

  1. animasi nih kayaknya yang lag hype banget sama web developer
    secara masih pada adaptasi shifting 😁

    BalasHapus
  2. Setuju sekali, prospek jurusan IT memang menjanjikan. Apalagi sekarang sudah banyak produk AI dan IoT yang semakin canggih. Bahkan produk tersebut dipakai nggak hanya di bumi tapi juga luar angkasa. 😱

    BalasHapus
  3. Memang prospek kerja jurusan IT banyak banget dan akan tersus dibutuhkan mengingat teknologi terus berkembang. Apalagi sekarang udah mulai pada berbondong-bondong bikin metaverse, akan semakin banyak lulusan IT yang dicari.

    BalasHapus
  4. di zaman yang semakin modern dan canggih, orang-orang yang mempunyai keahlian di bidang IT pastinya akan semakin dibutuhkan. So, setuju banget prospek kerja untuk lulusan IT sangat potensial sekali

    BalasHapus
  5. Sistem informasi 🙌🙌..

    Sedang belajar meniti karier menuju web developer. Untuk sekarang lebih fokus ke dunia content 😁

    BalasHapus
  6. Wah ternyata lingkup kerja jurusan IT luas ya bahkan bisa juga animasi, film, dan fotografi. Aku sangka cuma di depan komputer aja bikin programming hehe.. Makasih ka sharingnya

    BalasHapus
  7. Di zaman saat ini yang semakin canggih kebutuhan terhadap lulusan IT amat sangat dibutuhkan.

    BalasHapus
  8. Jurusan IT memang sangat menjanjikan dan laku di bursa kerja. Hampir semua perusahaan sekarang perlu tenaga ahli IT

    BalasHapus
  9. Di ITS teknik informatika masih jadi primadona karena emang lagi banyak dibutuhkan di dunia kerja

    BalasHapus
  10. Wahh ternyata di bidang it pun terbagi bagi lagi jurusannya. Bisa jadi referensi untuk adik yg tahun ini berkuliah. Terimakasih untuk penjelasannya mas

    BalasHapus
  11. Yang menarik jurusan rekayasa perangkat lunak. Nama jurusan keren, dan itu jurusan saya. Hehe terima kasih

    BalasHapus
  12. Jadi ingat, dulu punya kenalan anak DKV Trisakti. Dia jago banget bikin produk. Hasil desainnya keren dan berdaya jual juga. Hihi

    BalasHapus
  13. Keren banget kak tulisan artikelnya, bikin nambah pengetahuan. Keep sharing ya kak

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel