-->

Pengertian dan Contoh Internet of Things dalam Kehidupan Sehari-hari

Mengenal Internet of Things 

Kemudahan selalu diberikan melalui pemanfaatan teknologi yang baik untuk kebutuhan sehari-hari. Manusia menjadi semakin inovatif dari waktu ke waktu. Dengan adanya kemudahan tersebut diharapkan semakin memberikan manfaat bagi setiap pihak. 

Internet of Things atau bisa disebut IoT merupakan salah satu teknologi yang sering kita temuhi dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah, kantor bahkan di tempat umum. 

Teknologi IoT berperan penting dalam setiap aspek kehidupan. Dalam artikel ini akan dijelaskan apa yang dimaksud dengan IoT serta sejarah singkat, penerapan dan juga manfaat yang dapat diperoleh untuk orang lain.

Pengertian IoT

Apa itu IoT? Internet of Things merupakan suatu konsep dimana suatu objek dapat mengirimkan data melalui jaringan tanpa bantuan manusia ataupun perangkat komputer. 

Adanya chip dan banyaknya jaringan nirkabel membuat IoT semakin berkembang di segala perangkat. IoT juga dapat diartikan sebagai komunikasi antar mesin dengan jaringan dimana manusia hanya sebagai penggunanya. Bertujuan untuk menambah manfaat dalam hal konektivitas internet yang dapat tersambung secara terus menerus.

Sejarah IoT

Sejarah IoT berkembang juga selaras dengan perkembangan jaringan internet dan adanya teknologi wireless, nirkabel, quick responses dan microelectromechanical.

Toaster atau alat pemanggang roti merupakan salah satu contoh sebuah perangkat IoT yang ditemukan oleh John Romkey dan Simon Hackett. 

Dimana mereka menghidupkan dan mematikan toaster melalui jaringan internet. Sebuah kecanggihan teknologi yang maju pada saat itu yaitu tahun 1989. Selanjutnya pada tahun 1994 IoT lainnya diciptakan dalam bentuk wearcam oleh Steve Mann. 

Dan pada tahun 1997 ditemukan teknologi sensor yang dapat digunakan diberbagai macam perangkat oleh Paul Saffo. Lalu pada akhirnya di tahun 1999 Kevin Ashton dari MIT mengemukakan konsep IoT yang dikenal hingga saat ini.

Unsur-unsur IoT

Beberapa unsur yang menunjang IoT secara maksimal:

1. Artificial Intelliegence

Artificial Intelligence atau dalam Bahasa Indonesia berarti “kecerdasan buatan” merupakan sebuah teknologi yang dapat berpikir layaknya manusia. 

Dalam IoT, Artificial Intelligence menjadi pengumpul data, mengembangkan algoritma dan melakukan pemasangan jaringan. Dengan begitu mesin tidak perlu bantuan manusia secara penuh dalam mengontrol. 

AI dapat melakukan pekerjaan mereka sendiri tanpa instruksi. Seperti contoh sebuah robot yang dapat melayani manusia dengan kemampuan mendeteksi apa yang diperlukan tanpa adanya intruksi.

2. Konektivitas jaringan internet

Jaringan internet tentu sangat menunjang sistem IoT untuk berkomunikasi dan melakukan tugas dengan lancar. 

Konektivitas yang diberikan harus stabil. Konektivitas bisa disebut juga dengan koneksi antar jaringan. Dalam sistem IoT, setiap sistem akan terhubung dengan jaringan.

3. Perangkat mikro

Dalam era yang modern saat ini, perangkat yang berukuran kecil lebih nyaman dan efisien. Dan juga pengeluaran biaya yang sedikit.

4. Sensor

Sensor bertujuan untuk mengubah perangkat IoT dalam jaringan yang pasif berubah menjadi aktif dan terintegrasi  dengan lingkungan dan juga dapat melakukan fungsi yang sesuai.

5. Keterlibatan aktif

Siste IoT cenderung melibatkan penerapan secara aktif dalam produk dan layanan yang tersedia, namun masih banyak perangkat konvensional yang menggunakan keterlibatan secara pasif.

Contoh atau penerapan IoT

1. Smart city

Sistem IoT dapat membantu smart city dalam memantau dan mengelola lingkungan sekitar secara real time seperti mengecek debit air waduk, banjir, trafik lalu lintas dan lain sebagainya.

2. Transportasi 

Dengan kendaraan yang dapat digunakan tanpa intruksi akan memudahkan pengguna tentunya, hal ini sudah dapat dilihat pada perusahaan Tesla oleh Elon Musk. Dimana pengemudi dapat menjalankan mobil tanpa disetir atau diremot.

3. Energi 

IoT dapat menciptakan sensor cahaya yang dapat menghemat energi listrik, IoT juga dapat menjadwalkan penghematan pada perangkat smartphone, kulkas, Tv dan yang lain untuk menghindari pemborosan sumber daya dan mengurangi pencemaran polusi.

4. Kesehatan 

Dalam industri kesehatan pun IoT sudah berperan dalam berbagai hal seperti pengecekan detak jantung hingga bedah dll.

Manfaat IoT

1. Efisiensi yang tercapai

Tentu saja setiap teknologi memberi dampak efisiensi terhadap penggunanya, IoT memudahkan kita untuk melakukan aktivitas sehari-hari bahkan aktivitas yang penting dan bermanfaat hingga dapat menolong setiap orang.

2. Proses konektivitas mudah

IoT bermanfaat untuk memudahkan proses konektivitas antar mesin atau perangkat sehingga sistem dapat berjalan dengan lancar.

3. Efektif dalam memonitor kegiatan

IoT dapat melakukan kontrol pekerjaan dengan lebih efektif dan dapat memberikan rekomendasi sebuah kegiatan yang dapat dilaksanakan pengguna.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai Internet of Things yang dapat kalian baca dan semoga membantu. IoT membantu setiap aspek kehidupan kita lewat smartphone atau laptop salah satunya. Membantu dalam perusahaan-perusahaan besar juga. 

Setiap detik ide-ide baru terus bermunculan dan jika segera diimplementasikan pasti dapat membantu banyak orang. Semoga perkembangan teknologi sekarang lebih maju lagi dan dapat dipergunakan dalam hal yang positif. 

Semoga artikel ini bermanfaat. Apabila ada yang kurang berkenan silahkan tinggalkan kritik atau saran. Share juga bila menarik.

Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

5 Komentar untuk "Pengertian dan Contoh Internet of Things dalam Kehidupan Sehari-hari"

  1. yang paling aku suka dari adanya iot ini adalah semua benda bisa tersingkronasi jadi satu haha jadi nggak perlu lagi repot-repot ngatur satu-satu. kayak misalnya sekarang Xiaomi atau Apple udah bisa dikendalikan pake hp semua hihi 😁

    BalasHapus
  2. Keren bro, ya, salah satu penerapan IoT yang paling kentara terlebih di Indonesia adalah smart city. Jakarta dengan sistem JAKI, peta jakarta, dan CCTV integrasi.
    Semoga kedepannya Indonesia, secara keseluruhan, bisa mengembangkan teknologinya lebih merata, dan lebih maju

    BalasHapus
  3. Wah menarik pembahasannya, apalagi pakai contoh yang sedang tren. Jadi makin paham soal IoT

    BalasHapus
  4. Sdikit kudet seperti.y sy, sy nggak terlalu ngerti sama yg dibahas

    BalasHapus
  5. Internet of Things alias IoT ini semakin akrab dengan kesharian kita, apalagi yang banyak digunakan adalah penggunaaan sensor cahaya pada peralatan listrik. Ini lumayan menghemat energi dan cost. Belum lag penggunaan CCTV dengan koneksi ke smartphone.

    Btw, senang baca ulasan disini lengkap, aku jadi paham sejarah IoT kak.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel