-->

Pengertian dari CMS adalah? Kenali Contoh, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian dari CMS adalah?

Jika kalian ingin membuat sebuah website namun masih bingung dalam mempelajari Bahasa pemrograman, maka CMS adalah solusi yang tepat, kalian juga tak perlu menyewa seorang programmer.  

CMS dapat mengelola dan menampilkan tampilan untuk website dengan cara yang lebih praktis dan efektif dalam pembuatannya. Dalam artikel ini akan dijelaskan apa pengertian dari CMS dan bagaimana manfaat, serta kekurangan dari CMS.

Apa itu CMS?

Pengertian dari CMS adalah sebuah software yang memiliki fungsi untuk mengelola, mengubah, dan juga mempublikasikan konten website. CMS merupakan singkatan dari Content Management System. Contohnya seperti blog, forum, landing page, company profile dll.

CMS menjadi media yang tepat bagi kalian yang ingin mengembangkan sebuah situs untuk pemula dan tak ingin belajar bahasa pemrograman terlalu dalam. Karena dengan CMS hampir tak ada yang namanya coding, hanya beberapa CMS saja yang menyediakan tempat untuk mengedit html seperti Blogspot/blogger.

Beberapa menu yang membantu dan dapat kalian lihat dalam CMS adalah seperti mengelola halaman dan postingan, mengatur tampilan website, mengupload gambar dan video, dan masih banyak lagi.

CMS dibagi dalam 2 jenis yaitu hosted CMS dan Self Hosted CMS, Hosted CMS merupakan CMS yang tak memerlukan proses penginstalan. Sedangkan Self Hosted CMS harus melalui penginstalan yang harus kalian lakukan sendiri ke hosting.

Manfaat CMS

1. Membuat website tanpa harus melakukan coding

2. Meningkatkan efisiensi bisnis online

3. Memudahkan penataan tampilan website

4. Menambahkan plugin dengan berbagai fungsi

5. Membuat website menjadi lebih aman

6. Dapat memudahkan pengelolaan secara bersama

Contoh CMS

1. Wordpress

Wordpress merupakan salah satu CMS yang paling banyak digunakan untuk saat ini. Sudah digunakan lebih dari 40% pengguna website di dunia seperti TED Blog, BBC America, dan TechCrunch. 

Keuntungan yang didapat dari CMS Wordpress adalah adanya fitur plugin yang mendukung proses optimasi situs web dan pengembangan tampilan. 

Beberapa plugin yang sangat berguna dalam Wordpress antara lain adalah seperti backup konten secara otomatis, menulis konten yang SEO friendly, merubah tampilan website, dll.

2. Wix

Wix merupakan perusahaan yang memberikan solusi all in one untuk pembuatan sebuah website. Wix menggunakan domain dan paket hosting dari layanan mereka sendiri. 

Wix menjadi CMS yang memiliki popularitas tinggi untuk para pebisnis atau perorangan yang menginginkan solusi all in one. Biaya berlangganan untuk Wix terbilang cukup mahal dibandingkan biaya sewa web hosting dan domain.

3. Joomla

Joomla memiliki plugin dan tema yang seperti yang ada pada CMS Wordpress. Sistem manajemen yang tersistem merupakan keunggulan dari CMS Joomla. Pembuatan laman situs, artikel atau blog pun dapat dilakukan secara cepat dan fleksibel.

4. Drupal

Drupal dirancang guna mengatasi banyaknya pengunjung, Tesla dan NASA menjadikan Drupal sebagai platform mereka karena alasan tersebut.

5. Magento

Magento khusus diutamakan untuk membangun situs e-commerce. Fitur-fiturnya pun cocok untuk sebuah toko online.

6. PrestaShop

PrestaShop merupakan CMS yang hampir sama dengan Magento yang khusus untuk melayani pembuatan situs e-commerce, namun PrestaShop memiliki fleksibilitas dan peforma fitur lebih rendah.

7. Blogger

Blogger merupakan solusi tepat untuk kalian yang ingin membuat blog. Platform ini milik Google sendiri, untuk menggunakan blogger kalian hanya perlu memiliki akun Google sehingga tak perlu membeli hosting sendiri. 

Data akan disimpan di server Google dan dijamin keamanan serta kecepatan yang tak diragukan lagi. Keunggulan Blogger adalah dapat diintegrasikan dengan layanan Google yang lain seperti Google Analytics dan Google Search Console.

Kelebihan CMS

Berikut adalah kelebihan dari Content Management System.

1. Mempermudah proses pembuatan website dan publikasi dengan cepat

2. CMS open source dapat diakses secara gratis

3. Mempermudah kustomisasi tampilan dengan membuat template atau tema sendiri

4. Memiliki fitur dalam manajemen user

5. Tak perlu Bahasa pemrograman yang terlalu banyak atau dominan

Kekurangan CMS

Content Management System sendiri juga memiliki kekurangan sebagai berikut.

1. Template yang digunakan juga bisa dipakai oleh berbagai website lainnya.

2. Fleksibilitas pengembangan fitur lebih lemah daripada proses pengembangan yang menggunakan coding.

3. Menimbulkan masalah kompabilitas karena penggunaan plugin yang berlebihan.

4. Load time website dapat terdampak, sehingga nilai user experience di mesin pencarian Google akan turun.

Itulah penjelasan untuk pengertian dari CMS. Terdapat kelebihan dan kekurangan yang dapat ditemukan dalam CMS. Setiap orang memiliki kemampuan masing-masing dan silahkan untuk mencoba CMS jika kalian masih kesulitan dalam mempelajari Bahasa pemrograman, dan untuk kalian yang ingin membuat website blog/artikel, website e-commerce atau yang lain secara mudah dan praktis. 

Semoga membantu, silahkan share jika menarik dan silahkan beri komentar untuk kritik atau saran.

Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dari CMS adalah? Kenali Contoh, Kelebihan, dan Kekurangannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel