-->

Perusahaan Unicorn adalah? Definisi, Contoh, Bedanya dengan Decacorn dan Hetocorn

Perusahaan Unicorn adalah? Definisi, Contoh, Bedanya dengan Decacorn dan Hetocorn


Indonesia dapat berbangga dengan berita yang baru-baru ini terdengar tentang salah satu startup anak bangsa yaitu Kopi Kenangan, yang melakukan bisnis dengan produk minuman dapat menjadi salah satu perusahaan Unicorn baru yang ada di Indonesia dan sampai dikenal dunia. 

Ada banyak lagi perusahaan di Indonesia yang bisa dibilang Unicorn. Ada juga tingkat perusahaan atau startup yang memiliki penyematan nama di atas Unicorn yaitu Decacorn dan Hetocorn. 

Apa sih yang dimaksud dengan Perusahaan Unicorn? Bahkan ada juga Decacorn dan Hetocorn. Apa yang membuat perusahaan tersebut dapat bergelar seperti itu? berikut ini silahkan kalian simak penjelasan yang akan saya sampaikan.

Perusahaan Unicorn adalah?

Perusahaan unicorn adalah istilah untuk sebuah startup atau perusahaan yang memiliki nilai valuasi mencapai 1 Miliar USD atau setara dengan Rp 14 Triliun. Valuasi merupakan nilai ekonomi dari sebuah perusahaan. 

Aileen Lee merupakan orang pertama yang mempopulerkan istilah Unicorn ini. Ia merupakan seorang investor dan sekaligus pendiri Cowboy Ventures. 

Penamaan Unicorn pertama kali muncul dalam artikel yang ditulis oleh Aileen Lee yang terbit di Techcrunch yang berjudul “Welcome to The Unicorn Club” pada bulan November 2013.

Unicorn dalam metodologi Yunani adalah hewan yang mirip dengan kuda yang memiliki tanduk pada bagian kepalanya. Dan sekarang istilah Unicorn ini dipakai untuk menyebut sebuah perusahaan atau startup yang memiliki nilai valuasi 1 Miliar USD.

Untuk dapat menjadi sebuah Unicorn, perusahaan harus bersaing dan memiliki pencapaian yang luar biasa untuk bersaing dengan competitor lainnya.

Contoh Perusahaan Unicorn Indonesia

Beberapa perusahaan Unicorn yang telah ada di Indonesia antara lain adalah

- Gojek dan Tokopedia (GoTo)

- Bukalapak

- J&T Express

- Xendit

- Traveloka

- Ajaib

- Ovo

- Onlinepajak

-       Kopi Kenangan

Bedanya dengan Decacorn dan Hetocorn

Decacorn

Decacorn juga berasalh dari kata Bahasa Yunani, Deka berarti 10 yang ditambahkan dengan istilah Unicorn. Sama juga dengan namanya, Decacorn memiliki arti perusahaan yang memiliki nilai valuasi sepuluh kali lipat yaitu sebesar 10 kali lipat dari nilai valuasi Unicorn. 

Decacorn memiliki nilai valuasi 10 Miliar USD. Beberapa perusahaan yang bisa dibilang Decacorn seperti Grab, Dropbox, Xiaomi, Toutiao (Bytedance). 

Gojek menjadi perusahaan pertama yang bisa dibilang sebagai perusahaan Decacorn pertama di Indonesia berdasar data dari CBInsight Real Time Unicorn Tracker pada tahun 2019. Tokopedia juga diharapkan menyusul kesuksesan Gojek.

Hetocorn

Sedangkan untuk Hetocorn adalah perusahaan yang memiliki nilai valuasi lebih besar dari Unicorn dan Decacorn. Nilai valuasinya mencapai 100 Miliar USD atau sekitar 1400 Triliun Rupiah. Beberapa perusahaan atau startup yang memiliki sebutan Hetocorn adalah seperti  Google, Apple, Facebook, Microsoft, Cisco, Oracle.

Itulah definisi, contoh, dan juga perbedaan dari perusahaan atau startup Unicorn, Decacorn dan juga Hetocorn. 

Kunci keberhasilan dari beberapa perusahaan yang dapat mencapai tingkatan tersebut adalah kerja keras dan manajemen perusahaan yang baik terutama dalam hal keuangan sehingga para investor dapat bersedia menanamkan modalnya karena laporan keuangan yang dihasilkan sangat baik. 

Tak semua perusahaan dapat dikatakan sebagai Unicorn, Decacorn atau bahkan Hetocorn. Hanya perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi informasi dengan basis internet. Seperti beberapa aplikasi yang bergerak dalam bidang jasa perdagangan, transportasi, atau juga berbagai jenis pembayaran dan masih ada beberapa jasa lain. 

Semoga bermanfaat, silahkan share apabila menarik dan silahkan tinggalkan komentar jika ada kritik ataupun saran. 

Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

8 Komentar untuk " Perusahaan Unicorn adalah? Definisi, Contoh, Bedanya dengan Decacorn dan Hetocorn"

  1. grab termasuk decacorn??? wah kereennn
    semoga aja makin banyak startup indonesia yang masuk unicorn trus jadi hetocorn hihi

    BalasHapus
  2. Astaga sy taunya cuma unicorn doang serius, akhirnya bisa tambah wawasan lagi

    BalasHapus
  3. Wow sampai Hetocorn rupanya sekarang, aku baru update ke decacorn rupanya udah ada istilah baru hihi.

    Informatif sekali artikelnya.

    BalasHapus
  4. Oh selama ini saya kira perusahaan unicorn itu yang jual boneka unicorn. Silly, I know. Tapi beneran, itu yang saya pikirkan tentang perusahaan unicorn. Ternyata, itu sebutan untuk perusahan dengan nilai 14T. Quiet large ya.

    Kalau UMKM ada yang senilai itu nggak ya.

    BalasHapus
  5. Semoga makin banyak perusahaan lainnya yg jadi unicorn ya. Kali bisa mencapai decacorn

    BalasHapus
  6. Wah grab keren ihhh. Btw baru tau juga kopi kenangan masuk unicorn. Nambah info nih.

    BalasHapus
  7. Wah baru tahu ada istillah detacorn dan hetocorn. Berarti untuk info terbaru, belum ada perusahaan yang bisa mencapai hetocorn ya?

    BalasHapus
  8. Tapi untuk Hetocorn atau detacorn nama perusahaannya bukan start up lagi deh. Karena perusahaan sekelas google dan apple saya kira pemain lama. 😁

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel