-->

Apa Itu Afiliator? Ini Penjelasan dan Cara Kerjanya

Apa Itu Afiliator? Ini Penjelasan dan Cara Kerjanya


Akhir-akhir ini afiliator menjadi hal yang sering dibicarakan di media sosial. Adanya beragam berita tentang afliator binary option yang sedang menjadi kasus dan telah diselidiki sampai saat ini.

Tapi sebenarnya apakah masyarakat mengetahui apa itu afiliator? Apakah masyarakat lantas memandang afiliator merupakan hal yang buruk? Yang dikarenakan telah mendengar berbagai berita di media sosial ataupun televisi. 

Nah, sebelum salah paham dengan semua itu, alangkah baiknya mengetahui apa itu afiliator, dan apa saja yang harus diketahui tentang bagaimana cara kerja seorang afiliator. Dan apakah kalian pernah mendengar tentang apa itu afiliator trading? Mari simak artikel berikut untuk informasi lebih lanjut.

Apa itu Afiliator?

Afiliator adalah istilah untuk menyebut mereka yang menjalankan sebuah bisnis afiliasi. Afiliasi merupakan marketing produk dengan link unik. Yaitu dengan mengajak orang untuk ikut mendaftar ataupun membeli produk dari bisnis barang maupun jasa. 

Cara kerjanya adalah memasarkan produk baik itu barang maupun jasa dengan menggunakan link unik yang kalian miliki. Contohnya untuk mendaftar sebuah situs, membeli barang dari marketplace atau melakukan aktivitas lainnya didalam sebuah situs. Secara umum afiliasi adalah sebuah bentuk usaha yang saling menguntungkan. 

Apa itu Afiliate Trading

Afiliate trading merupakan suatu transaksi yang dilakukan perusahaan dengan anak perusahaan. Sedangkan pelaku afiliate trading adalah seorang afiliator trading. Afiliator trading merupakan mereka yang melakukan promosi untuk platform trading melalui link yang mereka miliki untuk menarik para calon pengguna untuk mendaftar setelah itu afiliator akan mendapatkan komisi. 

Affiliate trading melibatkan para pemegang saham dalam sebuah perusahaan karena efek yang diberikan cukup besar. Namun lama kelamaan tak hanya bidang bisnis saja yang menggunakan istilah ini. Banyak juga bidang lain yang menggunakan istilah afiliate trading ini.

Apa itu Binary Option

Afiliator juga sebutan bagi mereka yang mempromosikan suatu produk untuk orang lain. Dalam hal ini mereka adalah yang mempromosikan binary option pada masyarakat awam. 

Binary option adalah suatu produk keuangan dimana pihak yang ikut serta dalam transaksi itu diberi dua pilihan dan harus memilih salah satunya. Biasanya binary option menggunakan indeks saham atau aset forex dalam praktiknya. 

Hal yang menjadikan binary option banyak diperbincangkan adalah sistemnya yang seperti perjudian dan menguntungkan satu pihak saja dan merugikan pengguna atau masayarakat yang tertipu dengan iming-iming keuntungan sekejap mata. Inilah yang menjadi perbincangan masayarakat saat ini.

Penghasilan Afiliator

Penghasilan yang didapat oleh afiliator tergantung dari banyaknya pelanggan yang melakukan klik terhadap link yang ditawarkan, lalu melakukan pemesanan melalui produk barang ataupun jasa yang ditawarkan. 

Semakin banyak yang melakukan hal tersebut maka komisi yang didapat juga akan semakin besar. Closing dari sebuah produk atau jasa menjadi faktor penentunya. Dalam perkembangan selama ini, bisnis dengan menggunakan afiliator memang sangat mudah. 

Kalian dapat menggunakan media sosial atau website kalian sendiri untuk melakukan promosi. Apalagi untuk para influencer yang akan lebih mudah mendapatkan keuntungan dari program afiliasi ini. Dengan menggunakan cara ini para pemilik produk atau layanan tak perlu kesusahan atau lebih tepatnya semakin dimudahkan karena tak memerlukan promosi secara berlebihan.

Tips menjadi Afiliator

Berikut ini tips yang bisa kalian coba untuk melakukan afiliasi untuk pemula.

1. Membuat review personal

Membuat review mengenai produk barang atau jasa yang kalian tawarkan kepada orang-orang agar tertarik, lalu mendaftar atau membeli layanan dari afiliasi kalian.

2. Jangan terfokus pada komisi

Fokuskan untuk mengembangkan dan memperbanyak pengikut atau para calon pembeli dulu di media sosial atau website kalian.

3. Fokuskan pada niche tertentu

Agar para calon pembeli tahu dan memahami apa yang kalian tawarkan, lebih baik jika kalian hanya menjual atau mempromosikan satu tema saja.

4. Perhatikan SEO

Untuk kalian yang menggunakan website untuk menawarkan barang atau jasa dari program afiliasi yang kalian jalani. Lebih baik fokuskan dulu kepada SEO dan trafik pengunjung blog/website.

5. Berikan Call To Action

Berikan petunjuk atau arahan berupa gambar atau teks dalam media sosial atau website kalian agar calon pembeli tertarik dan melakukan tindakan selanjutnya untuk melakukan pembelian.

Itulah penjelasan tentang apa itu afiliator dan sedikit penjelasan lainnya juga tentang afiliate trading serta binary option. Dan alasan kenapa binary option menjadi pembahasan yang sedang hangat diperbincangkan. 

Para afiliator yang dibicarakan akhir-akhir ini merupakan mereka yang melakukan afiliasi dengan dugaan penipuan terhadap para pelanggannya.

Semoga bermanfaat, silahkan share jika menarik dan juga tinggalkan saran ataupun kritik di kolom komentar. Sekian, terima kasih. 


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Afiliator? Ini Penjelasan dan Cara Kerjanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel