-->

Yuk Kenali Apa itu Content Writer!

Yuk Kenali Apa itu Content Writer!


Pembahasan kali ini adalah mengenai Apa itu Content Writer. Profesi satu ini semakin banyak dicari oleh perusahaan baik yang baru saja berkembang atau sudah lama. 

Dengan adanya seorang Content Writer juga dapat membantu perusahaan dalam bidang marketing. Selain itu seorang Content Writer juga perlu menguasai beberapa hal selain dalam hal kepenulisan. 

Apa sajakah hal tersebut? Content Writer juga memiliki berbagai macam jenis dan tentu gaji yang berbeda-beda. 

Mari simak artikel berikut ini yang membahas tentang apa itu Content Writer? Serta apa saja tugas, jenis, dan skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Content Writer.

Apa itu Content Writer?

Apa itu Content Writer? Content Writer adalah profesi untuk penulis yang bertugas untuk menulis sebuah konten tulisan di suatu website ataupun media sosial. Tujuannya adalah menyediakan informasi dan juga menarik minat bagi pembaca atau pengunjung. 

Untuk dapat menjadi seorang Content Writer dan direkrut oleh perusahaan atau yang lainnya. Kalian tentunya harus memiliki portofolio yang menarik seperti karya tulis yang kalian taruh dalam blog pribadi, pengalaman kerja, atau prestasi lainnya dalam hal kepenulisan. 

Hal ini bertujuan untuk menunjukkan kalau kalian layak direkrut oleh perusahaan yang akan kalian tempati. Buat juga portofolio yang relevan dengan perusahaan.

Tugas Content Writer

1. Membuat konten

Tugas yang terpenting tentu saja membuat konten tulisan untuk website perusahaan, ataupun juga media sosialnya tergantung apa tugas yang diberikan. 

Untuk membuat konten juga tak sembarangan. Harus ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Silakan lihat poin selanjutnya.

2. Melakukan riset

Melakukan riset bertujuan untuk mengetahui informasi yang disampaikan apakah sudah benar. Selain itu riset juga bertujuan untuk menggali informasi yang lebih jelas dan informatif untuk disampaikan kepada para pembaca.

3. Memahami dan menggunakan SEO

Tugas dari seorang Content Writer juga adalah untuk menggaet sebanyak-banyaknya pengunjung untuk dapat berkunjung di website dengan artikel yang bagus. 

Artikel juga harus sesuai dengan SEO (Search Engine Optimization) yaitu tulisan yang dapat bertengger dalam page one Google atau berada dalam halaman pertama mesin pencari agar banyak orang yang melihat. 

Keahlian SEO tidaklah mudah, namun dapat kalian pelajari lewat mana saja baik dari kursus atau penjelasan yang bertebaran di internet.

4. Menguasai kemampuan editorial

Dengan kemampuan editorial, tulisan akan menjadi lebih hidup dan menarik. Tulisan haruslah dapat menarik minat pembaca. Perhatikan apakah tulisan sudah benar dan layak untuk dipublikasikan. 

5. Riset traffic website

Riset traffic website juga mempengaruhi SEO. Lihat bagaimana traffic dari konten yang kalian tulis. Banyak platform di internet untuk mengetahui bagaimana traffic yang tersedia. Seperti Google Keywrod Planner, Ubersuggest, dll.

6. Mampu mengelola media sosial

Tak semua Content Writer menulis untuk blog website saja. Ada juga yang menulis untuk konten media sosial. Selain itu jika kalian menulis di blog pun tetap harus menguasai media sosial yang juga berfungsi untuk menaikkan pengunjung.

Jenis Content Writer

1. SEO Content Writer

Penulis SEO kan bertugas untuk menaikkan pengunjung website melalui kemampuan tulisan yang sesuai dengan mesin pencari. Sehingga mesin pencari akan mudah menemukan tulisan. 

Perusahaan pun akan mendapat banyak pengunjung lewat website. Menjadi SEO Content Writer juga melakukan riset yang tak sembarangan.

2. Jurnalis/Penulis berita

Semakin banyaknya portal berita online, menjadikan profesi jurnalis untuk berita online juga banyak dicari. Maka dari itu selain jurnalis lapangan, juga dibutuhkan Content Writer untuk website berita tersebut.

3. Technical Writer

Jenis Content Writer satu ini memerlukan kemampuan yang ekstra. Biasanya seorang Technical Writer bertugas untuk menulis manual guide book. Informasi yang disampaikan harus kompleks dan mudah dipahami oleh pembaca.

4. Content Writer untuk media sosial

Selain menulis di blog, Content Writer juga dapat menulis di media sosial seperti Instagram ataupun Facebook. Konten yang disajikan harus up to date dan sesuai dengan tema akun media sosial yang dikerjakan.

5. Generalist Content Writer

Seorang Generalist Writer bertugas untuk memberikan kesadaran untuk sebuah brand. Generalist Writer akan menulis banyak konten tulisan tanpa tema yang ditentukan. 

Meski tak ada tema yang ditentukan. Generalist Writer tetap harus bertanggung jawab dalam membuat konten tulisannya.

Skill Content Writer

1. Mampu menulis berbagai jenis tulisan

Menulis berbagai tulisan menjadi skill yang cukup penting. Karena perusahaan juga tentu mengikuti arus perkembangan. Selain tulisan yang menarik, tulisan juga harus informatif. Jenis tulisan juga tergantung tema atau topik yang dibahas.

2. Mampu melakukan riset dengan baik

Kemampuan riset bertujuan untuk membuat konten tulisan yang berkualitas. Kemampuan ini wajib ada, kemampuan riset juga penting karena perkembangan informasi yang terus bergerak. Riset pun harus dilakukan dengan baik.

3. Mampu mengikuti trend dengan baik

Seorang Content Writer juga harus dapat megikuti trend yang ada supaya tulisan dapat mudah dipahami dan menarik pengunjung. 

Trend juga menjadi faktor penting untuk mendapatkan banyak pengunjung, kemampuan riset dan SEO menjadi hal yang penting.

4. Memahami dan menguasai dasar-dasar SEO

Tulisan tidak akan dapat bersaing dalam mesin pencari jika seorang Content Writer tak dapat menguasai SEO. Dengan menguasai dan memahami SEO, tulisan kalian akan semakin mudah ditemui di mesin pencari. SEO merupakan hal yang wajib dikuasai.

5. Memilih Topik dengan baik

Topik yang dipilih untuk membuat konten juga harus diperhatikan. Jangan membuat konten yang membosankan atau mengulang-ulang konten yang sudah lama. Buat konten dengan topik yang terbaru dan menarik.

Gaji Content Writer

Gaji seorang Content Writer di Indonesia rata-rata adalah sekitar4-6 juta perbulan. Tergantung juga dari perusahaan dan UMR dari tiap daerah.

Dan teruntuk Content Writer yang freelance rata-rata adalah 2-4 juta perbulan. Tergantung juga dari perusahaan yang ditempati. Kualitas dan kemampuan dalam menulis juga mempengaruhi jumlah pendapatan kalian.

Itulah penjelasan mengenai apa itu Content Writer, serta apa saja jenis, skill yang perlu dikuasai hingga gaji dari seorang Content Writer. 

Bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk menekuni profesi Content Writer. Profesi ini cocok untuk kalian yang memiliki bakat ataupun minat dalam hal kepenulisan. 

Semoga bermanfaat, silakan share apabila menarik dan tinggalkan komentar jika ada kritik ataupun saran. Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Yuk Kenali Apa itu Content Writer!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel