-->

Mengenal Apa Itu E Commerce dan Contohnya

Apa itu E Commerce dan Contohnya


Berbelanja secara online sudah menjadi kebiasaan yang melekat bagi masyarakat zaman ini. Dengan kemudahan yang ditawarkan, serta diskon yang tersedia membuat masyarakat lebih memilih berbelanja secara online daripada langsung pergi ke pasar. 

E Commerce merupakan solusi yang ada. Sebenarnya banyak jenis dari E Commerce ini, banyak juga contoh-contoh E Commerce yang ada di Indonesia maupun dunia. 

Apa itu E Commerce? Silakan simak artikel berikut yang akan menjelaskan mengenai apa itu E Commerce dan contohnya.

Apa itu E Commerce

Apa itu E Commerce? E Commerce adalah suatu kegiatan jual beli yang dilakukan individu ataupun perusahaan melalui internet. Bisa disebut juga dengan perdagangan internet atau perdagangan elektronik. 

Sistem E Commerce yang sederhana karena tak harus mempertemukan penjual dan pembeli secara langsung membuat banyak orang merasa nyaman. 

Bisnis E Commerce banyak dikembangkan oleh berbagai perusahaan yang sudah merambah dalam dunia digital. 

Mulai dari aspek pemasaran, pengiriman sampai pembayaran. Dengan adanya E Commerce juga membantu para produsen kecil untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

Jenis E Commerce

1. Business to consumer

Jenis E Commerce yang satu ini menjadi yang paling sering digunakan. Bisnis ke konsumen yang dimaksud adalah penjualan berlangsung antara pebisnis dengan konsumen seperti kalian yang membeli barang dari penjual online.

2. Consumer to consumer

Jenis E Commerce satu ini melakukan penjualan jasa atau barang dari kepada konsumen lain. Kegiatan seperti ini dapat kalian lihat di platform E Commerce seperti fiver, ebay, sribulancer, dll.

3. Business to business

Jenis satu ini melakukan jual beli dari bisnis ke bisnis lain seperti produsen ke grosir, ataupun grosir ke pengecer. Business to business tak langsung berhadapan dengan konsumen, biasanya jenis satu ini menjual bahan mentah atau produk yang digabungkan.

4. Consumer to business

Konsumen ke bisnis ini melakukan penjualan dari seseorang yang menjual layanan ataupun produk mereka kepada organisasi bisnis. Consumer to business mencakup influencer yang melakukan penawaran fotografer, penulis lepas ataupun konsultan.

5. Direct to consumer

Jenis satu ini merupakan jenis E Commerce terbaru. Kegiatan jual beli ini langsung melakukan penjualan kepada konsumen tanpa melalui pengecer, grosir, ataupun distributor. Platform penjualan langsung ke konsumen yang paling populer adalah melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, Pinterest, dll.

Contoh E Commerce

1. Grosir

Grosir melakukan penjualan dalam jumlah yang besar dan biasanya dilakukan kepada pengecer, lalu pengecer akan menjual produk kepada konsumen.

2. Layanan

Kegiatan yang dilakukan adalah proses peayanan seperti pelatihan, menulis, pemasaran influencer dan lain sebagainya yang dibayar atau dibeli secara online.

3. Dropshiping

Dropshiping merupakan kegiatan penjualan dari produk yang diproduksi kepada konsumen melalui pihak ketiga.

4. Crowdfunding

Crowdfunding adalah teknik melakukan penggalangan dana dengan melibatkan orang yang banyak. Penjual mengumpulkan modal untuk membawa produk mereka ke pasar. Ketika semakin banyak orang yang membeli. Maka barang tersebut akan dibuat lalu dikirim.

5. Produk digital

Produk digital dapat berupa ebook, template, perangkat lunak, video dan lain sebagainya yang harus dibeli dulu agar dapat digunakan.

6. Ritel 

Ritel adalah penjualan produk yang dilakukan langsung kepada konsumen tanpa adanya perantara.

7. Berlangganan 

Layanan berlangganan memberikan pembelian berulang dari produk atau layanan dengan teratur.

E Commerce sukses di dunia

Beberapa E Commerce berikut adalah yang sukses di dunia:

1. Alibaba

2. Amazon

3. Ebay 

4. Walmart

5. Wayfair 

E Commerce di Indonesia

E Commerce di Indonesia sudah semakin banyak bermunculan, berikut ini beberapa E Commerce yang sering digunakan:

1. Tokopedia 

2. Shopee

3. Bukalapak

4. Blibli 

5. Lazada 

6. JDid

7. Zalora

Manfaat E Commerce

- Cakupan wilayah pemasaran luas

Karena melalui media internet, pemasaran dari E Commerce taka da batasan. Kalian dapat menjangkau konsumen dari berbagai wilayah bahkan sampai seluruh dunia.

- Biaya dapat diminimalkan

Biaya untuk modal melakukan penjualan juga terbilang minim tak memerlukan biaya yang banyak.

- Kenyamanan

Perdagangan melalui internet akan sangat membantu dengan banyaknya fasilitas pendukung dari marketplace yang ada. 

Penjualan yang dilakukan 24 jam, pengiriman serta adanya pengembalian yang cepat juga menjadikan orang-orang nyaman melakukan jual beli secara online.

Itulah penjelasan mengenai apa itu E Commerce dan contohnya, serta manfaat yang ada. Dengan kemudahan teknologi seperti sekarang ini. 

Kegiatan jual beli seperti ini akan semakin meningkat dan berkembang. Kita harus selalu belajar serta berhati-hati dalam menghadapi perkembangan teknologi saat ini. 

Karena kejahatan dapat terjadi dimana saja baik secara langsung maupun melalui media digital seperti E Commerce sekalipun. 

Semoga bermanfaat dan membantu, silakan share jika menarik dan silakan berkomentar jika ada kritik ataupun saran. Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Apa Itu E Commerce dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel