-->

Mengenal Apa Itu UI UX Design dan Perbedaannya

Apa Itu UI UX Design?


Pada zaman yang semakin modern saat ini, manusia sangat sering menggunakan yang namanya website dan aplikasi. Tampilan dan pengalaman saat kamu menggunakan website atau aplikasi ini terdapat yang namanya UI dan UX design yang dikerjakan oleh UI dan UX designer. 

UI dan UX saling berkaitan dalam pengembangan website atau aplikasi. Apakah memakai salah satu saja sudah bagus? Atau harus memakai keduanya? Silahkan simak artikel berikut tentang penjelasan dari Apa itu UI dan UX design dan perbedaannya sebagai berikut.

Pengertian UI dan UX

Apa itu UX

Yang pertama mari mengenal apa itu UX, UX design adalah proses melakukan desain produk melalui pendekatan dari pengguna. UX atau User Experience merupakan cara dan juga pengalaman dari seseorang dalam menikmati sesuatu dalam sebuah sistem, jasa atau produk. 

Pengguna menjadi nyaman dan betah dalam website atau aplikasi karena kalian membuat sesuai dengan kebutuhan serta keinginan dari pengguna.

Komponen dari UX sendiri adalah seperti bagaimana fitur yang tersedia, navigasi penggunaan produk, semua aspek interaksi pengguna, aspek visual dan struktur desain. UX atau User Experience ini juga meliputi bagaimana kalian menentukan branding, konten, dan juga copywriting yang sesuai dengan target pengguna kalian.

Apa itu UI

UI ataau User Interface adalah bagian dari UX berupa tampilan visual design dari sebuah sistem. Tampilan tersebut membuat pengguna terhubung dan dapat berinteraksi dengan suatu produk.

Selain memiliki fungsi untuk menjadi penghubung, UI juga berfungsi untuk memperindah tampilan yang dapat meningkatkan kepuasan dari pengguna. UI juga harus mudah digunakan, tak hanya harus indah.

Komponen dari UI antara lain adalah seperti komponen tombol, ikon tipografi, layout, tema, animasi yang ditampilkan dalam produk, dan juga visual interaktif lain.

 Kompoen UI tersebut didesain dengan berfokus pada kemudahan dan keindahan untuk pengguna. Jadi, pengguna nantinya dapat menikmati produk kalian.

Perbedaan UI dan UX
1. Tujuan desain

Tujuan dari desain UI dan UX cukup berbeda. Fokus pembuatan UI dan UX juga sangatlah berbeda. Tujuan desain UI pada produk adalah untuk memperindah tampilan dari produk. Sedangkan desain UX didesain untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan saat kalian menggunakan produk.

2. Proses desain

Tujuan desain yang berbeda juga berpengaruh terhadap proses. Maka proses desain UI dan UX pun juga berbeda. Proses dari UX dilakukan dengan beberapa tahap dan juga beberapa pihak. Salah satunya adalah UX researcher. Setelah dilakukan riset, desainer akan melakukan rancangan sketsa desain dengan menggunakan wireframe dan prototype. 

UI juga memerlukan adanya riset. Namun, riset yang digunakan adalah riset desain untuk membuat desain yang menarik dan juga sesuai dengan konsep. Desainer UI perlu melakukan rancangan model desain dengan membuat mockup dahulu.

3. Komponen desain

Komponen dari desain UI berfokus pada tampilan keindahan suatu produksi. Komponen dari UI meliputi warna, tipografi, tombol, gambar dan video animasi, serta aspek visual lainnya. Sedangkan komponen desain UX hampir meliputi semua komponen produk seperti fitur, navigasi, dan struktur desain.

4. Tools yang digunakan

Dengan proses pembuatan yang berbeda tentu juga memiliki tools yang berbeda pula. Ada banyak aplikasi desain UI yang tersedia seperti Adobe Illustrator, Flinto, Principle, Frames X, dll. 

Sedangkan desainer UX lebih memerlukan aplikasi prototyping design untuk mudah mendapatkan feedback pengguna. Aplikasi prototyping desain antara lain adalah Figma, Sketch, InVision, Axure, Adobe XD, dll.

5. Skill yang dibutuhkan

Untuk menjadi UI dan UX desainer tentu memerlukan skill tersendiri. Skill yang dibutuhkan untuk seorang desainer UI adalah desain grafis, design branding, convergent thinking, dan creative thinking.

Sedangkan untuk desainer UX bertanggung jawab untuk membuat desain suatu produk dengan pendekatan pengguna supaya mudah untuk digunakan. Skill yang dibutuhkan oleh desainer UX adalah problem solving, riset, analytical thinking, creative thinking, dan critical thinking.

Alur kerja
1. Riset UX

Menjadi langkah awal dalam pembuatan desain yang baik, riset bertujuan untuk memahami apa saja yang dibutuhkan pengguna.

2. Membuat Information Architecture

Selanjutnya adalah Information Architecture yaitu proses menyusun bagian pada website atau aplikasi agar konsep dari sebuah produk mudah dipahami oleh tim.

3. Membuat Wireframe

Wireframe adalah sketsa visual dari produk. Sektsa desain tersebut menunjukkan alur dari informasi untuk pengguna  agar dapat menggunakan produk. Disini UX designer bertugas merancang desain.

4. Mengatur UX flows

Setelah kalian membuat wireframe, kalian perlu mengatur flow tentang bagaimana produk nantinya dapat digunakan oleh pengguna. 

5. Membuat prototype desain UX

Selanjutnya yaitu membuat prototype desain yang sesuai dengan desain flow dan wireframe yang telah ada.

6. Membuat design system

Design system bertujuan untuk menyimpan semua komponen desain, terutama komponen dari desaain UI seperti icon, font, colour palette dan yang lainnya dalam sebuah library. Dalam tahap ini UI designer bekerja sama dengan developer.

7. Mendesain UI

Tahapan ini mengimplementasikan wireframe yang sudah dibuat sebelumnya. Seorang UI designer harus melakukan desain produk agar tampil menarik.

8. Proses pengembangan produk oleh developer

Pada tahapan ini untuk desain yang telah lolos tahap uji coba dan didesain oleh desainer UI akan didevelop oleh developer.

9. Design Usability Test

Setelah produk sudah jadi dan memiliki tampilan yang menarik. Produk akan diluncurkan, namun sebelum itu produk akan diberikan skor untuk penilaian pada setiap fitur desain. Setelah melakukan uji coba tersebut, desain akan mendapatkan saran dari pengguna. Desain pun akan direvisi agar desain menjadi desain yang nyaman bagi pengguna.

Manfaat atau pentingnya UI dan UX

1. Menghasilkan suatu produk yang dibutuhkan pengguna

2. Meningkatkan kepuasan pengguna terhadap produk

3. Meningkatkan penjualan dan bisnis

UI dan UX yang baik

UI yang baik

- Konsistensi dari desain dapat membantu untuk memahami pola dari website atau aplikasi kalian.

- Tampilan website harus responsif, fleksibel di segala perangkat.

- Ringkas dan jelas, agar pengguna dapat memahami informasi dari website atau aplikasi kalian.

- Desain Intuitif, yaitu mudah dipahami secara natural.

- Kontras warna yang baik, memudahkan pengguna untuk membaca dan memahami informasi yang disampaikan.

- Informasi ditampilkan secara terstruktur, desain tak hanya harus indah, namun juga harus mudah digunakan. Karena dengan informasi yang terstruktur, pengguna akan lebih mudah memahami informasi. Peletakan tulisan, gambar serta icon harus lah tertata rapi.

UX yang baik

- Mudah digunakan, pengguna dapat menggunakan fitur yang tersedia dengan mudah tanpa perlu membutuhkan usaha yang berlebih.

- Memiliki nilai, fitur yang ada pada suatu produk sesuai dengan kebutuhan pengguna.

- Mudah untuk didapatkan, pengguna dapat dengan mudah untuk memulai penggunaan produk tersebut.

- Kesukaan, hal ini berkaitan dengan emosi. Misal, pengguna merasakan pengalaman yang baik dalam menggunakan produk-produk tertentu.

Itulah penjelasan mengenai apa itu UI UX Design dan perbedaannya. Semoga bermanfaat, silahkan share jika menarik dan silahkan juga berkomentar apabila ada kritik maupun saran. Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Apa Itu UI UX Design dan Perbedaannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel