-->

Apa Saja Pekerjaan Freelance Yang Menjanjikan? Inilah 11 Contohnya

Apa Saja Pekerjaan Freelance Yang Menjanjikan?

Freelance atau bisa disebut dengan pekerja lepas adalah pekerjaan yang dilakukan tanpa adanya ikatan waktu atau tempat. Sehingga kalian bebas dalam mengatur waktu asalkan pekerjaan kalian tepat waktu sesuai kebutuhan klien. 

Sebelum terjun langsung menjadi seorang freelancer, tentu saja kalian harus mengetahui apa kemampuan atau keahlian yang kalian miliki. Dan selanjutnya ketahui apa saja pekerjaan freelance yang harus kalian pilih. Berikut 11 contoh apa saja pekerjaan freelance yang menjanjikan.

1. Software developer dan engineer

Seorang software developer atau bisa disebut dengan pengembang perangkat lunak dan software engineer sebuah profesi yang bertugas menciptakan suatu produk dan menuliskan program dengan menggunakan Bahasa pemrograman seperti Java, Phyton, PHP, Javascript, dll. Kedua pekerjaan ini memiliki perbedaan satu dengan yang lain. 

Namun, pekerjaan ini terutama dalam pengembagan aplikasi mobile merupakan salah satu freelance dengan bayaran yang tinggi untuk menjadi seorang software developer ataupun engineer, diperlukan kemampuan yang mumpuni dan tentu banyak dicari.

2. Graphic designer

Pekerjaan frelance satu ini cocok untuk kalian yang berminat dalam hal menggambar dan memiliki kemampuan dalam desain grafis. 

Keahlian desain grafis dihargai cukup mahal karena proses dan kesulitan yang membuahkan hasil menarik harus pula dihargai. Beberapa kebutuhan yang memerlukan jasa desain grafis antara lain adalah membuat logo, brosur, ilustrasi, dll.

3. Content writer

Menjadi penulis konten tak terlalu membutuhkan modal dalam hal pembuatannya. Kalian hanya perlu memiliki laptop atau smartphone yang mumpuni untuk dapat mengerjakan freelance satu ini. Bagi kalian yang berminat dalam hal kepenulisan, freelance satu ini pasti cocok. 

Ditambah dengan keahlian Bahasa asing yang baik, akan menjadi nilai tambah bagi kalian. Seorang content writer biasanya menulis di suatu web atau blog, media sosial seperti Instagram, Facebook dan yang lainnya sesuai dengan permintaan klien.

4. Copywriter

Copywriter memang hampir sama dengan content writer, namun tentu ada perbedaannya. Copywriter adalah pekerjaan menulis teks yang bertujuan untuk melakukan pemasaran atau periklanan. 

Kemampuan menulis yang baik serta harus dapat membuat kalimat persuasive denga baik. Mungkin bisa menjadi profesi freelance yang cocok untuk kalian para penulis.

5. Video editor

Jika hobi kalian adalah mengedit video, maka freelance satu ini akan cocok. Menjadi video editor era sekarang sangat banyak dicari sebab permintaan video editor untuk semua industri semakin meningkat. 

Banyak sekali perusahaan yan melakukan promosi lewat video atau juga beberapa orang yang membutuhkan jasa video editor untuk konten youtube mereka.

6. Digital marketer

Profesi digital marketer saat ini banyak dicari, kalian dapat memanfaatkan hal ini dengan memperbanyak ilmu tentang SEO, SEM, email management, media sosial, dll. Seorang digital marketer biasanya dicari oleh perusahaan baik yang kecil ataupun besar.

7. Ahli SEO

Ahli SEO tak kalah dengan digital marketer, SEO adalah sebuah teknik untuk menaikkan posisi web atau situs di hasil mesin pencarian. 

Tujuannya adalah agar situs dapat dengan mudah ditemukan pengunjung. Pemiliki web atau situs dapat membayar mahal seorang ahli SEO karena teknik dan ilmu yang dipelajari membutuhkan waktu yang tak singkat.

8. Web developer

Seorang web developer adalah mereka yang bekerja untuk membuat suatu website dan juga mengelolanya. Keahlian ini sangat banyak dibutuhkan dan memiliki gaji yang cukup tinggi. Seorang web developer diharuskan menguasai beberapa Bahasa pemrograman juga.

9. Data entry

Data entry bertugas untuk memasukkan atau memperbarui data ke dalam komputer. Kalian dapat melakukan pekerjaan ini dimana saja, dan untuk siapa saja baik yang masih kuliah, sekolah atau yang bahkan memiliki pekerjaan tetap. 

Kalian hanya perlu memasukkan data ke dalam database sesuai dengan apa yang diminta oleh klien kalian.

10. Voice over

Menjadi seorang pengisi suara ternyata dapat menghasilkan uang. Kalian dapat mencoba melakukan freelance satu ini. 

Suara kalian dapat diperlukan untuk berbagai kebutuhan seperti instruksi e-learning, audiobook, dan juga video game pun membutuhkan yang namanya pengisi suara.

11. Analis dan konsultan bisnis

Pekerjaan satu ini tak dapat dilakukan oleh sembarang orang, oleh karena itu gaji yang diberi juga cukup tinggi. 

Seorang analis atau konsultan bisnis bertugas menganalisis dan mengumpulkan data dan informasi dari sebuah permasalahan dalam bisnis. Freelance satu ini cukup membuat stress namun tergantung, tetapi jadwal kerjanya cukup fleksibel.

Itulah apa saja pekerjaan freelance yang menjanjikan dan dapat kalian coba sesuai dengan keahlian tentunya. Jangan mencoba namun belum ahli atau bukan bidang kalian. Hal itu hanya akan membuat kalian menjadi bekerja dibawah tekanan daripada bekerja dengan ikhlas dan tulus karena sesuai dengan passion. 

Semoga bermanfaat, silahkan share apabila menarik dan silahkan tinggalkan komentar apabila ada saran ataupun tambahan. Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

14 Komentar untuk "Apa Saja Pekerjaan Freelance Yang Menjanjikan? Inilah 11 Contohnya"

  1. Dari 11 freelencer di atas menurut admin tutorijal yg paling cocok untuk pemula yg masih sekolah yg mana ya kira-kira? 🙏

    BalasHapus
  2. Kayaknya sekarang kerja sudah tidak memerhatikan nilai2 akademis deh ya. Jika seseorang memiliki skill2 di atas insyaallah cuan datang.

    BalasHapus
  3. pernah nyobain freelance tapi nggak kuat pemirsa
    mana waktu itu masih newbie banget jadi nggak paham flownya
    tapi makin ke sini seru juga sih freelance jadi sampingan biar nggak bosan hehe

    BalasHapus
  4. Bener banget, aku pribadi sering dapet uang tambahan karena open freelance content writer. Minusnya harus sabar ngadepin client yang minta macem-macem tapi fee-nya juga minta diskon hahaha.

    BalasHapus
  5. Content Writer & Copywriter pilihan favorit diriku,. yaps, secara sesama blogger, pastinya ini jadi pilihan yang relevan ya..Semangat blogger.

    BalasHapus
  6. Pernah menjalani jadi Video Editor, penulis konten, desain undangan, teknisi laptop/pc. Pokoknya banyak peluangnya asalkan sesuai dgn passion kita.
    postinganeddy.web.id

    BalasHapus
  7. Makin banyak pekerjaan yang dikerjaan secara online, makin banyak pula pilihan pekerjaan freelance. Di tawaran-tawaran pekerjaan freelance pun banyaknya 11 jenis ini :D

    BalasHapus
  8. kak admin, ada rekomendasi website freelance khusus untuk copywriter gak?

    BalasHapus
  9. Daridulu pengen belajar VO ini deh. Tapi masih ngga PD, tapi kepingin banget hehehe. Sekarang masih jadi content writer dulu, semoga kelak bisa belajar VO juga.

    BalasHapus
  10. Dengan teknologi yang semakin berkembang, kita bisa memanfaatkannya untuk mencari penghasilan. Sebagai freelancer itu memang menyenangkan. Bisa mengatur sendiri waktu kerjanya.

    BalasHapus
  11. Paska resign dan jadi IRT, freelancer adalah jalan ninjaku. Aku ga mau ninggalin anak, tapi pengen dapet cuan dari rumah, ya jadi freelancer wkwkwk

    BalasHapus
  12. Bener banget inii. Dlu aku ga kepikiran untuk bisa kerja sambil di rumah kayak gini. Mantap lah

    BalasHapus
  13. Bener banget, freelance bisà jadi salah satu cara menyalurkan hobi dan passion sekaligus dapet penghasilan tambahan deeh

    BalasHapus
  14. Lagi ada di salah satu posisi freelance di atas sih heheheh

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel