-->

Apa yang Dimaksud dengan Cloud Computing?

Apa yang dimaksud dengan cloud computing

Inovasi teknologi semakin berkembang setiap harinya. Kebutuhan juga semakin bertambah, oleh sebab itu jika kita tak berinovasi dan tak mengikuti perkembangan zaman maka akan tertinggal. 

Salah satu bentuk perkembangan digital adalah cloud computing. Semakin banyak perusahaan yang menggunakannya. 

Apa yang dimaksud dengan cloud computing ini? Mengapa banyak yang menggunakan? Tak hanya dari perusahaan, tiap orang pun dapat menggunakannya. 

Berikut ini artikel yang akan membahas mengenai apa yang dimaksud dengan cloud computing, jenis layanan, penyedia hingga fungsi dari cloud computing.

Pengertian Cloud Computing

Apa yang dimaksud dengan cloud computing? Cloud computing atau dapat disebut dengan komputasi awan adalah sebuah proses komputerisasi teknologi yang berbasis internet, dimana sistemnya dapat membuat pengguna untuk mengolah dan menyimpan data secara virtual. 

Yang dulunya jika menyimpan sebuah file atau yang lain memerlukan space penyimpanan di komputer ataupun smartphone. Sekarang kalian dapat menyimpannya di penyimpanan berbasis cloud, hanya memerlukan internet untuk mengaksesnya. 

Banyak keuntungan yang dapat didapat seperti meningkatkan efisiensi dan produktivitas, performa, keamanan, dll.

Macam-macam model cloud

1. Public cloud

Public cloud adalah cloud yang layanannya dapat diakses oleh siapa saja. layanan ini ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Tentu saja yang berbayar lebih banyak fitur yang disediakan daripada yang gratis.

2. Private cloud

Private cloud mengedepankan privasi atau kerahasiaan penggunanya. Private cloud biasa digunakan untuk perusahaan atau organisasi. Keunggulannya tentu saja layanan ini memiliki keamanan yang ketat dan sangat terjaga.

3. Hybrid cloud

Hybrid cloud merupakan gabungan dari public dan private cloud. Hanya beberapa perusahaan atau instansi yang menggunakan hybrid cloud. 

Hal tersebut berkaitan dengan keamanan data dari para klien, sehingga membutuhkan private cloud untuk menjaga keamanan.

Jenis layanan cloud computing

1. Software as a Service (SaaS)

Layanan satu ini melibatkan lisensi software kepada pengguna. Layanan ini dapat kalian gunakan melalui browser web, klien desktop khusus, ataupun API yang telah terintegrasi dengan OS atau desktop seluler kalian. 

Pengguna tak perlu mengunduh atau menyimpan software dan komponen pendukung lainnya di perangkat atau hard drive. Sebagian software yang menggunakan SaaS berbasis langganan dengan biaya bulanan dan tahunan.

2. Infrastructure as a Service (IaaS)

Layanan IaaS merupakan layanan cloud computing yang memberikan perusahaan komputasi fundamental, storage, virtual machine, operating system, dan juga infrastruktur yang lain. 

Iaas menawarkan infrastruktur mendasar dan menjadi model layanan komputasi yang umum. Pembayaran layanan ini juga sesuai dengan pemakaian.

3. Platform as a Service (PaaS)

PaaS merupakan cloud computing yang menyediakan on demand environment untuk menjalankan, menguji, dan mengembangkan perangkat lunak. 

Penyedia cloud akan menghosting semua seperti server, network, storage, database dan yang lain di pusat data mereka. Layanan ini disediakan dengan tujuan agar tim developer dapat membuat website ataupun aplikasi dengan cepat.

Penyedia layanan cloud computing

1. Amazon Web Services (AWS)

AWS merupakan cloud web hosting dari perusaahaan Amazon yang menawarkan beberapa keunggulan seperti solusi yang fleksibel, andal, serta hemat biaya. 

AWS menjadi salah satu public cloud yang paling unggul untuk teknologi Artificial Intelligence, database, dan juga machine learning.

2. IBM Cloud

IBM Cloud merupakan layanan cloud yang dikembaangkan oleh IBM dan menyediakan layanan computing cloud untuk bisnis. 

Kelebihan IBM Cloud adalah memberikan layanan machine learning dan data analytics yang beroperasi dengan platform cloudnya.

3. Alibaba Cloud

Didirikan pada tahun 2009, Alibaba Cloud sebenarnya dibuat untuk ecommerce mereka sendiri. Seiring perkembangannya, akhirnya Alibaba Cloud dapat digunakan secara luas untuk public

4. Google Cloud Platform

GCP menjadi provider yang paling banyak digunakan dan membantu kalian dalam menyelesaikan kebutuhan bisnis dengan mudah. 

GCP menawarkan layanan seperti layanan komputasi, storage, database, AI, Security, dan yang lain mirip dengan Azure dan AWS.

5. Microsoft Azure

Microsoft Azure menjadi pesaing dari AWS yang sama-sama memiliki performa yang baik. Microsoft Azure didirikan oleh Microsoft pada Februari 2010 dan berkembang dengan pesat.

Fungsi cloud computing

1. Meningkatkan produktivitas

Fungsi dari cloud computing yang keseluruhannya bersifat online akan memudahkan dan meningkatkan produktivitas. Tim akan mudah dalam belkolaborasi dan komunikasi.

2. Fleksibel dalam mengakses data

Para pengelola hanya membutuhkan jaringan internet untuk mengakses, oleh sebab itu hal ini akan memberikan fleksibilitas dalam mengakses data.

3. Meningkatkan kapasitas penyimpanan data

Dengan adanya cloud computing, penyimpanan kalian jauh lebih besar daripada harddisk ataupun flashdisk. Karena cloud computing menyediakan tempat penyimpanan berbagai jenis file melalui media internet.

4. Pembaruan secara berkala

Kalian tak perlu repot dalam hal pembaruan, karena pembaruan akan dilakukan secara berkala. Hal ini dilakukan untuk memberikan pelayanan yang baik untuk pengguna.

Itulah penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan cloud computing. Serta jenis, model, penyedia layanan hingga fungsi atau manfaat dari cloud computing. 

Semoga bermanfaat, silakan share jika menarik dan silakan juga berkomentar apabila ada saran atau kritik. Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Apa yang Dimaksud dengan Cloud Computing?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel