-->

Mengenal Apa yang Dimaksud dengan Digital Marketing

Apa yang dimaksud dengan digital marketing?


Jika kalian menginginkan promosi dengan mudah dan lancar. Kalian bisa memanfaatkan digital marketing. Persaingan bisnis zaman ini sangat ketat dan berbeda dengan beberapa tahun yang lalu. 

Dengan adanya digital marketing akan memudahkan pemasaran yang ada sekarang, berbeda dengan zaman dulu yang harus melakukan door to door untuk melakukan pemasaran produk yang mereka miliki atau memakai banner dan reklame. 

Inilah alasan beberapa orang berpindah ke digital marketing, apa yang dimaksud dengan digital marketing? Berikut ini adalah artikel yang menjelaskan mengenai pengertian, kelebihan, manfaat, strategi dan contoh digital marketing, simak artikel berikut.

Pengertian digital marketing

Apa yang dimaksud dengan digital marketing? Digital marketing adalah sebuah aktivitas untuk melakukan promosi dari sebuah produk, jasa ataupun sebuah brand melalui media digital. 

Istilah digital marketing ini semakin berkembang seiring dengan berkembangnya kemajuan teknologi seperti internet. Dengan adanya internet ini jangkauan pemasaran dapat semakin luas dan tak memerlukan biaya serta tenaga yang ekstra. 

Promosi dapat kalian lakukan melalui media sosial, website, aplikasi, email, ataupun mesin pencarian.

Kelebihan digital marketing

1. Biaya lebih rendah

Disbanding dengan teknik pemasaran sebelumnya, digital marketing lebih hemat biaya. Meski memang di awal harus mengeluarkan modal. 

Namun ketika branding atau follower yang dimiliki sudah semakin banyak tentunya akan membuat biaya untuk pemasaran juga semakin berkurang.

2. Memudahkan komunikasi berkala

Mempertahankan pelanggan bagi produk anda tentu perkara yang tak mudah. Dengan menggunakan digital marketing, tim kalian dapat membuat pelanggan betah dan selalu mengingat produk kalian. 

Tentunya dengan cara yang akrab, baik, dan juga harus memunculkan sesuatu yang inovatif dimana komunikasi akan terjalin dengan waktu yang lama.

3. Memudahkan pemilihan target spesifik

Kalian dapat memilih target yang relevan dengan produk yang kalian jual. Hanya dengan memilih platform yang tepat serta mengikuti beberapa prosedur yang cocok. 

Maka sasaran kalian akan dapat dengan mudah dijangkau. Dengan pemilihan target yang spesifik ini, tentu akan meningkatkan jumlah serta peningkatan produk yang kalian jual.

4. Mudah disesuaikan

Kalian dapat mengubah performa iklan yang ditampilkan, berbeda dengan iklan reklame atau banner yang harus mengubah atau membayar lagi untuk memasangnya. 

Dengan digital marketing, kalian hanya perlu menyesuaikan hal ini lewat perangkat digital dan tak perlu memakan biaya yang mahal.

5. Mudah diukur efektivitasnya

Pemantauan kinerja dari pemasaran juga dapat dilihat melalui data yang dapat dilihat dengan platform analisis atau yang lainnya. Berbeda dengan iklan konvensional yang lebih sulit untuk mengukur keefektivitasannya dalam pemasaran.

6. Tidak memerlukan banyak SDM

Gaji untuk pekerja dari iklan konvensional lebih mahal dan juga memakan waktu dalam pengerjaan. 

Hanya dengan media sosial ataupun website, harga serta waktu dapat dihemat. Sehingga tak memerlukan banyak sumber daya manusia. Karena kalian dapat melakukannya sendiri.

7. Branding produk lebih mudah

Iklan konvensional hanya akan menjangkau pelanggan dengan jangkauan yang terbatas. Berbeda dengan digital marketing yang dapat dengan mudah menjangkau seluruh Indonesia bahkan juga dunia. Dengan begitu branding dari produk dapat dengan mudah dilakukan.

Manfaat digital marketing

1. Mendapat profit banyak dengan waktu yang singkat

Keuntungan yang didapat akan meningkat seiring waktu. Memang butuh kerja keras dalam mebangun produk yang akan dipasarkan. 

Digital marketing dapat dengan efisien dan efektif dalam menjangkau pelanggan dan tak perlu memakan biaya yang begitu besar.

2. Memudahkan hubungan dengan konsumen

Hanya melalui media sosial kalian dapat menjalin hubungan dan pelayanan yang baik dengan customer. Sehingga kalian tak perlu repot-repot untuk bertemu.

3. Sistem penjualan lebih cepat

Sistem penjualan produk juga akan semakin cepat karena sasaran yang sudah tertarget sedari awal. Dengan begitu semakin banyak pelanggan yang relevan dan membeli atau berlangganan dengan produk jasa atau barang kalian.

4. Tak ada batasan wilayah dan waktu saat pemasaran

Tak ada batasan dalam digital marketing, kalian dapat menjangkau semua orang baik dari lokal hingga internasional sekalipun.

5. Personalisasi produk sesuai dengan karakter konsumen

Melalui data yang diambil dari riset penjualan serta pemasaran yang ada. Kalian dapat dengan mudah melakukan inovasi untuk meningkatkan penjualan yang sesuai dengan karakter para pelanggan.

Strategi dan contoh digital marketing

1. Search Engine Optimization (SEO)

Dalam startegi digital marketing, SEO digunakan untuk mendapatkan trafik pengunjung organik dalam sebuah website agar lebih banyak pelanggan yang dapat mampir atau membeli produk. 

Banyak faktor untuk meningkatkan trafik dengan SEO seperti membuat artikel, loading website yang baik, memasang link situs kalian di website lain, dll.

2. Google dan social media Ads

Kalian dapat memasang iklan produk di Google Ads misalnya, sasaran konsumen atau pelanggan juga harus tepat, serta isi yang disampaikan juga harus jelas dan relevan.

3. Aktivasi Social media

Dengan rajin mengupload konten di media sosial yang kalian miliki, maka dengan begitu akan menghemat biaya serta waktu. Jangkauan dan target pelanggan juga dapat kalian tentukan sendiri. 

Tak hanya dengan rajin upload saja, kalian juga dapat melakukan interaksi dengan followers untuk membangun engagement yang bagus, atau melakukan endorsement dan lain sebagainya.

4. Afiliate marketing

Salah satu bentuk pemasaran dengan melakukan kerja sama bersama orang lain untuk mempromosikan produk kalian. Baik lewat media sosial ataupun website orang tersebut.

5. Knowledge marketing

Strategi digital marketing dengan melakukan penyampaian informasi yang bermanfaat atau juga ilmu baru kepada para pelanggan. Misalnya dengan adanya ebook gratis kepada pelanggan.

6. Leads generation

Leads diartikan sebagai semua jenis kontak yang dapat digunakan untuk menghubungi para pelanggan seperti email, akun media sosial, nomor kontak, dll. 

Agar mendapat leads sesuai dengan target, kalian dapat mengadakan sebuah seminar atau menyediakan buku gratis.

7. Email marketing

Email marketing merupakan salah satu strategi digital marketing dimana kalian melakukan interaksi dengan pelanggan melalui email. 

E-mail marketing merupakan cara yang paling efektif dibanding dengan media sosial. Hal tersebut juga dikarenakan beberapa orang jarang mengganti akun email mereka.

Aset digital marketing

Asset merupakan salah satu elemen penting dalam digital marketing. Berikut ini adalah aset yang dapat kalian gunakan. Fokuskan pada beberapa aset saja agar maksimal dalam pelaksanaannya.

- Website

- Postingan blog

- Media sosial

- Jejak testimoni

- Identitas dari brand

Optimalkan aset yang kalian miliki, selalu aktif juga di media digital agar terus up to date serta konsisten dalam melakukan pemasaran yang baik. Dengan rajin upload misalnya artikel di blog, micro blog, foto, video pendek di media sosial dan lain sebagainya.

Itulah penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan digital marketing serta kelebihan, manfaat, strategi dan contohnya. 

Semoga bermanfaat, silahkan share jika menarik dan juga tinggalkan kritik ataupun saran di kolom komentar. Sekian, terima kasih.



Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Apa yang Dimaksud dengan Digital Marketing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel