-->

Yuk Kenali Apa yang Dimaksud dengan Franchise!

Apa yang Dimaksud dengan Franchise?


Kalian pasti sudah sering mendengar istilah franchise. Bisnis franchise sudah banyak jumlahnya dan hampir berada di setiap kota. Beragam jenis dan produk layanan mereka rata-rata adalah makanan dan minuman seperti KFC, McDonalds, Burger King, dll. 

Kalian juga sering membeli makanan ataupun minuman dari bermacam-macam franchise. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan franchise? Apakah bisnis franchise hanya menyediakan makanan dan minuman? 

Berikut ini adalah artikel yang membahas mengenai apa yang dimaksud dengan franchise, beserta keuntungan dan kesalahan yang ada jika kalian ingin memulai berbisnis franchise.

Apa itu Franchise

Apa yang dimaksud dengan franchise? Franchise berasal dari Bahasa Prancis kuno yaitu Franchir yang artinya “bebas”, atau memberi kebebasan kepada para pihak. 

Secara umum franchise berarti hubungan dimana salah satu pihak diberi kewenangan untuk memanfaatkan atau menggunakan brand oleh pihak yang mempunyai brand dengan imbalan yang sudah disepakati kedua belah pihak.

Istilah yang ada dalam dunia franchise

1. Franchisor

Dalam Bahasa Indonesia bisa disebut dengan pewaralaba, adalah orang atau perusahaan yang yang mempunyai dan menjual brand kepada orang lain dengan keuntungan royalty. Pihak yang membeli dapat menggunakan hak dari brand tersebut.

2. Franchisee

Sedangkan Franchisee inilah pihak yang membeli atau menerima hak untuk memanfaatkan dan menggunakan brand dari franchisor.

3. Franchise fee

Franchise fee adalah biaya awal yang disepakati oleh franchisor dan franchisee sebelum gerai franchise beroperasi. Biaya tersebut untuk lisensi atau hak penggunaan brand yang digunakan.

4. Royalty fee

Royalty fee merupakan biaya yang harus disetorkan oleh franchisee kepada pemilik bisnis atau franchisor saat franchise sudah berjalan. Biasanya biaya disetorkan dalam satu bulan sekali.

Jenis Franchise

1. Product franchise

Jenis franchise yang memfokuskan franchisee atau terwaralaba mendistribusikan produk dari franchisor dengan pembatasan areal, contohnya adalah pengecer bahan bakar British Petroleum dan Shell.

2. Processing franchise 

Jenis franchise satu ini, franchisor memiliki peranan penting untuk memberitahukan suatu proses produksi, contohnya adalah perusahaan minuman Fanta dan Coca Cola. 

3. System franchise

Jenis franchise satu ini, franchisor menyajikan produk yang dimiliki menjadi satu paket kepada konsumen. Contohnya adalah perusahaan makanan cepat saji seperti McDonald’s, KFC, dll.

Kesalahan Franchise

1. Dana dukungan operasional kurang

Usaha franchise ini biasanya tak terlalu memiliki dana yang cukup banyak. Dana biasanya berasal dari investor dan pewaralaba atau franchisor. 

Dan memiliki dana cadangan merupakan hal yang sangat penting. Kesalahan yang terjadi biasanya berasal dari kurangnya dana yang disebabkan tak ada dana cadangan.

2. Pinjam uang tanpa perhitungan

Peminjaman yang berlebihan tanpa perhitungan akan menimbulkan risiko yang tak bagus kedepannya. 

Memulai bisnis franchise memang lebih mudah daripada memulai bisnis dari awal. Namun perlu diperhatikan kondisi awal yang ada dalam menjalankan bisnis franchise ini.

3. Tidak memiliki SOP

SOP menjadi aspek penting dalam menjalankan bisnis. Tanpa adanya SOP maka kemungkinan kesalahan menjalankan bisnis akan semakin besar.

4. Keputusan dalam membuka cabang

Untuk franchisor, meskipun usaha yang dijalankan berjalan lancar. Membuka cabang lagi merupakan hal yang perlu diperhatikan. 

Dana yang diperlukan juga harus diperhatikan, meski kesuksesan dari cabang/franchise yang lain berjalan lancar hal itu bukan suatu patokan.

5. Konsep dari waralaba yang rumit

Konsep yang dijalankan harus jelas dan harus terbukti keberhasilannya. Banyak perusahaan yang menawarkan konsep tanpa mengetahui jelas tidaknya keberhasilan. Uji coba terlebih dahulu merupakan langkah yang baik.

Keuntungan bisnis Franchise

1. Perkembangan bisnis cepat

Dengan berbisni franchise, keuntungan bagi kalian jika ingin memulai karir sebagai pengusaha. Dengan memulai bisnis franchise, kalian tak perlu memikirkan strategi bisnis. Karena telah ditentukan terlebih dulu oleh si pemilik bisnis atau franchisor. 

Biasanya kalian hanya diminta untuk menyediakan tempat untuk memulai bisnis franchise ini. Pemilik bisnis yang akan mengurus sistem operasi, segi perencanaan serta strategi bisnis yang dijalankan. 

Karena dari itu perkembangan bisnis akan berjalan dengan cepat. Kalian hanya akan menerima informasi mengenai prosedur yang akan dijalankan ketika sudah sepakat untuk menjalankan bisnis tersebut. 

2. Memiliki rekan bisnis yang professional

Dengan bekerja sama dengan pemilik bisnis atau franchisor. Maka kalian juga memiliki rekan bisnis yang professional. 

Memiliki rekan bisnis yang berpengalaman serta professional menjadi keuntungan untuk kalian yang baru memulai bisnis. Biasanya fasilitas dan persediaan akan disediakan oleh franchisor sebagai rekan bisnis kalian.

3. Promosi secara minimal

Sebagai franchisee, keuntungan lain yang didapatkan adalah branding atau promosi dapat dilakukan secara minimal. 

Karena biasanya perusahaan dari bisnis franchise memiliki brand yang kuat di mata masyarakat. Dengan begitu bisnis yang dijalankan akan mudah dan cepat dalam perkembangannya. 

4. Tempat pembelajaran bisnis

Dengan memiliki rekan bisnis yang baik kalian dapat mengambil pengetahuan untuk nantinya dapat dijadikan modal untuk membuat suatu usaha sendiri.

 Banyak ilmu yang dapat diambil seperti marketing, pengelolaan uang, sistem operasi, dan masih banyak lagi.

Itulah pengertian dari apa yang dimaksud dengan franchise. Serta keuntungan dan kesalahan bagi kalian yang ingin memulai bisnis franchise baik sebagai franchisor atau franchisee. 

Semoga bermanfaat, silakan bagikan jika menarik dan berkomentar jika ada kritik maupun saran. Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Yuk Kenali Apa yang Dimaksud dengan Franchise!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel