-->

Bisnis F&B adalah? Inilah Penjelasan, Peluang, dan Tips Memulainya

Bisnis F&B adalah?

F&B menjadi salah satu bisnis yang cukup populer saat ini. Apalagi dengan semakin berkembangnya zaman yang membuat anak muda semakin suka dengan bermacam-macam produk ataupun tempat untuk nongkrong yang menarik. 

Dan dengan berkembangnya teknologi pula, bisnis F&B semakin banyak diketahui dan mudah dijangkau. Sebenarnya apa sih F&B itu? bagaimana tips dan langkah dalam menjalankan bisnis ini? Mari simak artikel berikut ini.

Apa itu bisnis F&B?

Bisnis F&B adalah bisnis yang menjalankan usahanya dalam bidang pembuatan serta penjualan makanan atau minuman. F&B merupakan singkatan dari Food & Beverages yang dalam Bahasa Indonesia artinya Makanan & Minuman. 

Usaha F&B biasa kalian temui mulai dari rumah makan yang sederhana, kafe, ataupun restoran yang mewah. Hal tersebut menunjukkan kalau bisnis F&B dapat dilakukan dengan modal yang kecil ataupun besar.

Bisnis F&B tak akan kehilangan peminat karena kebutuhan makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok dari manusia. Keuntungan dapat lebih banyak jika bahan dari bisnis kalian merupakan hasil dari peternakan atau kebun kalian sendiri.

Peluang bisnis F&B

Alasa kenapa bisnis F&B tak akan mudah ketinggalan zaman adalah sebagai berikut:

1. Adaptasi trend yang mudah

Dengan berkembangnya hidangan dari tiap negara yang selalu memunculkan inovasi dan ide-ide baru, yang akan membuat bisnis ini tak habis ide. Kalian harus mengkreasikan ide dengan bisnis F&B kalian dengan baik supaya dapat bersaing.

2. Teknologi semakin berkembang

Adanya aplikasi atau layanan online seperti ojek online membantu bisnis F&B dalam menjalankan bisnisnya. Karena hal ini akan memudahkan interaksi antara penjual dan pembeli. Dan juga denga nadanya media sosial. Informasi dari bisnis yang dijalankan akan semakin cepat tersebar dan diketahui banyak orang.

3. F&B semakin menjadi kebutuhan

Karena bisnis ini bergerak dalam bidang makanan dan minuman. Yang tentu saja menjadi kebutuhan pokok manusia. Bisnis F&B ini tak akan mudah redup. 

Selain untuk kebutuhan pokok, bisnis F&B juga menjadi gaya hidup baru bagi anak muda yang suka menghabiskan waktu di kafe untuk melakukan hal seperti mengerjakan tugas, rapat, atau hanya sekedar ngobrol dengan teman lain.

Tips menjalankan bisnis F&B

- Membangun tim yang kompak

Rekrut rekan atau karyawan yang dapat dipercaya dan juga memiliki komitmen untuk bekerja dengan sungguh-sungguh. Sehingga minim terjadi yang namanya konflik internal atau kekacauan lain yang berujung kerugian.

- Memilih metode marketing yang pas

Marketing merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah perkembangan dari bisnis kalian. Lakukan pengelompokan untuk para konsumen lalu lakukan analisis SWOT untuk mengetahui potensi dari persaingan yang ada di lapangan. Lalu pilih metode marketing dan tujuan yang pas serta sesuai dengan budget kalian.

- Mengembangkan ide yang inovatif

Produk makanan dan minuman pasti akan memiliki perubahan serta perkembangan setiap tahunnya. Maka jika kalian ingin produk dari bisnis menjadi lebih dikenal orang. 

Lakukan inovasi agar bisnis yang kalian jalankan dapat bersaing dengan pesaing lainnya. Selain itu, pilih dan tentukan tempat yang menarik untuk konsumen kalian.

- Membuat beberapa rencana

Selanjutnya adalah buatlah sebuah rencana cadangan dengan metode untuk eksekusinya. Karena perubahan trend dapat kapan saja terjadi. Agar perkembangan usaha kalian semakin baik karena persaingan yang ada juga cukup tinggi

Langkah memulai bisnis F&B

1. Memulai dari yang kecil dan kembangkan

Mulai dulu meski dari yang kecil, kalian akan belajar mengelola dengan baik. Jangkau partner bisnis yang lain untuk menjadi bagian dari bisnis yang kalian jalani.

2. Membangun tim yang solid

Setelah itu bangun tim yang solid dan dapat berkomitmen dengan serius serta memiliki semangat yang membuat bisnis semakin berkembang.

3. Memiliki rencana untuk eksekusi

Terapkan salah satu tips diatas yaitu membuat rencana yang akan menjadi cadangan apabila ada perubahan trend atau pasar. Sehingga persiapan untuk menghadapi hal yang berkemungkinan terjadi akan dapat diatasi dengan mudah.

4. Mendesain kemasan dengan bagus

Penampilan produk juga menjadi kunci yang harus diproses dengan serius. Karena hal ini akan menjadi idnetitas yang dilihat konsumen agar tampak menarik dan bagus. Buat juga kemasan yang ramah lingkungan kalau bisa, hal ini akan menjadi nilai lebih.

5. Mengiklankan produk

Selanjutnya adalah menampilkan produk kalian melalui iklan. Tentukan strategi periklanan yang tepat agar dapat bersaing dan menjadi mudah ditemukan serta dinikmati konsumen.

6. Konsisten dan terus berkembang

Teruslah berkembang dengan menyesuaikan produk dari waktu ke waktu. Dan juga konsistensi dalam menjalankan bisnis merupakan hal yang paling penting. 

Jangan mudah merasa putus asa dan berpikir untuk berhenti. Karena kegagalan akan datang jika kalian berhenti mencobanya dengan baik.

Bisnis F&B yang besar saat ini di Indonesia

Semakin banyak juga franchise yang semakin berkembang setiap hari seperti bisnis minuman seperti boba, kopi, tahi tea atau produk makanan seperti kebab, ayam goreng, burger dan beberapa produk lainnya yang juga semakin marak dan diterima oleh masyarakat.

- Kopi Kenangan

- Kopi Janji Jiwa

- Ayam Nelongso

- Mie Gacoan

- Excelso

- Dan masih banyak lagi

Itulah penjelasan dari bisnis F&B dari artikel ini yang berjudul Bisnis F&B adalah? Inilah Penjelasan, Peluang, dan Tips Memulainya. Semoga bermanfaat, silahkan bagikan jika menarik dan juga silahkan berkomentar apabila ada saran atau kritik. Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

12 Komentar untuk "Bisnis F&B adalah? Inilah Penjelasan, Peluang, dan Tips Memulainya"

  1. bisnis FnB ini emang agak trciky yaa. gampag-gampang susah. pasarnya sih inshaAllah banyak karena masyarakat kita suka banget coba-coba makanan. tapi kudu pinter-pinter atur stock apalagi yang gampang basi 😁

    BalasHapus
  2. Wah, Masya Allah. Teddy dan teman juga ada kepikiran untuk bangun bisnis yang berkaitan dengan F&B ini Bang.

    Alhamdulillah tips dan saran yang dibagikan sangat bermanfaat dan membuka wawasan dalam memulai bisnis ini nanti.

    Terima Kasih Bang.

    BalasHapus
  3. Di sini menjamur bangett emang FnB ini, ada yang rameee bangett ada jg yang gagal, apalagi karena pandemi kmrn. saingannya luar biasa banyak. mesti pinter2 jg pilih interior

    BalasHapus
  4. Herijo said: pengen sih punya bisnis f&b, dari dulu nyari peluang dan ide usaha tapi blm dapet". padahal udah gabung komunitas Jakpreneur. Semoga suatu saat bisa terwujud.

    BalasHapus
  5. Di sekolah saya juga paling seneng liat anak-anak belajar mengamalkan pelajaran ekonomi dengan market day. Rata-rata yang cepet habis itu ya food and beverages. Kalau masalah lambung mah memang luar biasa ga bisa nunggu kalau sudah sesuai selera

    BalasHapus
  6. Teh menantea, mak mie salah satu contoh F&B yang sukses karena nama pemiliknya. Selain itu rasanya juga enak

    BalasHapus
  7. Bisnis F&B ngga akan ada matinya soalnya bakal terus digandrungi mulai dari anak muda sampai orang tua. Apalagi macem kopi kekinian tuh, laris manis banget.

    BalasHapus
  8. Bisa dibilang bisnis F&B ini gampang-gampang susah ya. Perlu tau trik bisnisnya agar tetap lancar dan menguntungkan. Trima kasih utk sharingnya

    BalasHapus
  9. Bisnis F&B emang dari dulu nggak akan ada abisnya ya karena pada dasarnya untuk memenuhi kebutuhan makan manusia

    BalasHapus
  10. Jadi inget kata temen, bisnis di bidang F&B ini peluangnya besar karena kan manusia butuh makan dan minum. Persaingannya juga beragam. Tapi asal kita terus konsisten dan melakukan inovasi sih kayaknya akan terus bertahan

    BalasHapus
  11. Aku juga 2 tahunan ini lagi ngerintis usaha f&b sama temen. Ya memang masih belajar sih... Bismillah dinikmati prosesnya...

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel