-->

7 Bisnis yang Cocok saat Pandemi

Bisnis yang Cocok saat Pandemi


Semakin banyak orang yang di PHK dan menganggur karena adanya COVID-19. Dampak pandemi menyerang segala sektor termasuk membuat banyak orang kehilangan pekerjaan mereka. Namun, tentu masih ada solusi untuk setiap masalah. 

Masih banyak peluang bisnis yang cocok saat pandemi saat ini. Beberapa bahkan dapat dilakukan secara online saja. 

Tak perlu modal banyak untuk memulai bisnis-bisnis berikut ini. Berikut ini adalah 7 bisnis yang cocok saat pandemi.

1. Berjualan di marketplace online

Dengan kemajuan teknologi saat ini. Berjualan dapat dilakukan secara online tanpa perlu repot melakukan tatap muka. Apalagi dengan adanya pandemi saat ini. 

Kalian dapat memanfaatkan adanya internet, marketplace merupakan solusi bagi kalian yang ingin berdaagang tanpa harus keluar. Ada banyak platform jual beli online/marketplace di internet, baik dari Indonesia maupun dunia. 

Cakupan pelanggan pun semakin banyak karena jangkauan yang lebih luas daripada jualan di pasar atau mall.

2. Dropshipper/reseller

Menjadi seorang dropshipper ataupun reseller merupakan salah satu bisnis yang banyak dilakukan saat pandemi seperti sekarang. 

Kalian tak memerlukan modal banyak dan juga tak memerlukan stok barang. Kalian hanya perlu mempromosikan produk lewat media sosial. 

Barang disediakan oleh supplier, jadi kalian masih bisa bekerja dirumah dan mendapatkan keuntungan dengan mudah.

3. Jual makanan secara online

Salah satu bisnis ini sebenarnya juga dapat kalian lakukan lewat marketplace. Namun jika kalian lebih suka menggunakan media sosial, bisa saja lebih menguntungkan daripada lewat marketplace. 

Dengan bantuan media sosial seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, dll. kalian dapat mendapat pelanggan yang cukup banyak, bisa dari teman, atau orang yang tertarik dengan promosi kalian di media sosial. 

Berjualan makanan juga menjadi bisnis yang cocok dikala pandemi karena banyak orang yang malas keluar rumah karena takut virus, atau sekedar malas. 

Kalian dapat memanfaatkan juga jualan makanan online yang kalian miliki dengan bantuan ojek online atau layanan antar kirim lainnya.

4. Menjadi Content Creator YouTube

Menjadi content creator video di YouTube juga menguntungkan. Kalian dapat mendapatkan cuan lewat Google Adsense, atau promosi dari sponsor yang tertarik dengan konten yang kalian buat. 

Kemampuan untuk editing video dan juga membuat narasi atau cerita yang pas merupakan keahlian yang dibutuhkan. 

Dengan menekuni profesi ini, kalian dapat mendapatkan passive income yang cukup. Hanya lewat rumah saja sudah dapat menghasilkan konten yang bagus. Tak perlu sampai keluar rumah.

5. Freelancer

Kalian dapat mendapatkan cuan dengan menjadi seorang freelancer. Semakin banyak platform freelance yang ada di internet. 

Sesuaikan kemampuan kalian dengan profesi freelance yang ingin kalian tekuni. Banyak skill yang dibutuhkan orang-orang diluar sana. 

Dengan menjual jasa kalian, kalian tak memerlukan modal yang banyak. Tak memerlukan banyak modal dan juga tak perlu stok barang. Yang dibutuhkan adalah jasa skill kalian.

6. Berjualan masker dan sejenisnya

Bisnis berjualan masker dan alat prokes merupakan bisnis yang menguntungkan saat pandemi saat ini. 

Yang dimaksud disini bukanlah orang-orang yang suka menimbun masker dan alat prokes. Melainkan mereka yang membuatnya sendiri sesuai dengan aturan lalu menjualnya lewat berbagai tempat baik secara langsung maupun online.

7. Membuat kelas private

Jika kalian adalah seorang guru atau memiliki kemampuan mengajar. Kalian dapat membuka kelas private. Dengan adanya pandemi saat ini, banyak siswa yang belajar di rumah. 

Sehingga para siswa banyak yang kesulitan dalam belajar karena materi yang dijelaskan lewat teleconference terkadang kurang lengkap. Materi di iinternet juga tak semua dapat dipercaya. 

Dengan membuka kelas private kalian dapat mendapatkan keuntungan. Para siswa dapat berasal dari tetangga ataupun relasi teman dekat, jangan lupa untuk promosi juga di media sosial.

Itulah beberapa bisnis yang cocok saat pandemi saat ini. Semuanya dapat berjalan lancar asalkan kalian konsisten dan tekun menjalaninya. 

Keuntungan dapat berasal dari mana saja sekarang ini. Manfaatkan keadan pandemi dan cari peluang cuan dimana saja asalkan halal dan aman. 

Semoga bermanfaat, silakan bagikan artikel ini jika menarik dan tinggalkan komentar jika ada kritik maupun saran. Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

17 Komentar untuk "7 Bisnis yang Cocok saat Pandemi"

  1. Bener banget kak, pandemi gini kita jd kreatif muter otak utk tetap menghasilkan uang. Mau tidak mau harus mengandalkan internet sih agar menjangkau pangsa pasar yang lebih luas dan meminimalkan interaksi saat pandemi gini. Saya sendiri milih jd freelancer kak dan Alhamdulillah cukuplah untuk beli Skincare, baju, tas dan buku kesukaan

    BalasHapus
  2. Jadi affiliator gk masuk? :v

    BalasHapus
  3. Info ini penting banget. Di masa kaya gini harus bisa cari pendapatan tambahan di luar gaji bulanan buat jaga-jaga kalau ada hal yang tidak diinginkan. Nice info kak.

    BalasHapus
  4. Nomor 1 dan 2 sudah saya jalankan sejak sebelum pandemi. Dan emang memudahkan banget buat ibu rumah tangga. Ngga perlu punya toko offline, dan menjadi reseller/ dropshipper ngga butuh modal banyak.

    BalasHapus
  5. Saya ikut poin 5 aja deh jadi freelancer. Bisa di rumah aja, waktu bisa diatur, dan cuan-nya juga lumayan

    BalasHapus
  6. Aku poin 5 sama jadi content creator di instagram sih. Membantu banget buat emak-emak macam aku

    BalasHapus
  7. Emang dah yaa. Jual jasa dah paling enak atau jadi reseller jadi rugi pun ngga banyakk kalau ditakdirkan merugi. Hikss

    BalasHapus
  8. pandemi merubah beragam perspektif kita termasuk proses menghasilkan rezeki, apalagi di era digital ini ya ka, saya juga terbantu dengan pekerjaan online walaupun di tengah pandemi, semangat menjemput cuan halal :)

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah sejak 2020 akhir Mila dan tim membuka kelas private desain grafis, masuk di point ke 7. Sampai hari ini masih berjalan setiap bulan, InsyaAllah

    BalasHapus
  10. Yg nomor 4 cukup menarik. Pengen coba walau prosesnya mungkin akan panjang. Harus konsisten juga. Moga bisa terwujud.

    BalasHapus
  11. Setuju sama semua rekomendasinya. Beberapa juga udah kami lakukan. Alhamdulillah membantu banget..

    BalasHapus
  12. Wah idenya boleh dicoba nih. Saya pingin juga jualan masker dan hand sanitizer tuk nambah² hehe

    BalasHapus
  13. Wah boleh banget nih idenya. Aku jga lagi belajar jualan online nambah-nambah cuan. Hehe...

    BalasHapus
  14. Bener banget, dimasa pandemi seperti ini tentunya harus mempunyai passive income yg tentunya membuat kita bisa menambah penghasilan. Terimakasih tipsnya kak

    BalasHapus
  15. milih jadi Content creator, tapi bukan di Youtube, melainkan di Instagram dan Blog. ehehe.

    BalasHapus
  16. Sejak pandemi melanda, saya jadi iseng jualan pulsa listrik dan seluller. Alhamdulillah lancar

    BalasHapus
  17. Pandemi mengubah semua hal menjadi digital yaa. Sekarang semua dapat diakses via online, bahkan udah jarang banget beli barang di toko wkwkwk

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel