-->

Inilah 9 Cara Mencari Tempat Magang untuk Mahasiswa

Cara Mencari Tempat Magang untuk Mahasiswa


Sekarang ini magang menjadi salah satu kewajiban bagi mahasiswa untuk mencapai kelulusan. Meski tak beberapa kampus menerapkan sistem tersebut, namun magang merupakan hal penting dalam mengembangkan kemampuan kalian di dunia kerja. 

Magang merupakan suatu proses untuk menerapkan ilmu atau keahlian yang kalian dapat dalam perkuliahan yang kemudian disalurkan di dunia kerja. Waktu magang untuk mahasiswa biasanya sekitar 1 hingga 6 bulan tergantung dar instansi yang dituju atau juga kebijakan dari kampus. 

Baca juga: 11 Rekomendasi Kuliah Jurusan IT dan Prospek Kerjanya

Karena ada juga magang yang menggunakan waktu libur sekitar 1 hingga 2 bulan saja. Berikut ini adalah 9 cara mencari tempat magang untuk mahasiswa. Tak hanya untuk kalian yang ingin mencari tempat magang karena kebijakan kampus. Namun cara ini dapat gunakan bagi kalian yang fresh graduate.

1. Buat resume dan CV yang baik

Kedua hal ini merupakan langkah awal dalam melakukan proses atau melamar di tempat magang. Buat resume kalian sebaik mungkin, resume adalah yang pertama kali dilihat HRD sebelum CV. Resume berisi pengenalan diri, pencapaian semasa kuiah, dan hubungan antara tempat magang dengan jurusan yang kalian tempuh. 

CV menjadi kunci yang harus kalian buat semenarik mungkin, beberapa cara yang cocok untuk mengisi CV kalian adalah seperti gunakan kalimat atau kata yang singkat, padat, dan jelas, memasukkan informasi yang penting, memasukkan kontak yang aktif serta gunakan foto yang professional.

2. Diskusi dengan dosen atau senior yang berpengalaman

Jangan ragu untuk mendiskusikan tentang magang kepada dosen atau senior kalian di kampus. Kalian dapat menerima informasi dan masukan untuk dimana, kapan dan apa saja yang diperlukan dalam kegiatan magang. Kalian juga bisa saja mendapat tempat magang dari dosen atau senior kalian tersebut.

3. Menyesuaikan dengan keahlian atau jurusan

Pilih tempat magang yang sesuai dengan jurusan kalian. Jangan asal memilih atau menerima masukan. Lihat dulu apakah tempat magang tersebut memiliki pekerjaan yang sesuai atau cocok dengan jurusan. Jangan ragu untuk bertanya dan meminta pendapat terlebih dahulu. Jangan juga memaksakan kemampuan jika sekiranya tidak sesuai dengan keahlian dan jurusan.

4. Aktif di LinkedIn dan media sosial, aktifkan notifikasi lowongan kerja

Kalian juga bisa mencari informasi lewat LinkedIn atau media sosial lainnya yang dapat menampilkan informasi tempat magang. Dan juga rekomendasi tempat yang cocok dan sesuai dengan kemampuan kalian. 

Aktifkan juga notifikasi yang ada agar kalian dapat update dan mengetahui informasi terbaru dari media sosial atau situs lowongan kerja yang ada.

5. Memanfaatkan relasi

Jangan hanya mencari lewat media sosial, kalian dapat bertanya kepada siapa saja di dekat kalian mulai dari teman, keluarga, atau juga orang-orang yang bekerja di perusahaan tertentu. 

Semakin banyak orang yang kalian temui, maka semakin banyak pula kemungkinan kalian untuk mendapatkan tempat magang. Jangan hanya diam saja, bergerak dan semangat lah dalam mencari.

6. Pertimbangkan durasi dan lokasi magang

Lihat dulu berapa waktu yang diberikan oleh kebijakan kampus, terkadang ada yang mewajibkan sampai 4 bulan, ada juga yang membatasi hanya selama 1 bulan. Jika instansi yang dituju mewajibkan sesuai kebijakannya, maka pertimbangkan dulu dari pihak kampus. 

Jika kalian fresh graduate, sesuaikan juga kemampuan dengan perkiraan kalian sendiri. Untuk lokasi juga jangan terlalu jauh jika memang kalian tak memiliki dana untuk perjalanan atau tempat tinggal yang cukup. Sesuaikan jarak dari rumah kalian.

7. Pilih tempat yang memiliki peluang bagus di masa depan

Peluang yang bagus ini dapat kalian lihat dari bagaimana perusahaan tersebut saat ini tumbuh, apakah sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Selalu menemukan inovasi yang baru setiap saat serta memiliki prospek kerja yang bagus dimasa yang akan datang.

8. Mengirim lamaran secara langsung ke perusahaan yang dituju

Selalu aktif dalam mengirim surat lamaran kepada HRD, agar proses wawancara dapat segera dilakukan. Kalian dapat mencari informasi email HRD suatu perusahaan yang kalian tuju lewat situs lowongan kerja atau langsung lewat situs website perusahaan yang dituju.

9. Jangan pilih-pilih

Jangan juga terlalu pilih-pilih, jika sekiranya tempat magang kalian sudah sesuai dengan keahlian dan jurusan kalian. Jangan sampai menyiakan hal tersebut, karena kesempatan tak datang dua kali. 

Bisa saja kalian kesusahan lagi mencari tempat lain hanya karena tempat magang yang sudah menerima kalian kurang bagus. Jalani saja dulu dan bekerja semaksimal mungkin agar nantinya lebih siap terjun langsung di dunia kerja.

Itulah 9 cara mencari tempat magang untuk mahasiswa, semoga bermanfaat dan dapat membantu kalian untuk mencari tempat magang yang sesuai. Jangan lupa juga berdoa dan berusaha keras. Silahkan share jika artikel ini menarik dan silahkan juga berkomentar jika ada saran atau kritik. 

Artikel ini ditulis oleh mahasiswa yang sudah menyelesaikan magang pertamanya. Semoga pengalaman dan ilmu yang didapat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

12 Komentar untuk "Inilah 9 Cara Mencari Tempat Magang untuk Mahasiswa"

  1. Baru tahu saya kalau Linkedin juga bisa digunakan untuk mencari tempat magang, selama ini cuma buat cari job aja di linkedin

    BalasHapus
  2. Dulu teman saya daftar magang cari-cari info di komunitas kak. Biasanya juga ada komunitas yang memberikan info magang selain linkedin.. 😊🙏

    BalasHapus
  3. Zaman kuliah dulu, dikit banget info soal magang. Mesti tanya2 atau datang langsung. Sekarang, eranya medsos, kadang perusahaan yang kontak kita.

    BalasHapus
  4. Agak iri sama generasi sekarang. Dulu zaman kuliah kesempatan magang itu minim banget. Sekarang bisa gampang dicari. Generasi sekarang lulus kuliah udah pasti punya pengalaman kerja yang oke, ya.

    BalasHapus
  5. Linkedln, platform yang sangat bagus, pengalaman dulu dapet tempat magang di sana. Terima kasih kak

    BalasHapus
  6. Ehehe, dulu indikasi pertama memilih tempat magang adalah, apakah di tempat magang tersebut ada teman saya atau tidak. Kalau tidak, sepertinya bakal rumit.
    Ternyata cara ini gak bener benar amat..eheh..

    BalasHapus
  7. Poin no. 7 yang memang harus dilakukan dengan baik, karena selain sebagai tempat magang, tentunya sangat berharap setelah magang langsung bekerja ditempat tersebut

    BalasHapus
  8. Beruntung pt tempat aku bekerja sekarang menerima magang mahasiswa,, jadi bisa sekalian magang di pt sekarang ga perlu cari² tempat magang.

    BalasHapus
  9. Jadi mahasiswa itu emang harus aktif, ga bagus cuma datang buat kuliah doang tanpa mencari pengalaman lebih. magang adalah adalah salah satu jalan ninja untuk belajar dari pengalaman tentang dunia pekerjaan, supaya nanti bisa beradaptasi dengan mudah ketika real masuk dunia pekerjaan

    BalasHapus
  10. Aku dulu pake cara poin nomer 5. Jadi memanfaatkan relasi dari alumni. Lebih mudah diterima sih biasanya

    BalasHapus
  11. Baru tau kalau linkedin bisa untuk cari tempat magang. Tapi aku setuju point pertama, CV memang harus menarik dan jelas. Soalnya sering aku lewatin CV yang ga lengkap.

    BalasHapus
  12. Dulu aku juga pakai Linked in. Cepat sih dapat penawarannya. Membantu banget artikel ini, aku share ke sepupu yang lagi nyari tempat magang.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel