-->

Apa Itu Game RPG? Inilah Jenis dan Contohnya!

Game RPG

Apa Itu Game RPG

Bermain game merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan. Bermain game bahkan dapat menghilangkan stress. 
Namun, jika terlalu sering dapat menyebabkan kecanduan yang tidak baik. 

Perkembangan dunia game semakin maju dari tahun ke tahun. Ada begitu banyak genre game baru yang muncul. Meski begitu genre game satu ini cukup banyak diminati dari masa ke masa. Yaitu game RPG. 

Game dengan genre RPG merupakan salah satu genre yang masih banyak peminatnya hingga saat ini. Baik dari anak-anak hingga orang dewasa. 

Apa itu game RPG? Simak artikel berikut yang akan menjelaskan serta menunjukkan jenis dan contoh dari game RPG.


Apa itu game RPG?

RPG merupakan kependekan dari Role Play Games atau bisa disebut juga dengan game peran. Yaitu game dimana kalian dapat mengendalikan karakter yang ada didalam game seolah-olah kalian berada dalam dunia game tersebut. 

Dalam game tersebut memiliki dunia atau ruang lingkup sendiri yang meliputi karakter, item, setting, dan lain sebagainya. 

Kalian juga dapat merubah atau melakukan customisasi pada karakter yang digunakan. Beberapa game RPG terkadang juga memiliki fitur single player maupun multiplayer. 

Dalam game RPG juga terdapat karakter yang tidak dapat dimainkan atau biasa disebut dengan NPC (Non-Controllable Player). Karakter tersebut tidak dapat dimainkan namun kalian dapat berinteraksi dengannya. 

Dalam game RPG biasanya kalian akan menjalani misi-misi tertentu, berinteraksi dengan NPC, mengumpulkan item-item tertentu serta bertarung dengan musuh.

Jenis Game RPG

Ada beberapa jenis game untuk genre RPG. Hal ini biasanya terbagi karena gameplay atau juga penggabungan dengan genre lain. Berikut ini adalah jenis-jenis game RPG:

1. Action RPG

Merupakan salah satu jenis game RPG yang berfokus pada adegan aksi dan pertarungan melawan musuh.

2. First-person party-based RPG

Jenis ini merupakan jenis yang menampilkan sudut pandang orang pertama dalam memainkannya. Kalian dapat menelusuri dunia game tersebut dengan lebih seru dan nyata.

3. Sandbox RPG

Jenis RPG satu ini bertema open word, yakni dimana kalian sebagai player dapat menjelajah kemana saja dan tidak dalam satu arah atau jalan saja.

4. Tactical RPG

Jenis satu ini digabungkan dengan game strategy, yang umumnya menggunakan gameplay turn based.

5. MMORPG

MMORPG merupakan kependekan dari Massively Multiplayer Online Role-Playing Game. 

Jenis game RPG satu ini dapat dimainkan oleh para player dengan mode multiplayer dengan banyak pemain dalam satu permainan.

6. Roguelike

Karakteristik jenis game RPG satu ini menggunakan gameplay turn-based dengan grafik tile-based dan prosedur tertentu.

Contoh Game RPG

Banyak judul game dengan tema RPG yang telah ada dari dulu hingga sekarang ini. Mulai dari yang dapat dimainkan di mobile, komputer, atau konsol seperti PlayStation, Xbox, Nintendo, dsb. Berikut ini adalah contoh game RPG:

1. Final Fantasy

2. Dragon Warrior

3. Dragon Quest

4. Chrono Trigger

5. Earthbound

6. Secret of Mana

7. Lineage 2 Revolution

8. Eternium

9. Genshin Impact

10. Black Desert Mobile

Dan masih banyak lagi yang dapat kalian mainkan di berbagai perangkat.

Itulah sedikit penjelasan mengenai apa itu game RPG serta jenis dan contohnya. Ada banyak jenis game yang ada dan dimainkan oleh setiap kalangan. Namun, tidak ada salahnya untuk mengetahui genre game apa yang kalian sukai tersebut. 

Semoga bermanfaat, silakan bagikan artikel ini jika menarik dan berikan kritik ataupun saran di kolom komentar. Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

10 Komentar untuk "Apa Itu Game RPG? Inilah Jenis dan Contohnya!"

  1. Baru tahu kalau RPG itu pengertiannya itu. Selama ini sering baca dan dengar tapi kukira itu nama game, bukan jenis game wkwk

    BalasHapus
  2. Dari sekian banyak game yang disebutkan belum ada satupun game RPG itu yang saya mainkan. Sedih banget, padahal dulu terkenal banget Final Fantasy, tapi karena saat itu senangnya PES. jadinya gak kepikiran buat main Final Fantasy.

    kalau bahas game ini, saya saranin deh subscribe channelnya DroompTalks.

    BalasHapus
  3. Aku g pernah main game ini sih, karena perangkat enggak support sama permainan ini. Tapi, game2 ini ngingetin ke temen2 waktu kuliah 2009an. Ke kampus selain kuliah mereka memanfaatkan bandwidth buat ngegame sampe malem.. 🤭

    BalasHapus
  4. kalo The Sims itu termasuk nggak sih? :))) kan perannya banyaakk
    aku nggak tahu game-game di atas karna bukan anak game hehe

    BalasHapus
  5. Para gamers kalau main dimari seneng banget nih, segala info game ada di sini. Aku jadi nambah pengetahuan tentang dunia game, setidaknyabkalau ponakan ngomongin Role Play Game aku udah tahu dari sini.

    BalasHapus
  6. Game mmorpg yang dulu aku maenin cuma ragnarok hihi sampai sekarang jadi kenangan yang seruuu banget

    BalasHapus
  7. jadi pengen nyobain ghensin impact lagi nih

    BalasHapus
  8. Baru tau ternyata rpg ini ada pembagiannya lagi dab banyak jenisnya. Terimakasih banyak mas penjelasannya

    BalasHapus
  9. Kalau ngebahas masalah game, sy angkat tangan.. udah baca tapi kurang ngerti hiks

    BalasHapus
  10. perbendaharaan kataku jadi bertambah nih abis baca artikel ini. haha jujurly kurang suka ngegame. tapi tertarik kalau tau beberapa hal tentang game , biar gak roaming banget kalo ngobrol sama gamers wkwk

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel