-->

Apa itu SEO dan SEM? Berikut Pengertian dan Perbedaannya

Apa itu SEO dan SEM

Apa itu SEO dan SEM

Pada dunia digital marketing untuk dapat mencapai audience dengan mudah dan banyak, Para perusahaan atau pebisnis dapat menggunakan cara SEO dan SEM. 

Mungkin beberapa dari kalian sudah sering mendengar kedua istilah ini. SEO dan SEM adalah salah satu strategi pemasaran online berbasis search engine (mesin pencari). Kalau belum tahu, yuk simak artikel berikut. 

Artikel ini akan menjelaskan pengertian dasar dari apa itu SEO dan SEM serta apa perbedaan dari kedua metode digital marketing berikut ini.

Apa itu SEO

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu sebuah teknik untuk mengelola website agar dapat dengan mudah berada di peringkat teratas mesin pencari.

Dengan adanya SEO, jumlah kunjungan yang didapat akan semakin besar dikarenakan berada di peringkat teratas mesin pencari. 

Selain untuk mendapatkan traffic yang tinggi. Tujuan lain dari SEO adalah untuk mencapai target audience yang dituju. 

Banyak indikator untuk mengoptimalkan pencarian dari mesin pencari. Tugas dari seseorang yang disebut SEO Writer, ataupun SEO specialist lah yang biasanya mengerjakan hal ini.

Mereka bertugas untuk mengatur dan mengoptimalkan website agar disukai oleh mesin pencari seperti google. Pada teknik SEO, tidak ada biaya yang diperlukan atau tidak harus membayar biaya periklanan iklan untuk mendapat traffic organic. 

Berbeda dengan SEM, silakan simak kelanjutannya.

Pembagian SEO

Ada dua hal yang dapat mengoptimalkan kinerja dari website kalian jika menggunakan teknik SEO ini.

1. SEO On Page

Dalam SEO On Page ini pengoptimalan dilakukan melalui konten yang ditulis dalam sebuah website. Pengoptimalan konten ini memiliki beberapa aspek yang harus dilakukan. 

Ada beberapa ketentuan agar konten dapat menunjang website untuk berada di peringkat pertama mesin pencarian.

Penerapan yang dilakukan adalah seperti menggunakan judul dan kata kunci yang tepat, permalink yang sesuai dengan kata kunci, pengaturan heading dan sub heading, peletakan kata kunci, pengoptimalan gambar dan masih banyak lagi.

2. SEO Off Page

Sedangkan SEO Off Page adalah pengoptimalan yang dilakukan melalui ketentuan di luar dari konten. Penerapan dari faktor eksternal juga ada banyak dan perlu diketahui dengan baik.

Beberapa faktor tersebut seperti backlink, yaitu banyaknya tautan yang mengarah ke website kalian maka kualitas pengoptimalan akan semakin baik. Faktor lainnya seperti pengoptimalan sharing di media sosial, review pengunjung, dll.

Apa itu SEM

SEM merupakan singkatan untuk Search Engine Marketing, yaitu sebuah teknik pengoptimalan website dengan bantuan periklanan. 

Dengan mengiklankan website yang kalian miliki, akan lebih mudah untuk menjangkau audience. Namun tergantung pada kualitas layanan periklanan serta beberapa teknik lainnya.

Teknik ini biasanya dilakukan pada layanan Google Ads, mengiklankan di Bing, dan lain sebagainya. Metode periklanan yang digunakan juga berbeda-beda, salah satunya adalah pay per click (PPC). 

Pemilik website yang melakukan periklanan akan dikenai tarif untuk orang-orang yang melakukan klik pada iklan, yang dimana iklan tersebut mengarah pada website si pemilik atau pemasang iklan di layanan ads tadi.

Beberapa contoh adalah jika kalian mengetik “jasa pembuatan website” pada mesin pencari. Maka website yang melakukan teknik SEM akan berada di posisi paling atas karena telah membayar kepada layanan periklanan seperti Google ads. Atau dapat melalui iklan-iklan yang tampil pada sebuah halaman website orang lain.

Perbedaan SEO dan SEM

1. Jangka waktu yang dibutuhkan

Jangka waktu untuk berada pada peringkat pertama mesin pencari dari kedua teknik ini cukup berbeda. SEO akan mendapatkan peringkat teratas lebih lama sedangkan SEM hanya akan berada di mesin pencari teratas seusai dengan ketentuan durasi. 

SEO menyesuaikan perkembangan dari mesin pencari, sedangkan SEM menyesuaikan biaya yang dikeluarkan untuk membayar periklanan.

2. Biaya yang dikeluarkan

Untuk lebih mudahnya penerapan SEO gratis sedangkan SEM berbayar. Kalian tak perlu membayar jika dapat melakukan teknik SEO dengan kemampuan sendiri. 

Kecuali jika menyewa atau mempekerjakan seorang SEO Writer atau SEO Specialist. Sedangkan SEM sudah pasti membayar untuk dapat mengiklankan produk atau website kalian.

3. Target audience

Dengan SEM kita lebih mudah untuk menentukan bagaimana target audience yang harus dituju, seperti usia, pekerjaan, jenis kelamin, dll. 

Sedangkan jika melakukan teknik SEO, penerapan untuk target audience tidak bisa dilakukan sembarangan. Harus memperbanyak konten dan juga menganalisa apakah konten sesuai dengan target audience.

4. Tingkat kesulitan

Teknik SEO dapat dibilang lebih sulit daripada SEM. Sudah dipastikan karena SEO dilakukan secara lebih terinci dan dengan teknik-teknik yang cukup sulit. Sedangkan SEM hanya mengandalkan biaya dan layanan periklanan yang sesuai.

5. Kecepatan muncul

Jika menggunakan teknik SEO, kecepata untuk muncul di peringkat pertama mesin pencari akan cukup membutuhkan waktu tergantung bagaimana teknik, volume pencarian dan masih banyak lagi. 

Berbeda dengan teknik SEM yang dapat dengan cepat berada dalam peringkat teratas mesin pencari dikarenakan iklan yang dibayar pada layanan periklanan seperti Google Ads.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Social Media Marketing (SMM)?

Itulah penjelasan mengenai apa itu SEO dan SEM serta perbedannya. Semoga bermanfaat, silakan bagikan jika menarik dan berkomentar jika ada kritik ataupun saran. Sekian terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Apa itu SEO dan SEM? Berikut Pengertian dan Perbedaannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel