-->

Apa yang Dimaksud Social Media Marketing (SMM)?

Apa yang Dimaksud Social Media Marketing

Apa yang dimaksud Social Media Marketing (SMM)

Social Media Marketing merupakan salah satu teknik yang sering digunakan pada dunia digital marketing. Banyak keunggulan serta efisiensi yang diberikan dari teknik ini. 

Mari simak artikel berikut yang akan menjelaskan tentang apa yang dimaksud social media marketing? dan juga tentang bagaimana strategi, manfaat serta pilihan platform yang baik untuk memulainya.

Apa itu Social Media Marketing?

Social Media Marketing (SMM) adalah salah satu teknik pemasaran digital yang memanfaatkan adanya platform media sosial untuk mempromosikan produk, baik berupa barang atau jasa dengan lebih spesifik. 

SMM bertujuan untuk membangun audiens atau target pasar dari bisnis kalian melalui media sosial dengan cara membuat konten yang dapat menarik pengguna dari media sosial tersebut. Banyak platform media sosial yang dapat kalian gunakan seperti Facebook, Instagram, YouTube, dll. 

Baca juga: Apa itu SEO dan SEM? Berikut Pengertian dan Perbedaannya

Strategi SMM

1. Mempelajari Selera Audiens

Selera audiens sangat berpengaruh terhadap konten yang harus kita buat dan juga menjadi tolak ukur untuk produk yang kita ciptakan. 

Semakin cocok konten dengan selera audiens yang ada, maka produk kita akan lebih mudah dikonsumsi oleh audiens karena tepat sasaran. 

Mempelajari selera audiens juga tak sembarangan. Haruslah tepat agar tidak terjadi yang namanya salah sasaran audiens.

2. Tentukan Platform yang Ingin Digunakan

Tentukan platform media sosial yang akan digunakan. Setiap platform tersebut memiliki fitur yang berbeda. Tentunya hal ini berpengaruh terhadap konten yang perlu disajikan kepada audiens. 

Jika konten yang dibuat berupa foto atau video pendek, maka Instagram dan Facebook bisa menjadi pilihan yang cocok. 

Namun jika konten video memiliki durasi yang panjang, maka YouTube menjadi platform marketing yang pas.

3. Membuat Konten yang Menarik

Konten yang menarik membuat orang ingin membeli atau menggunakan produk yang kalian tawarkan. Untuk membuat konten diperlukan riset terlebih dahulu. 

Ketahui konten apa yang disukai oleh audiens kalian, serta jenis konten seperti apa yang paling diminati. Misalnya video pendek, foto, dll.

4. Menjadwal Waktu Posting

Menjadwalkan waktu posting juga merupakan hal yang penting. Tujuannya agar konten atau informasi yang nantinya disampaikan kepada audiens tepat pada saat mereka menggunakan media sosialnya. 

Misalnya waktu pulang kerja, istirahat makan siang, atau waktu berangkat kerja sekalipun. Jangan mengunggah saat larut malam, kemungkinan konten untuk dilihat tentunya akan tidak terlalu besar dikarenakan orang-orang sudah tertidur.

5. Evaluasi

Evaluasi dari media sosial dapat kalian lihat dari fitur yang disediakan. Setiap media sosial memiliki fitur yang berbeda-beda. 

Beberapa tolak ukurnya adalah seperti jumlah follower/subscriber, jumlah like postingan, jangkauan postingan, jumlah save ataupun share. 

Beberapa faktor ini dapat kalian jadikan evaluasi untuk membuat konten yang lebih bagus lagi kedepannya.

Manfaat SMM dalam bisnis

1. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan melakukan upload konten setiap hari merupakan salah satu cara efektif agar brand produk kalian dapat diingat. Dengan banyaknya orang yang melihat konten kalian. 

Maka audiens tersebut akan semakin mengingat dan perlahan akan menaruh perhatian terhadap produk. Dikarenakan media sosial merupakan platform yang diakses banyak orang setiap harinya.

2. Menghemat Biaya

Pemasaran melaliui media sosial maupun media online lainnya merupakan salah satu cara yang lebih hemat daripada pemasaran offline. 

Biaya yang dikeluarkan serta kemudahan yang lebih terjangkau membuat banyak orang melakukan pemasaran di media sosial.

3. Mengetahui Feedback dari Produk

Feedback yang diterima dapat berupa like, share dan juga comment dari postingan konten. 

Dengan adanya kolom komentar juga menjadi hal penting karena feedback dapat didapat secara jelas. Jumlah follower juga dapat menjadi feedback bagi bisnis kalian.

4. Melakukan Interaksi dengan Audiens

Selain untuk mengetahui bagaimana feedback dari audiens, kalian dapat berinteraksi dengan audiens untuk menjadi penghubung supaya kalian dapat melakukan tracking untuk perilaku konsumen.

5 Pilihan Platform SMM

Ada banyak pilihan platform untuk SMM, tergantung dengan bagaimana kalian membuat konten serta cara riset yang dilakukan untuk mengetahui target yang dituju. 

Berikut ini 5 rekomendasi platform SMM:

1. Instagram

Instagram memiliki fitur-fitur yang menarik. Instagram selalu beradaptasi dengan audiens nya. Konten dari Instagram dapat bermacam-macam jenis. 

Di Indonesia, Instagram menjadi media sosial yang sering digunakan golongan milenial. Banyak fitur yang bermanfaat bagi perusahaan maupun pelanggan untuk saling berinteraksi baik dari konten bahkan lewat fitur lain seperti Instagram Story.

2. Facebook

Jumlah dari pengguna Facebook yang telah mencapai miliaran membuat Facebook menjadi salah satu platform yang paling diminati. Peningkatan brand awareness juga mudah untuk dilakukan.

3. Twitter

Twitter memiliki perbedaan dalam penyajian pemasaran. Twitter sedikit berbeda dengan Instagram dan Facebook dalam penyajian konten. 

Twitter sering dipakai untuk kebutuhan customer service. Perbedaan yang mencolok adalah dari segi interaksi. Namun Twitter juga dapat meningkatkan brand awareness juga.

4. YouTube

Dalam platform YouTube sekarang tak hanya menyajikan konten video dengan durasi yang panjang saja. YouTube kali ini juga memberikan fitur-fitur khusus untuk video pendek maupun foto. 

YouTube tak ingin kalah bersaing dengan platform media sosial yang lainnya. Dengan begini kalian juga dapat memaksimalkan keberadaan YouTube untuk membuat konten apa saja untuk memaksimalkan audiens.

5. TikTok

TikTok menjadi salah satu platform yang dapat digunakan untuk melakukan pemasaran online juga. TikTok berisi video-video dengan durasi yang pendek dan mudah diingat oleh audiens. 

TikTok dapat kalian gunakan untuk memasarkan produk bisnis juga melalui konten video tersebut.

Itulah penjelasan mengenai apa yang dimaksud social media marketing serta penjelasan mengenai strategi, manfaat, dan platform apa saja yang baik untuk digunakan. 

Semoga bermanfaat, silakan bagikan jika menarik dan silakan berkomentar jika ada kritik maupun saran. Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Apa yang Dimaksud Social Media Marketing (SMM)?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel