-->

Arti Financial Freedom dan Tips Mencapainya

Financial Freedom

arti financial freedom

Financial Freedom merupakan mimpi dari banyak orang. Setiap orang pasti menginginkan hidup yang enak tanpa memikirkan masalah keuangan. Dengan tercapainya Financial Freedom, kehidupan seseorang pasti akan menjadi lebih enak. 

Bagaimana tidak, dengan adanya Financial Freedom kalian tak perlu sibuk memikirkan bagaimana membayar ini/itu nanti, bagaimana membiayai sekolah anak, membeli kebutuhan sehari-hari, dan lain sebagainya. Karena sudah memiliki dana yang cukup.

Misalnya kalian berpenghasilan 5 juta dari tempat kerja setiap bulan dan kebutuhan sebulan juga jumlahnya 5 juta, lalu kalian masih memiliki 5 juta lain dari passive income, tabungan atau investasi yang kalian lakukan. Dengan begitu kalian bebas secara finansial.

Apa sih arti dari Financial Freedom itu? bagaimana cara mencapainya? mari simak artikel berikut ini.


Arti Financial Freedom

Kebanyakan anak muda zaman sekarang lebih senang menghabiskan atau mengahamburkan uangnya untuk kesenangan dan kepuasan semata. Sedikit yang menyadari akan adanya Financial Freedom ini. 

Apa sih arti Financial Freedom? Financial Freedom adalah kondisi dimana kalian terbebas dari beban finansial karena harta atau aset yang kalian miliki dapat memenuhi kebutuhan tanpa mengharuskan kalian bekerja keras.

Tentu jika ingin mencapai hal tersebut tak semudah membalik telapak tangan. Tak secepat yang diperkirakan. Butuh kerja keras dan kemampuan mengatur keuangan yang baik. 

Jangan membiasakan diri dengan hal yang instan, jangan tergoda dengan trading illegal apalagi beberapa afiliator yang sedang ramai dibicarakan akhir-akhir ini karena kekayaannya yang dihasilkan dari hasil menipu. 

Karena tak ada yang instan. Tak perlu khawatir, berikut ini adalah tips untuk kalian yang ingin mencapai Financial Freedom.

Tips Mencapai Financial Freedom:

1. Memahami Kondisi Keuangan

Tak ada syarat dan ketentuan kalian harus memiliki Financial Freedom pada usia berapa. Yang harus kalian ketahui adalah bagaimana kondisi keuangan kalian berjalan. 

Berapa penghasilan dan pengeluaran yang kalian lakukan, usahakan pengeluaran yang kalian lakukan itu lebih sedikit daripada penghasilan. Tentukan tujuan dan kebutuhan apa saja yang memang diperlukan.

2. Menentukan Tujuan Keuangan

Selanjutnya adalah menentukan tujuan dari keuangan yang kalian miliki. Menentukan tujuan ini misalnya adalah menghemat pendapatan sebesar 20% bulan ini, lalu bulan depan usahakan lebih besar lagi penghematan yang dikeluarkan. 

Atau tujuan tersebut dapat berupa apa yang kalian ingin beli dikemudian hari, lalu menabunglah atau berinvestasi untuk mencapai hal tersebut.

3. Mengenali Kemampuan diri

Oh iya, mengenali diri juga penting dalam mengatur sebuah keuangan. Mengenali skill serta keterampilan dapat membuat kalian dapat mengembangkan apa yang dibutuhkan dalam hal keuangan. 

Terus upgrade diri kalian agar dapat memperoleh gaji yang sesuai dengan keahlian. Dengan begitu keuntungan pasti akan bertambah bukan?

4. Memiliki Target Menabung

Target yang selanjutnya adalah memiliki tabungan. Sejak dini sudah diajari menabung, masa dewasa ini harus diajari lagi? 

Menabung akan menjadi hal terpenting yang dibutuhkan dikemudian hari. Kalian dapat menabung dimana saja sekarang, tak harus dicelengan ayam lagi. Pilih tempat menabung yang aman dan terpercaya seperti Bank.

5. Berinvestasi

Berinvestasi juga menjadi solusi untuk mencapai Financial Freedom. Menurut Raditya Dika, berinvestasi itu tidak bertujuan untuk membuat orang kaya, namun untuk memenuhi kebutuhan dikemudian hari dan mencapai Financial Freedom. 

Tak instan tentunya! Berinvestasi juga lebih mudah sekarang dengan banyaknya platform digital yang terpercaya dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Berinvestasi juga tak harus soal uang, investasi barang, ilmu juga dapat kalian lakukan.

6. Proteksi (Dana Darurat dan Asuransi)

Percuma saja jika memiliki aset sebanyak itu namun tak memberikan perlindungan yang dibutuhkan. Perlindungan dalam hal ini dapat dibagi menjadi dua, yaitu Dana Darurat dan Asuransi.

Dana darurat dibutuhkan jika ada keperluan mendadak, tak terencana yang jika dibiarkan akan menimbulkan masalah. 

Asuransi dibutuhkan jika ada hal yang dapat menyebabkan risiko keuangan yang besar misalnya seperti terkena musibah, kecelakaan. Dengan adanya kedua hal ini akan membantu kalian untuk mencapai Financial Freedom yang dinanti.

7. Hidup Sederhana

Selanjutnya yang terpenting dan mungkin bisa dibilang sulit untuk kalian yang suka menghamburkan uang. Hidup sederhana dapat membantu kalian mencapai Financial Freedom. Membeli apa yang dibutuhkan dan mengesampingkan keinginan. 

Membeli barang yang sekiranya memang penting daan mengurangi yang namanya foya-foya. Menikmati hidup secukupnya sekarang, maka di masa depan kalian akan lebih santai semoga dengan tercapainya Financial Freedom.

8. Melunasi Segala Hutang

Segera melunasi hutang jika punya dan berusaha untuk tak melakukannya lagi. Dengan begitu keuangan kalian bisa disisihkan untuk berivestasi atau yang lain. 

Karena jika kalian terbiasa berhutang, maka akan sulit bagi kalian mencapai Financial Freedom.

9. Memiliki Passive Income

Berikutnya adalah kalian setidaknya harus mempunyai passive income, yaitu penghasilan yang kalian dapat tanpa harus bersusah payah. 

Passive income dapat bermacam-macam, dan untuk menghasilkan sebuah passive income juga dibutuhkan usaha keras. 

Passive income dapat kalian hasilkan dari investasi, membuat blog atau menjadi YouTuber, yang dapat mendapatkan penghasilan dari Adsense, dan lain sebagainya.

Nah, itulah penjelasan mengenai arti Financial Freedom dan tips mencapainya. Semoga bermanfaat, silakan bagikan jika menarik serta beri komentar dibawah jika ada saran maupun kritik. Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Arti Financial Freedom dan Tips Mencapainya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel