-->

7 Cara Mengerjakan Tugas dengan Cepat dan Tepat!

Cara Mengerjakan Tugas dengan Cepat dan Tepat


Tugas yang diberikan oleh guru atau dosen terkadang membuat kita semua merasa terbebani. Padahal manfaat adanya tugas juga begitu banyak seperti membuat kita mengingat materi, mendisiplinkan diri, melatih mental dan fisik juga, hehe. 

Ada banyak cara mengerjakan tugas dengan cepat supaya tidak menumpuk. Terkadang kita terbiasa menunda mengerjakan tugas dengan alasan batas waktu yang diberikan masih lama dan akhirnya tidak dikerjakan. 

Atau bisa juga dikerjakan saat waktunya sudah mepet. Tentu ini bukan sikap yang baik. Berikut ini adalah artikel yang semoga membantu kalian semua untuk mengetahui bagaimana cara mengerjakan tugas dengan cepat dan tepat.

1. Membuat daftar tugas

Tugas yang diberikan biasanya tak sedikit. Hal ini membuat kebanyakan siswa maupun mahasiswa malas untuk mengerjakan. Langkah pertama adalah catat apa saja tugas yang diberikan dalam sebuah catatan berupa buku tulis kecil ataupun dapat menggunakan smartphone. 

Tulis tanggal, jenis tugas, batas pengumpulan serta beberapa hal lainnya. Dengan adanya daftar tugas akan membuat kalian lebih disiplin untuk mengerjakannya. Hal ini juga bermanfaat agar tugas tidak sampai terlupa. 

Jangan lupa juga untuk memberi tanda jika tugas sudah dikerjakan. Hal ini akan membuat kepuasan tersendiri, layaknya sebuah penghargaan atas kerja keras kalian.

2. Menentukan prioritas tugas

Setelah membuat daftar tugas, hal yang terpenting selanjutnya adalah menentukan prioritas tugas mana yang seharusnya dikerjakan terlebih dahulu. Kerjakan yang menurut kalian perlu dikerjakan terlebih dahulu. 

Setiap orang berbeda dalam hal ini, misalnya ada seseorang yang lebih memilih untuk mengerjakan tugas yang lebih berat supaya selanjutnya dapat mengerjakan tugas yang lebih ringan dengan santai. 

Atau juga ada orang lebih memilih untuk mengerjakan tugas yang mudah atau sedikit terlebih dahulu agar lebih santai dalam pengerjaan awal, lalu mengerjakan tugas yang lebih berat belakangan. 

Hal ini tergantung kepada kemampuan dan keinginan masing-masing dari kalian. Prioritaskan tugas mana dan kenapa harus dikerjakan terlebih dahulu

3. Menjauhkan hal-hal yang mengganggu

Fokuslah dalam mengerjakan tugas. Jangan biarkan diri kalian terganggu dengan lingkungan sekitar. Atau juga jangan sampai kalian terganggu oleh gadget. 

Jangan sampai menghabiskan waktu untuk bermain game, menonton film, atau scrolling media sosial namun tugas masih belum selesai. 

Jika tak ingin terganggu, kalian juga bisa mencari tempat yang nyaman untuk mengerjakan tugas agar pikiran lebih tenang dan fokus.

4. Membuat target waktu

Membuat target waktu sendiri juga merupakan cara yang cukup efektif. Buat target harian atau dalam jangka waktu tertentu untuk mengerjakan tugas kalian. Meski sudah ada batas waktu yang telah diberikan oleh guru atau dosen kalian. 

Dengan adanya batas waktu kalian sendiri nantinya dapat membuat tugas kalian dapat dikerjakan dengan tenang sebelum waktunya pengumpulan

5. Menggunakan sumber terpercaya

Ketika mengerjakan tugas jangan lupa untuk mengerjakan sebaik mungkin. Meski tidak dapat dikerjakan secara sempurna, namun yang terpenting adalah menggunakan sumber terpercaya.

Baik dari internet maupun orang lain. Agar tugas yang kalian kerjakan nanti mendapatkan hasil yang bagus dan penilaian yang baik.

6. Tidak melakukan plagiarism

Hal yang terpenting selanjutnya adalah jangan coba-coba untuk melakukan plagiarisme atau meniru tugas orang lain. Mencontek merupakan hal yang tidak tepat untuk dilakukan, meskipun memang dapat menghemat waktu pengerjaan. 

Namun pastinya hal ini dilarang oleh guru kalian, apalagi seorang mahasiswa. Alangkah lebih baik mengerjakan tugas dengan kemampuan sendiri. 

Jikalau memang terasa sulit, kalian bisa menggunakan cara rewriting. Atau menulis dengan cara amati, tiru, dan modifikasi.

7. Temukan motivasi

Jika cara-cara yang disebutkan tadi tidak dapat membantu kalian dalam mengerjakan tugas dengan cepat dan tepat. Maka cara yang dapat kalian lakukan adalah mencari motivasi untuk mengerjakan tugas kalian. 

Motivasi sangatlah beragam, dapat berupa video yang ada di YouTube, motivasi dari orang tua, teman, dan orang yang kalian sayangi. 

Ataupun mengingat apa tujuan dan cita-cita kalian ketika sudah lulus dapat menjadi motivasi yang sangat berguna untuk mengerjakan tugas dengan lancar.

Itulah 7 cara mengerjakan tugas dengan cepat dan tepat. Semoga bermanfaat, silakan bagikan jika menarik dan silakan juga berkomentar jika ada kritik, saran, ataupun pertanyaan. Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

15 Komentar untuk "7 Cara Mengerjakan Tugas dengan Cepat dan Tepat!"

  1. Ada point penting yang belum masuk. Menetapkan tujuannya mas. Kalau tujuannya sekedar mengerjakan, nggak selesai juga nggak apa-apa. Beda kalau tujuannya menyelesaikan tepat waktu, tujuannya lulus kuliah atau membayar cicilan. Males atau nggak mood tetep auto ngerjain. Hehehe.. 🤭

    BalasHapus
  2. hal yang sudah biasa saya lakukan adalah memprioritaskan tugas yang memang saya anggap lebih mudah kak

    BalasHapus
  3. Yang sudah biasa saya lakukan dalam mengerjakan sebuah tugas adalah dengan membuat prioritas tugas dan membuat target waktu. Lumayan sangat membantu agar tidak ada tugas yang terlambat dilakukan

    BalasHapus
  4. Tantangan buatku adalah setelah bikin daftar tugas eh ke-distract sama hp 🥲

    BalasHapus
  5. Kirain cara cepatnya minta tolong orang lain kerjain.. Hahaha sesat. Bcanda ya kak. Intinya kudu fokus sih klo ngerjain sesuatu

    BalasHapus
  6. Aku dulu pake yang daftar prioritas tugas. Sangat membantu saat banyak deadline

    BalasHapus
  7. Cara-caranya mudah dipahami. Sekarang masih berusaha menumbuhkan nomor 7 hehe

    BalasHapus
  8. Ahh bener banget ini harus ada skala prioritas juga ya, aku jg biasanya bikin timeline sihh biar tahu petanya harus dikerjakan yang mana dulu dan bisa fokus

    BalasHapus
  9. Bener bnget, harusnya dulu saya kayak begini biar nggak kepepet tugas pas kuliah dulu hiks

    BalasHapus
  10. Menentukan prioritas tugas. Benar banget. Seringkali nih kalau aku gak punya catatan, bisa kelupaan sama prioritas. Padahal banyak yang harus dilakukan.

    BalasHapus
  11. Yang mengganggu banhet sih musik dari sound tetangga sebelah. Bimin ga fokus. Makasih infonya

    BalasHapus
  12. Tipsnua bener bener bermanfaat banget agar tugas lebih mudah selesai. Terimakasih banyak ya mas tipsnya

    BalasHapus
  13. poin yang menjauhkan hal yang menganggu ini kalau buat saya adalah HP, kadang suka kedistrak dengan alat komunikasi ini karena memang kerjaanya berkaitan dengan chat, sehingga dikit0dikit lihat chat akhirnya ga fokus tugasnya jaid molor heheh

    BalasHapus
  14. Keren kakak, terima kasih sudah berbagi tips mengerjakan tugas dengan cepat. Tambahan dari Mila jangan ditunda dan kerjakan sekarang juga. iya kan.

    BalasHapus
  15. Dear Andri Marza:
    meskipun mengerjakan tugas saat dekat-dekat deadline, bikin lu otomatis jadi cepat, jadi soal kualitas pengerjaannya, ya jangan terlalu banyak berharap :D

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel