-->

9 Cara Menjadi Freelancer Pemula

 Berikut ini Cara Menjadi Freelancer Pemula

cara menjadi freelancer pemula

Apakah kalian masih bingung untuk memulai karir sebagai seorang pekerja lepas atau freelancer? Jika kalian menjadi freelancer, kalian dapat bekerja tanpa adanya jam kantor, tetapi masih ada dateline nya juga sih. 

Tapi bukan berarti menjadi freelancer gajinya kecil, bahkan ada yang gajinya melebihi karyawan tetap. Tarif akan sesuai dengan kemampuan yang kalian miliki. Menjadi freelancer juga tak sesulit itu.

Jika masih ragu, sebenarnya tak susah untuk memulainya, namun memang diperlukan beberapa hal yang cukup penting. Tak usah khawatir, berikut ini ada 9 cara menjadi freelancer pemula:

1. Tentukan Pekerjaan yang Sesuai dengan Keahlian

Yang pertama adalah menentukan apa yang akan kalian kerjakan. Sesuaikan dengan keahlian yang kalian miliki, dengan begitu pekerjaan yang dilakukan akan terasa lebih mudah karena kalian sudah ahli dalam bidang tersebut. 

Tak hanya itu, kalian juga perlu menganalisis apakah keahlian atau pekerjaan tersebut sesuai dengan kebutuhan pasar dan apakah akan banyak customer yang berminat terhadap jasa kalian. 

Misalnya kalian ahli dalam bidang edit video, maka kalian harus dapat menyesuaikan kebutuhan dan trend yang sedang naik seperti jasa membuat video pendek untuk Instagram, YouTube, dll. Yang terpenting adalah selalu mengikuti trend.

2. Menyiapkan Alat atau Penunjang Pekerjaan yang Tepat

Berikutnya juga tak kalah penting, menyiapkan peralatan sebelum bekerja sama dengan menyiapkan senjata sebelum terjun ke medan perang. Tanpa senjata maka kita tak bisa melakukan apa-apa di medan perang. 

Siapkan peralatan yang tepat untuk melakukan pekerjaan yang sedang kalian lakukan. Misalnya, laptop untuk penulis lepas, software atau aplikasi untuk menunjang editing video, laptop dengan spek yang bagus jika kalian programmer. 

Namun sebenarnya yang paling penting kalian harus memiliki peralatan digital seperti smartphone ataupun laptop. Karena sekarang ini rata-rata pekerjaan dilakukan di rumah.

3. Cari Situs Freelancer Terbaik

Sekarang ini mudah untuk mendapatkan pekerjaan, dengan bantuan internet dan kemajuan teknologi yang ada banyak situs penyedia jasa freelancer. 

Kalian dapat mendaftar dan menjual jasa kalian disana, tanpa harus mencari klien akan datang sendiri.

4. Buat Portofolio yang Menarik

Nah, langkah selanjutnya adalah membuat portofolio yang menarik agar klien dapat memilih jasa yang kalian tawarkan. 

Sebagai freelancer pemula setidaknya kalian memiliki karya yang pernah dibuat sesuai dengan keahlian dan pekerjaan. Semakin bagus dan banyak karya yang telah kalian buat maka akan semakin banyak klien yang tertarik. 

Contohnya portofolio untuk Content Writer dapat berupa tulisan-tulisannya di blog, Video editor dapat berupa video-video yang pernah dibuat, Web Programmer dapat menunjukkan hasil website yang pernah ia buat.

5. Coba Freelance Secara Part Time Terlebih Dahulu

Menjadi freelance memang gampang-gampang susah, kalian harus konsisten untuk mempromosikan jasa kalian, berurusan dengan klien, meningkatkan skill, dll. 

Akan sangat melelahkan bagi pemula untuk memulainya, namun tak usah khawatir untuk bekerja secara penuh. Menjadi seorang part time freelancer atau pekerja paruh waktu merupakan hal yang tepat.

Selain menjadi pembelajaran untuk kalian yang pemula. Menjadi part time freelancer tak sesibuk full time freelancer. 

Kalian dapat menentukan keputusan ini jika belum siap menjadi feelancer yang belum mampu mengerjakan proyek besar atau menjadi full time freelancer.

6. Menentukan Harga yang Tepat

Selanjutnya adalah menentukan harga yang tepat untuk jasa yang kalian tawarkan. Untuk freelancer pemula sebaiknya pasang harga yang terjangkau, namun jika memang sudah dirasa ahli maka kalian boleh saja memberi harga yang sesuai dengan skill kalian. 

Ketahui berapa harga yang menjadi patokan lewat teman atau kenalan freelancer lain, atau juga bisa lewat situs freelancer yang biasanya memiliki harga yang sudah ditentukan. 

Sesuaikan skill dengan harga agar tak merugi dan mendapat klien yang banyak. Buktikan harga dengan kualitas yang kalian miliki.

7. Tingkatkan Skill 

Selalu meningkatkan skill adalah salah satu kunci untuk konsisten dalam melakukan pekerjaan. Apalagi untuk freelancer pemula. 

Perubahan akan selalu muncul baik dalam dunia pekerjaan sekalipun. Selalu mengasah skill akan membuat kalian dapat bertahan dan membuat hasil karya yang kalian berikan menjadi semakin berkualitas.

8. Menjaga Reputasi Nama Baik

Menjadi seorang freelancer haruslah dapat menunjukkan hasil karya sebaik mungkin. Jika sudah mendapat pekerjaan dari klien maka pastikan pekerjaan tersebut baik dan sesuai permintaan klien. 

Karena dengan begitu maka klien akan menggunakan jasa kalian lagi dikemudian hari.

9. Promosikan Jasa Kalian

Selanjutnya adalah melakukan promosi terhadap jasa yang kalian tawarkan. Dengan melakukan promosi maka akan banyak orang yang tahu akan apa yang sedang kalian kerjakan. 

Banyak cara untuk melakukan promosi dengan gratis. Promosikan jasa freelance kalian di media sosial ataupun lewat website atau blog. 

Nah, itulah 9 cara menjadi freelancer pemula. Jangan ragu untuk memulai. Semoga bermanfaat, silakan bagikan jika menarik dan tinggalkan komentar jika ada kritik ataupun saran.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

9 Komentar untuk " 9 Cara Menjadi Freelancer Pemula"

  1. Nah bagian membuat fortopolio yang baik memang tepat banget ini. Karena biasanya Client mau bekerja sama dengan kita berdasarkan fortopolio yang kita buat.

    BalasHapus
  2. Masih bingung menentukan ratecard untuk freelancer pemula. Harus sering tanya yang udah mastah nih. Dan masih PR bikin portofolio menarik juga. Punya rekomendasi contoh bikin portofolio yang menarik ga mas?

    BalasHapus
  3. Menemukan harga yg tepat ini aku yg suka bingung. Takut kemahalan atau malah kemurahan pas ngajuin ratecard. 😁

    BalasHapus
  4. Lagi nyoba di IDN Times nih buay jd penulis sekaligus nulis di blog jg. Kedepannya moga berkah dan cuan.

    BalasHapus
  5. Cocok nih buat akhir pekan kalo mau tambah cuan. Hehe.. Skill bahasa inggris boleh lah ya

    BalasHapus
  6. Jujur aku masih suka bingung nentuin ratecard antara takut krmahalan atau terlalu murah hehe

    BalasHapus
  7. makasih kak sharingnya, lumayan banget buat nambah cuan nih...

    BalasHapus
  8. Salah satu langkah untuk promosi mungkin dengan giveaway kecil-kecilan. Walau agak menyusahkan tapi strategi ini ampuh

    BalasHapus
  9. yang pertama seperti agak sulit klau bagi sya, sukanya random soalnya.. :D

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel